image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Stretch Mark Setelah Melahirkan.

Stretch mark setelah melahirkan merupakan hal yang membuat semua wanita gelisah. Karena menghilangkannya tidaklah mudah. Masalah kulit yang satu ini memang umum dialami oleh para ibu yang baru saja melahirkan. Dampaknya sangat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Lalu, bagaimana cara menghilangkannya? Dan mengapa Stretch Mark kerap muncul pada wanita yang habis melahirkan?

Stretch mark atau dikenal juga sebagai striae merupakan permasalahan yang sering dialami oleh para ibu setelah hamil dan melahirkan. Biasanya para wanita menyadari kemunculan stretch mark saat hamil.

Namun, ada juga beberapa wanita yang mengalami kemunculan stretch mark setelah melahirkan. Penampakan stretch mark biasanya berwarna putih, merah keunguan, atau bahkan cokelat agak kemerahan tergantung pada warna kulit Anda.

Kemunculan stretch mark setelah melahirkan biasanya sering muncul pada area bawah perut, pinggul, hingga paha bagian dalam. Adanya stretch mark setelah hamil dan melahirkan disebabkan oleh proses peregangan dan penyusutan kulit dalam waktu cepat.

Tidak sedikit wanita yang merasa terganggu dengan keberadaan stretch mark sehingga mencari berbagai upaya untuk menghilangkannya.

Apakah stretch mark bisa hilang ?

Memang belum ada cara yang benar-benar ampuh untuk mencegah munculnya stretch mark saat hamil. Saat sudah muncul, menghilangkannya tidak segampang membalikkan telapak tangan.

Membutuhkan waktu dan cara tertentu untuk menghilangkannya atau paling tidak memudarkan guratan-guratan stretch mark yang sangat menggangu penampilan. Bahkan penggunaan krim, lotion, salep, atau minyak dapat membuat kulit yang mengalami stretch mark menjadi lebih halus.

Membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan hingga tahunan untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark setelah melahirkan menjadi lebih halus mendekati warna kult.

Pemulihan stretch mark pada setiap orang berbeda beda. Tergantung pada kondisi kulit dan jenis perawatan yang di terapkan. Selain itu, sifat genetik juga bisa ikut berperan dalam pembentukan stretch mark di kulit. Hal tersebut memengaruhi lamanya waktu dalam menghilangkan stretch mark, termasuk setelah hamil dan melahirkan.

Kentang.

liputan6.com

Kentang memiliki beberapa kandungan senyawa di antaranya fitonutrisi, karotenoid dan polifenol. Ketiga bahan tersebut dikenal sangat baik untuk meningkatkan kelembapan dan menghidrasi kulit.

Minyak zaitun.

alodokter.com

Dalam dunia kecantikan, khasiat minyak zaitun tidak diragukan lagi. Minyak zaitun mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh khususnya kecantikan dan kesehatan kulit.

Dengan minyak zaitun, stretch mark pasca melahirkan dapat teratasi dengan baik. Minyak zaitun mengandung zat linolei acid yang sangat membantu menjaga kadar air pada kulit. Kandungan polifenol dalam minyak zaitun juga mampu membantu meregenerasi kulit saat mengalami kerusakan.

Jika ingin menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi masalah stretch mark, cukup campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok teh madu. Kemudian oleskan pada stretch mark.

Lemon.

hellosehat.com

Buah berwarna kuning ini dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk membantu menghilangkan stretch mark. Vitamin C dalam lemon mampu mencerahkan kulit dan memudarkan guratan pada kulit.

Selain itu, lemon juga menghidrasi kulit sehingga kelembapan tetap terjaga. Di samping itu, kulit juga akan terlihat lebih mulus pasca melahirkan.

Lidah buaya.

lifestyle.kompas.com

Lidah buaya dikenal mampu memberikan kekenyalan dan elastisitas pada kulit. Manfaat ini tentu mampu mengatasi masalah stretch mark yang muncul setelah melahirkan.

Cara penggunaannya cukup mudah, oleskan gel lidah buaya pada stretch mark dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Putih telur.

halodoc.com

Putih telur mengandung zat protein dan mikronutrien yang mampu mengenyalkan dan mencerahkan kulit. Biasanya, putih telur digunakan untuk masker wajah agar mendapat hasil kulit yang lebih cerah.

Jika ingin menggunakan putih telur untuk menghilangkan stretch mark, cukup oleskan campuran putih telur dengan lemon pada stretch mark. Lemon digunakan untuk menghilangkan bau amis pada putih telur.

Terapi Laser.

happinest.id

Terapi laser adalah salah satu prosedur yang sangat terkenal untuk perawatan kulit, termasuk untuk menghilangkan stretch mark. Sinar laser yang akan merangsang produksi kolagen dan elastin di kulit. Terapi ini juga sangat efektif dalam meregenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki struktur kulit Anda.

Leave a Reply