Penyebab Jerawat di Telinga Wanita

Eva Mulia Clinic – Penyebab Jerawat di Telinga  – Jerawat yang muncul pada area telinga merupakan hal yang tidak biasa. Pasalnya, jerawat ini bisa muncul di daun telinga, saluran telinga luar, bahkan tumbuh di dalam telinga. Penyebabnya juga bisa karena beberapa faktor. Baik dari faktor lingkungan, maupun kebiasaan penderita jerawat itu sendiri. Berikut ini beberapa ulasannya.

Penyebab Jerawat di Telinga

Penyebab Jerawat di Telinga

Terdapat banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab jerawat yang muncul di telinga diantaranya.

  • Terdapat kelenjar minyak di area telinga yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Kelenjar minyak ini bersatu bersama dengan sel kulit mati dan bakteri penyebab jerawat. Sehingga bisa menutupi pori-pori kulit telinga. Pori-pori yang tertutupi ini akan membuat peradangan dan jerawat yang berisikan nanah.

  • Penggunaan earphone yang tidak pernah dibersihkan juga dapat memicu timbulnya jerawat di telinga. Pasalnya, earphone yang kurang bersih akan membawa bakteri dan menyumbat pori-pori, sehingga ujungnya dapat menimbulkan peradangan pada telinga.
  • Terlalu sering menggaruk telinga dengan tangan atau benda kotor. Sehingga bakteri dan kuman masuk kedalam telinga.
  • Rambut yang jarang dibersihkan juga menjadi salah satu penyebab jerawat meradang di telinga. Pasalnya, rambut yang panjang dan kotor akan memungkinkan untuk membawa bakteri menempel pada telinga.
  • Penggunaan helm dapat meningkatkan kelembapan sekitar telinga. Oleh karena lingkungan yang terlalu lembab ini, maka bisa menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. Bakteri yang tumbuh tidak terkontrol dan dapat membuat pori-pori tertutupi hingga akhirnya menimbulkan jerawat.
  • Anting atau tindik yang kotor juga memungkinkan bakteri muncul, sehingga membuat jerawat timbul di area telinga.
  • Jenis hormon penyebab jerawat ketika menstruasi atau hamil juga turut andil besar dalam menumbuhkan jerawat disekitar telinga.
  • Alergi dengann produk kosmetik tertentu juga dapat memicu timbulnya jerawat di area telinga. Tak hanya itu saja, alergi emas atau logam tertentu juga membuat telinga mengalami iritasi dan kemudian memunculkan jerawat di telinga.
  • Penggunaan sprei yang tidak bersih juga menjadi salah satu penyabab jerawat tumbuh. Keringat yang muncul pada malam hari akan cepat membuat sprei menjadi kotor, sehingga sangat disarankan untuk menggantinya 2-3 hari sekali.
  • Telinga yang kotor juga menjadi penyebab timbulnya jerawat di telinga. Kondisi telinga yang kotor dipasikan bisa memicu timbulnya jerawat di telinga. Oleh karena itu, pastikan telinga dalam keadaan bersih. Cek kebersihannya setelah kita mencuci rambut ataupun setelah kita mandi.
  • Terlalu kasar membersihkan telinga juga tidak baik. Pasalnya, hal tersebut juga dapat menimbulkan masalah jerawat. Ketika hendak membersihkan telinga, maka bersihkanlah dengan lembut dan baik.
  • Gangguan ginjal juga mengindikasikan adanya jerawat di telinga. Pasalnya, selain di telinga berhubungan dengan kaki dan tangan, telinga juga berkaitan dengan ginjal dan hati, serta kantung empedu. Jika ginjal bermasalah, maka hal ini dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di telinga.
  • Adanya racun dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di telinga. Ketika racun dalam tubuh teralu banyak atau peradangan sedang terjadi pada bagian organ tubuh kita, maka secara otomatis jerawat juga lebih banyak tumbuh di telinga.
  • Penyebab adanya jerawat di telinga ini juga karena adanya peradangan di telinga itu sendiri. Ketika telinga sedang meradang, ia bisa mengeluarkan nanah hingga akkhirnya nanah itu sendirilah yang menjadi jerawat didalam telinga.

Itulah beberapa penyebab munculnya jerawat di area telinga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *