klinik eva mulia - acne vulgaris adalah

Mengenal Penyebab dan Pengobatan Acne Vulgaris

Apa itu Acne Vulgaris?

acne vulgaris adalah Mungkin terdengar asing kata acne vulgaris ini buat Anda. Acne vulgaris adalah suatu kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo yang tertutup (whitehead), komedo yang terbuka (blackhead), dan jerawat bahkan bisa membuat kulit menjadi merah bersisik. Jaringan parut dengan berbagai macam intensitas bisa timbul, tergantung dari seberapa parah kelainan tersebut. Biasanya hal ini terjadi selama masa remaja (tetapi dapat terjadi pada semua usia), umumnya berlanjut sampai masa dewasa. Ini merupakan bentuk akne yang paling umum, dan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti kulit yang berminyak, perubahan hormonal, produk kosmetik, kulit mati yang tidak lepas dengan semestinya. Berikut penjelasan lengkap mengenai jerawat yang harus Anda ketahui. Jerawat adalah penyakit peradangan menahun folikel pilosebasea (salah satu kelenjar pada kulit) yang diikuti dengan penyumbatan dan penimbunan keratin. Walaupun sering ditemui pada wajah, terutama pipi dan dahi (jerawat pasir), jerawat seperti ini juga bisa muncul di tubuh bagian lain, seperti punggung dan pinggul. Perawatan yang disarankan untuk mengurangi efek atau insidensi penimbulannya, yaitu dengan menghilangkan bakteri, mengendalikan pembentukan minyak pada kulit atau dengan meningkatkan pergantian sel kulit. Acne vulgaris yang ringan biasanya akan membaik seiring dengan waktu dan tanpa intervensi apapun, tetapi kebanyakan kasus yang parah bisa menimbulkan kerusakan dan membutuhkan saran dari seorang ahli dermatologi. Bertentangan dengan kepercayaan yang beredar, acne vulgaris tidaklah menular dan bisa disembuhkan.

Gejala Acne Vulganis

1. Pustul; gundukan kecil yang biasanya berisi nanah berwarna putih atau kuning.
  2. Makula; bintik merah pada kulit; tidak bernanah dan ditandai dengan peradangan pada kulit.
  3. Komedo terbuka (komedo hitam) dan tertutup (komedo putih); papul miliar yang di bagian tengahnya mengandung sumbatan minyak wajah yang dihasilkan oleh kelenjar kulit.
  4. Papul; gundukan kecil padat yang menonjol pada permukaan kulit; tidak bernanah.
Biasanya jerawat yang meradang terutama yang berbentuk nodula, kistik akan terasa gatal dan nyeri. Selain itu, jika ditekan, luka akan mengeluarkan nanah. Meskipun bukan merupakan keluhan medis yang berat, tetapi munculnya jerawat seringkali berdampak pada psikologis pasien. Karenanya, banyak yang ingin  mencoba berbagai obat jerawat dan tak jarang rela bersusah payah demi melakukan berbagai perawatan untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya secara cepat. Tidak ada yang benar-benar yakin akan alasan mengapa jerawat bisa muncul. Namun, para ahli percaya bahwa peningkatan kadar hormon androgen pada kulitlah yang menjadi faktor utamanya. Jenis hormon yang sering dihubungkan dengan karakteristik laki-laki ini secara aktif diproduksi di usia remaja. Hasilnya, kelenjar minyak di bawah kulit membesar dan menghasilkan lebih banyak sebum. Sebum berlebih  kemudian dapat memecah dinding sel dalam pori-pori dan menyebabkan bakteri tumbuh dengan pesat.

Pengobatan untuk Menghilangkan acne vulgaris

Ketika ingin melakukan pengobatan acne vulgaris di klinik eva mulia tebet atau rumah sakit, dokter biasanya akan menanyakan beberapa hal, seperti riwayat kesehatan dan siklus menstruasi bagi wanita. Hal ini ditujukan untuk mengumpulkan informasi terkait penyebab utama munculnya jerawat. Jika memang diperlukan, dokter juga akan menyarankan pasien untuk menjalani tes khusus guna mendiagnosa kelainan kulit ini secara lebih komprehensif. Pengobatan jerawat dapat dilakukan dengan cara memberikan obat-obatan topikal, obat sistemik, bedah kulit, atau kombinasi cara-cara tersebut. a) Pengobatan sistemik Pengobatan sistemik ditujukan utamanya untuk menekan pertumbuhan jasad renik pada kulit. Selain itu, pengobatan ini juga dapat mengurangi reaksi radang, menekan produksi sebum, serta memengaruhi perkembangan hormonal. b) Pengobatan topikal Pengobatan ini dilakukan untuk mencegah pembentukan komedo, menekan peradangan, dan mempercepat penyembuhan jerawat. c) Bedah kulit Untuk memperbaiki jaringan parut akibat peradangan jerawat yang parah, prosedur bedah kulit akan diperlukan. Namun, sangat disarankan untuk mengonsultasikan pilihan ini terlebih dulu dengan dokter kulit. Untuk menghindari terjadinya peningkatan jumlah lapisan sebum, Anda disarankan untuk menjalani diet rendah lemak dan karbohidrat serta melakukan perawatan kulit guna membersihkannya dari kotoran. Selain itu, berikut beberapa langkah lain yang dapat dicoba untuk mencegah timbulnya jerawat:
  • Menjauhi kebiasaan mengonsumsi alkohol, makanan pedas, serta rokok
  • Menghindari penggunaan kosmetik berlebihan
  • Menghindari stress berlebihan
  • Berolahragasecara teratur
  • Hidup teratur dan sehat

Pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena acne vulgaris

Acne Vulgaris bisa dicegah jika:
  • Berhenti merokok
  • Hindari lingkungan yang lembab
  • Hindari paparan sinar ultraviolet terlalu lama
  •  Hindari penggunaan Kortikosteroid
  • Hindari penggunaan kosmetik pada daerah kulit yang terkena
  • Membasuh wajah secara rutin jika anda memiliki kulit berminyak
  • Mencuci rambut secara rutin jika anda memiliki rambut berminyak
  • Mengelola stres anda dengan baik
Yuk, jaga kesehatan dan kebersihan wajah Anda agar terhindar dari jerawat. Semoga bermanfaat! Baca juga: Benarkah Suntik Jerawat Efektif Menghilangkan Jerawat Meradang?