image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

klinik eva mulia - Perawatan Wajah Pria

Perawatan Wajah Pria Agar Ganteng Maksimal!

evamuliaclinic.com – Perawatan wajah memang sering diidentikkan dengan wanita, namun bukan berarti perawatan wajah pria itu tidak ada. Masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan kulit sensitif juga banyak dialami oleh para pria. Ditambah lagi pria memiliki rambut di wajah yang harus mendapatkan perhatian khusus.

Cara merawat wajah pria dan wanita memang berbeda. Biasanya pria cenderung malas untuk menggunakan berbagai produk perawatan wajah, sehingga perawatan wajah pria hanya berfokus pada perawatan sehari-hari saja. Perawatan wajah pria sehari-hari hanya befokus untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Berikut adalah berbagai perawatan wajah pria yang wajib Anda lakukan jika ingin tampil ganteng maksimal!

Perawatan Wajah Pria

1. Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin juga merupakan bagian dari perawatan wajah pria yang wajib dilakukan. Ketika membersihkan wajah, pastikan Anda menggunakan produk yang sesuai dengan karakter kulit Anda. Berbagai jenis sabun pencuci wajah pria dapat dengan mudah Anda dapatkan di pasar swalayan dan juga drugstore.

Cucilah wajah Anda paling tidak dua kali sehari. Setelah selesai mencuci wajah, jangan mengeringkan wajah menggunakan handuk dengan kasar, cukup di tepuk halus saja ke wajah. Jika diperlukan, gunakan juag toner agar wajah bersih maksimal dan kulit menjadi lebih segar.

2. Mencukur Rambut Wajah Secara Rutin dan Benar

Cara merawat wajah pria yang pertama adalah dengan memerhatikan rambut di wajah. Jika Anda ingin wajah terlihat bersih, maka Anda harus mencukur rambut wajah secara rutin dan benar. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin mencukur rambut di wajah seperti berikut ini:

  • Basuh wajah dengan air hangat sebelum dan sesudah mencukur agar kulit lebih lembap dan halus sehingga lebih memudahkan proses mencukur.
  • Cukur rambut wajah sesuai arah tumbuh rambut.
  • Pilih produk aftershave yang tidak mengandung alkohol.
  • Jika tidak ingin mencukur rambut di wajah, pastikan rambut di wajah Anda tetap bersih dan rapi.

3. Perhatikan Produk Perawatan yang Digunakan

Pria memang memiliki sikap yang tak acuh, tapi bukan berarti bisa sembarangan dalam memilih produk perawatan. Selalu pilih produk perawatan sesuai dengan karakter kulit Anda. Jika diperlukan, pilihlah produk-produk berbahan alami agar lebih aman di kulit. Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah memastikan produk perawatan yang Anda pilih sudah lulus uji BPOM.

4. Gunakan Pelembab Setiap Hari

Cara merawat wajah pria selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembap setiap hari. Pelembap memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit agar terhindar dari berbagai masalah kulit. Bukan hanya kulit kering saja yang membutuhkan pelembab, tetapi semua jenis kulit membutuhkan pelembap.

Pilihlah jenis pelembab sesuai dengan karakter kulit Anda. Bagi pemilik kulit kering disarankan menggunakan jenis cream, pemilik kulit berminyak disarankan menggunakan jenis gel atau water-based moisturizer lainnya, dan memilik kulit normal bisa menggunakan jenis lotion.

5. Jangan Lewatkan Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen juga masuk dalam produk wajib perawatan wajah pria. Meskipun kulit pria tidak sesensitif kulit wanita, tapi perlindungan dari sinar UV tetap merupakan hal yang wajib. Paparan sinar UV dalam jangka panjang bisa menyebabkan penuaan, hiperpigmentasi kulit, bahkan hingga kanker kulit.

Gunakan tabir surya setiap saat Anda ingin keluar rumah. Pilihlah produk sunscreendengan minimal SPF 30. Jika cuaca mendung, Anda harus tetap menggunakan tabir surya karena meskipun tidak sinar matahari terik tapi Anda masih bisa terpapar sinar ultraviolet.

6. Hindari Rokok

Jumlah kolagen dalam tubuh pria memang lebih banyak dibandingkan dengan wanita, sehingga wanita umumnya mengalami gejala penuaan lebih dulu daripada pria. Tapi berbeda cerita jika Anda tidak dapat lepas dari rokok.

Selain dapat berbahaya bagi kesehatan, rokok juga secara nyata mampu mempercepat penunaan kulit. Rokok juga dapat memperburuk kondisi penyakit kulit yang tentunya bisa berpotensi merusak penampilan Anda.

7. Exfoliating

Jika harus menggunakan masker wajah setiap hari, tentunya pria akan merasa malas.Tapi paling tidak Anda harus melakukan exfoliating satu minggu sekali. Tujuannya adalah untuk membersihkan wajah lebih maksimal agar kotoran dan sel kulit mati tidak menumpuk di wajah. Anda bisa menggunakan scrub wajah yang Anda bikin sendiri atau menggunakan produk scrub wajah yang sudah ada.

Baca juga: Manfaat Jojoba Oil Untuk Menghilangkan Jerawat

Leave a Reply