Takaran Sunscreen agar Wajah Mendapatkan Perlindungan Maksimal!

Eva Mulia Clinic – Takaran Sunscreen – Tidak hanya memperhatikan jenis Sunscreen dan kandungannya, mengetahui jumlah Sunscreen yang tepat juga sangat penting, lho. Hal ini disebabkan penggunaan Sunscreen yang tepat, kulit wajah dapat memiliki perlindungan UV yang optimal agar terhindar dari efek berbahaya seperti peningkatan fotosensitifitas kulit, munculnya komedo, penuaan dini dan kanker kulit.

Untuk membantu Anda mendapatkan perlindungan UV yang optimal dari Sunscreen yang Anda gunakan, mari cari tahu seberapa sering kita harus menggunakan Sunscreen dan jumlah yang tepat untuk wajah di artikel ini!

Ketahui Takaran Sunscreen untuk Wajah yang Tepat di Sini!

Apakah Anda tahu? Menurut sebuah studi tahun 2016, ada hubungan kuat antara riwayat panjang sengatan matahari dan risiko terkena kanker kulit.

Menurut banyak dokter kulit, penentuan dosis yang tepat dalam penggunaan Sunscreen merupakan hal wajib untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Nah, menurut beberapa penelitian yang juga direkomendasikan oleh beberapa dokter kulit, berikut penggunaan Sunscreen dalam jumlah yang tepat untuk wajah dan tubuh:

1. Dua jari untuk wajah dan leher

Tidak seperti menggunakan pelembab yang hanya membutuhkan beberapa tetes, Anda memerlukan dosis Sunscreen yang lebih tinggi untuk perlindungan UV yang optimal pada wajah dan leher Anda. Dermatologists merekomendasikan menggunakan setidaknya dua buku jari Sunscreen untuk wajah, leher, dan di belakang telinga.

Tenang, meski awalnya akan terasa tebal dan berat di kulit, dengan memilih Sunscreen yang tepat dan memiliki formula yang ringan, penggunaan Sunscreen hingga dua jari tidak akan mengganggu kenyamanan Anda. Ingat, yang penting pilih Sunscreen dengan tekstur yang ringan dan tidak berminyak di kulit, ya!

2. Sendok takar untuk bagian tubuh lainnya

Untuk mendapatkan dosis Sunscreen yang tepat untuk melindungi bagian tubuh seperti lengan, kaki dan punggung, Anda bisa menggunakan bantuan sendok teh di sini. Berikut rinciannya:

  • Untuk punggung, gunakan satu sendok teh Sunscreen.
  • Untuk area kaki, gunakan satu hingga dua sendok teh Sunscreen.
  • Untuk area lengan, gunakan satu sendok teh Sunscreen.

Bila sudah terbiasa dan tahu takaran yang tepat, yang perlu dilakukan hanyalah mengoleskan Sunscreen tanpa bantuan sendok teh, kok. Yang terpenting, selalu pastikan semua kulit terlapisi Sunscreen agar tidak ada area yang terpapar sinar UV tanpa perlindungan optimal.

Berapa kali sehari Anda menggunakan Sunscreen?

Selain penggunaan Sunscreen dalam jumlah yang tepat, mengoleskan kembali Sunscreen untuk memastikan perlindungan yang optimal sepanjang hari juga direkomendasikan oleh dokter kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk mengoleskan kembali Sunscreen setiap dua jam selama aktivitas normal Anda, atau aplikasikan kembali segera setelah melakukan aktivitas air seperti berenang atau menyelam!

Nah, jika aturannya adalah mengoleskan ulang setiap dua jam, jawaban berapa kali sehari Anda menggunakan Sunscreen tergantung pada aktivitas yang Anda lakukan. Jika Anda aktif seperti biasa, sebaiknya gunakan Sunscreen 4-5 kali sehari untuk perlindungan yang optimal.

Mengapa penting untuk mengoleskan kembali Sunscreen?

Hingga saat ini masih banyak yang malas untuk melakukan reapply setiap dua jam sekali. Padahal, hal itu penting dilakukan karena perlindungan UV dari Sunscreen yang Anda pakai bisa berkurang akibat berkurangnya perlindungan UV yang disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti kulit lembab, terkena air atau terhapus secara tidak sengaja.

Beberapa alasan orang malas mengoleskan kembali Sunscreen adalah karena kulit akan terasa berat atau khawatir menghapus riasan. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengikuti tips mengaplikasikan ulang Sunscreen dengan benar saat merias wajah, seperti menggunakan Sunscreen yang praktis atau menggunakan beauty blender.