Tips Atasi Breakout Karena Mencoba Skincare Baru

Tips Atasi Breakout Karena Mencoba Skincare Baru

Evamulia – Perawatan Wajah – Tips Atasi Breakout – Apakah kamu sedang mencoba produk skincare baru? Dan tiba-tiba muncul jerawat di wajahmu? Biasanya, tanda-tanda itu disebut breakout. Jenis jerawat ini menandakan adanya ketidak cocokan kulit wajah dengan produk kecantikan yang sedang kamu gunakan. Ketika kamu mengalami hal ini, sebisa mungkin jangan panik terlebih dahulu. Nah, agar segera mereda, coba beberapa tips berikut ini mengatasi breakout karena mencoba skincare baru.

Tips Atasi Breakout Karena Mencoba Skincare Baru

Tips Atasi Breakout Karena Mencoba Skincare Baru

Kenali Jenis Jerawat

Ketika kamu baru saja menggunakan produk skincare baru, biasanya ada dua jenis kasus yang muncul di kulit, diantaranya purging dan breakout. Keduanya merupakan fase dimana timbulnya jerawat disebabkan oleh produk yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya, namun penyebabnya berbeda.

Pada fase purging ini bermanfaat untuk membersihkan pori-pori wajah yang selama ini tersumbat oleh kotoran dan minyak berlebih. Biasanya ketika fase tersebut berlangsung, kulit akan bereaksi dan salah satu reaksinya adalah dengan mengeluarkan kotoran lewat jerawat. Biasanya, fase ini akan berlangsung selama tiga sampai empat minggu.

Sedangkan breakout adalah jenis jerawat yang menandakan adanya ketidak cocokan dengan produk kecantikan yang tengah digunakn. Biasanya, jerawat breakout ini disertai dengan munculnya warna kemerahan, peradangan, serta pembengkakan pada sekitar wajah kulit. Selain itu, kulit wajah juga terasa nyeri dan lebih kering jika dibandingkan sebelum menggunakan produk kecantikan tersebut.

Hentikan Pemakaian Produk Kecantikan yang Menyebabkan Wajah Breakout

Ketika mengalami breakout karena ketidak cocokan skincare baru, alangkah baiknya jika kamu menghentikan penggunaan produk yang tengah dipakai. Tujuannya untuk menghindari munculnya permasalah kulit lain di wajah. Selain itu, mulailah mencuci wajah dengan sabun muka yang lembut dan obat jerawat yang muncul. Untuk mendapatkan hasil treatment yang lebih maksimal, maka kamu perlu mengkonsultasikan terlebih dahulu terhadap dokter kulit.

Kompres Jerwat dengan Es Batu

Untuk meredakan jerawat yang diakibatkan oleh Breakout karena mencoba mencoba skincare baru, maka kamu bisa mencoba dengan menggunakan es batu. Bungkus Es batu dengan kain bersih untuk mengompres jerawat yang timbul tersebut. Selain itu, jangan menggunakan es batu yang kotor, atau dibuat dari air yang kurang bersih, pasalnya hal tersebut bisa menimbulkan jerawat yang lebih banyak atau ruam pada wajah.

Atau kamu bisa mencoba mencampurkan minyak esensial kedalam es. Lalu bekukan lavender, air mawar, tea tree oil, rosemary, paper mint, atau lemon kedalam es batu tersebut.Selain dapat menenangkan panca indra, minyak esensial juga dapat meredakan peradangan.

Selain beberapa cara diatas, masih terdapat dua cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi karena mencoba skincare baru.

Gunakan Pelembab Agar Kulit Terhidrasi dengan Baik

Ketika kulitmu mengalami breakout, tandanya kulitmu membutuhkan perawatan ekstra. Agar kulit tidak semakin iritasi dan kering, maka kamu wajib menggunakan pelembab agar kulit dapat terhidrasi dengan baik. Gunakanlah pelembab secara rutin tiap pagi dan malam hari, tetapi pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu agar tidak terasa lengket atau berminyak ketika kamu beraktivitas.

Selain memakai cream pelembab, kamu juga bisa mencoba soothing gel yang saat ini sedang populer, karena memiliki kemampuan menghidrasi yang tinggi dan cocok untuk segala jenis kulit. Jika kulitmu berminyak, maka jangan gunakan pelembab dengan oil based, gunakan yang water based atau aloe vera based.

Gunakan Sunblock Agar Terlindung dari Sinar UV

Paparan sinar matahari dapat merusak kondis kulitmu. Oleh karena itu, kamu wajib menggunakan sunblock. Sunblock bisa kamu gunakan dipagi hari atau mengaplikasikannya kembali di siang hari jika sudah merasa luntur, atau harus mencuci wajah karena aktivitas yang kamu lakukan.

Pilihlah sunblock yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu agar tidak memicu breakout. Khususnya untuk kulitmu yang berminyak, maka pilihlah sunblock water based atau dengan bahan dasar aloe vera yang ringan agar tidak menyumbat pori dan menambah produksi sebum yang dapat memicu jerawat.

Jadi, cara manakah yang sudah kamu coba untuk mengatasi breakout karena mencoba skincare baru?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *