image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Evamulia - Perawatan Wajah - Cara Menghilangkan Komedo - Munculnya komedo terjadi akibat penyumbatan pada folikel rambut yang menjadi tanda awal munculnya jerawat. Folikel yang tersumbat ini berisi serpihan kulit, sejenis protein kulit bernama keratin, serta sebum (minyak).

Menghilangkan Komedo

Evamulia Perawatan Wajah Cara Menghilangkan Komedo Munculnya komedo terjadi akibat penyumbatan pada folikel rambut yang menjadi tanda awal munculnya jerawat. Folikel yang tersumbat ini berisi serpihan kulit, sejenis protein kulit bernama keratin, serta sebum (minyak).

Meski tidak masuk dalam masalah kulit yang berat bintik-bintik pada komedo sangat sulit dibasmi sehingga Anda mungkin perlu mencoba berbagai cara menghilangkan komedo sebelum bisa menemukan metode yang benar-benar efektif. Masalah komedo dapat terjadi pada siapa saja, tapi orang-orang yang memiliki kulit berminyak lebih rentan mengalaminya.

Pembentukan komedo pun bisa terjadi di area wajah, punggung, dada, leher, pundak, serta area kulit lainnya yang banyak memproduksi minyak. Bila Anda amati dengan baik, ada dua jenis komedo yang dapat muncul pada tubuh Anda, yakni komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead).

Cara Menghilangkan Komedo Sesuai Jenisnya:

Komdeo Hitam :

Komedo hitam terbentuk dengan cara yang sama seperti komedo putih. Perbedaannya, pori-pori yang tersumbat tetap terbuka dan kotoran yang menyumbatnya terpapar oleh udara. Udara kemudian mengoksidasi kotoran penyumbat sehingga membuat komedo tampak gelap atau berubah warna menjadi hitam.

Komedo hitam lebih mudah dibersihkan bila dibandingkan dengan komedo putih. Cara paling sederhana yang digunakan untuk menghilangkan komedo ini adalah dengan menekannya dari kedua sisinya. Kendati demikian, Anda sebaiknya tidak memencet komedo hitam secara sembarangan untuk menghindari risiko infeksi.

Komedo Putih:

Jika kulit di atas pori-pori yang tersumbat menutup, maka terbentuk komedo putih. Jenis komedo ini berukuran kecil, berbentuk padat, dan memiliki warna putih atau kekuningan. Komedo putih biasanya tidak menyebabkan peradangan, tapi kulit dapat mengalami infeksi bila bakteri masuk ke dalam komedo. Akibatnya, komedo mengalami peradangan dan berkembang menjadi jerawat.

Berbeda dengan komedo hitam yang terbuka, komedo putih lebih sulit dikeluarkan. Komedo yang terasa timbul bila diraba ini bahkan tetap sulit diekstraksi sekalipun menggunakan cara yang sama seperti saat memecahkan jerawat. Anda mungkin memerlukan prosedur khusus yang ditujukan untuk membasmi komedo putih.

Cara Menghilankan Komedo Hitam

Clay Mask

Pemilik kulit berminyak sangat dianjurkan untuk menggunakan clay mask. Pasalnya, masker ini dapat membantu mengeluarkan kotoran, minyak, dan bahan-bahan lain yang menyumbat pori-pori. Beberapa jenis clay mask juga dilengkapi dengan kandungan belerang yang dapat menguraikan sel-sel kulit mati penyebab komedo. Untuk mendapatkan manfaatnya, pakai clay mask sebanyak satu kali dalam seminggu.

AHA dan BHA

Asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA) adalah salah satu contoh eksfoliator terbaik untuk kulit. Keduanya bekerja dengan cara mengelupaskan lapisan teratas kulit yang kusam sekaligus membersihkan pori-pori dan membuat kulit Anda tampak lebih lembut. Gunakan produk mengandung AHA atau BHA sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Obat Khusus (Resep Dokter)

Dokter kulit dapat meresepkan obat-obatan yang lebih kuat jika cara sebelumnya tidak cukup ampuh untuk menghilangkan komedo. Contoh obat yang diresepkan secara khusus untuk mengatasi komedo seperti obat mengandung vitamin A.

Chemical peeling

Perawatan chemical peeling menjadi cara yang bertujuan untuk menghilangkan pori-pori yang tersumbat dan membuang sel-sel kulit mati sehingga wajah Anda bersih dari komedo. Untuk melakukannya, Anda memerlukan produk khusus berbentuk cairan yang dioleskan langsung pada kulit. Lapisan teratas kulit akan mengelupas, lalu tergantikan oleh lapisan baru yang lebih halus dan bersih.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur yang bertujuan untuk memperbarui keseluruhan tekstur dan warna kulit. Selain digunakan untuk mengatasi komedo, metode ini juga bertujuan untuk mengatasi masalah kerutan, garis halus, bercak hitam, bekas luka, dan kerusakan lainnya. Mikroabrasi dilakukan dengan menggosokkan alat khusus yang memiliki permukaan kasar pada permukaan kulit Anda sehingga komedo dapat terkikis.

Terapi laser dan terapi cahaya

Seperti namanya, terapi laser dan cahaya dilakukan dengan menyorotkan cahaya pada kulit. Sorotan cahaya tersebut dapat mengurangi produksi minyak dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Kedua terapi ini merupakan cara alternatif untuk menghilangkan komedo dan jerawat tanpa merusak lapisan teratas kulit Anda.

Cara Menghilangkan Komedo Putih

Pembersih muka mengandung eksfoliator

Scrub pada pembersih muka bersifat sebagai eksfoliator yang bisa menyingkirkan sel-sel kulit mati. Cara yang satu ini tidak hanya berguna untuk menghilangkan komedo, tapi juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih lembut. Saat memilih produk pembersih muka, pilihlah produk yang mengandung scrub lembut berukuran kecil untuk mencegah iritasi dan kulit kering.

Krim retinoid

Vitamin A dapat membantu mengatasi komedo putih yang membandel, dan krim retinoid merupakan salah satu sumber terbaik vitamin ini. Anda dapat memperoleh manfaat retinoid dengan menggunakan krim perawatan wajah yang berfungsi untuk mencegah penuaan. Perlu diingat bahwa krim retinoid akan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi hindari paparan sinar matahari langsung saat Anda menggunakannya.

Asam salisilat

Asam salisilat dapat menurunkan produksi minyak pada pori-pori, mengeringkan permukaan kulit, serta menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Senyawa ini biasanya terdapat dapat produk tonerdan astringen untuk jerawat, serta beberapa jenis krim dan gel pelembap wajah.

Untuk mendapatkan perawatan yang menjanjikan, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter atau klinik kecantikan terpercaya. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan mendapatkan perawatan serta skincare yang sesuai dengan jenis kulit kalian.

Leave a Reply