Tips Hilangkan Jerawat Steroid

Tips Hilangkan Jerawat Steroid Ampuh dan Efektif

Eva Mulia ClinicTips Hilangkan Jerawat Steroid – Pernahkah kamu mendengar istilah jerawat steroid? Kurang akrab? Mungkin tidak banyak orang yang tahu dengan jenis jerawat ini, namun banyak orang yang berjuang dengan pengobatan pernah mengalami jenis jerawat yang satu ini.

Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan jerawat steroid, kita harus kenali dulu apa itu jerawat steroid. Dalam pengertian dunia medis jerawat steroid (steroid acne) merupakan dampak negatif yang muncul pada kulit (pandangan umum) dan muncul dalam bentuk bintik papula atau jerawat kecil yang tumbuh pada area dahi, pipi, ataupun di area dada, bahkan ada jerawat kecil di punggung.

Biasanya muncul karena produksi minyak yang lebih baik di kulit atau rambut yang dikombinasikan dengan bakteri dan peradangan jerawat, atau juga jerawat vulgaris (acne vulgaris). Namun pada jerawat steroid, pemicunya adalah karena penggunaan steroid secara teratur dan jangka panjang. Penggunaan produk ini secara berlebihan menyebabkan munculnya sebum berlebih dan menyebabkan munculnya peradangan jerawat. Jerawat akibat steroid ini memiliki efek yang cukup parah bahkan dapat merusak jaringan parut secara permanen. Cukup mengerikan bukan?

Steroid ini dapat diresepkan oleh dokter atau bahkan digunakan oleh atlet untuk membangun otot dan massa tubuh. Jadi, apakah Anda punya tips untuk mencegah jerawat punggung? Bagaimana jika ternyata kita sudah mengonsumsi obat yang mengandung steroid tersebut? Bagaimana jika jerawat mulai muncul? Apakah ada cara untuk menyembuhkannya?

Tips Hilangkan Jerawat Steroid Ampuh dan Efektif

Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat steroid, simak ulasannya.

1. Berhenti menggunakan steroid secara bertahap

Langkah pertama adalah menggunakan steroid secara bertahap. Ingatlah untuk tidak pernah menggunakannya dengan benar karena tidak baik untuk tubuh.

2. Konsultasikan dengan dokter tentang masalah Anda

Tindakan selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah konsultasi dengan dokter atau tenaga medis lain yang terlibat. Jangan malah percaya dengan mitos jerawat tandanya ada yang kange. Pasalnya jerawat muncul karena reaksi kulit terhadap bakteri atau pengobatan yang berlebihan.

Konsultasi sangat diperlukan untuk menghindari reaksi negatif lebih lanjut. Selain itu, dengan adanya dokter atau tenaga medis terkait, Anda dapat memperoleh pengobatan yang lebih optimal.

3. Jaga kebersihan wajah Anda

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah. Cuci dan bersihkan secara teratur, pertama saat Anda berada di luar ruangan dan terkena debu. Penting juga untuk menikmati makanan dan menjauhi hal-hal yang meningkatkan stres. Hal-hal dasar yang harus dilakukan jika Anda ingin steroid menghilang dari wajah Anda. Selain itu, pelajari pula fungsi pinset jerawat dan masker kulit sangat membantu dan membantu menjaganya tetap bersih.

4. Gunakan obat yang diresepkan oleh dokter Anda

Cara menghilangkan jerawat steroid selanjutnya adalah dengan menggunakan obat-obatan. Setelah melakukan hal-hal dasar di atas, penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat dari dokter kulit. Mengapa? Karena jerawat steroid cenderung sulit dihilangkan. Oleh karena itu, perawatan khusus mungkin diperlukan untuk mengembalikan kulit wajah ke kondisi semula. Obat-obatan berikut dapat membantu meredakan steroid:

Antibiotik oral

Antibiotik tetrasiklin oral, yang meliputi doksisiklin, minosiklin, dan tetrasiklin, umumnya diresepkan untuk orang dengan jerawat steroid. Jenis antibiotik ini membunuh bakteri dan mengandung sifat anti-inflamasi.

Benzoil peroksida

Obat ini merupakan antiseptik yang sangat kuat untuk membunuh jerawat dan bakteri untuk mengurangi peradangan pada wajah akibat jerawat. Saat menggunakan obat jenis ini, oleskan secara bebas ke permukaan wajah. Ini karena noda kecil yang diabaikan dapat menyebabkan jerawat dan peradangan baru.

Retinoid

Kelompok obat berikut ini mengandung vitamin A dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ada berbagai jenis obat golongan ini yang beredar di Indonesia, antara lain adapalen, isotretinoin, retinol, dan tretinoin. Bentuk obatnya sendiri bisa dalam bentuk krim, gel atau lotion dan cukup mudah pengaplikasiannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *