image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

evamuliaclinic - adult acne

Adult Acne dan Cara Mengatasinya

Setelah berkutat dengan jerawat pada masa remaja, mungkin Anda berharap setelah menginjak umur 20 akhir, kulit akan bersih dari jerawat. Well, jangan terlalu yakin dulu! Menurut pengamatan Cosmo, akhir-akhir ini wanita dewasa berumur 20 hingga 30 banyak yang masih berkutat dengan problema jerawat yang tak kunjung selesai. Yes, ladies, adult acne is a real thing! Nah, bila Anda adalah salah satu dari wanita yang masih menderita akibat jerawat, atau Anda ingin mengantisipasi hal tersebut, maka silahkan baca artikel ini! 

Jujur saja, Cosmo adalah salah satu wanita kurang beruntung karena masih belum move on dari permasalahan jerawat. Ugh! Setelah banyak berkonsultasi ke para dermatologis dan para ahli juga mencoba berbagai produk skincare, kini Cosmo telah mendapat beberapa pelajaran dari masalah tersebut dan cara mengatasinya.

Penyebab Adult Acne

adult acne

  1. Makanan dan minuman. Kenali diri Anda dan coba untuk lebih sensitif terhadap apa yang Anda konsumsi. Beberapa wanita kulitnya meradang karena produk dairy, seperti susu, coklat serta keju. Ada juga yang jerawatnya muncul karena minum kopi hitam. Untuk amannya, sebaiknya kurangi kadar santan, gula, kacang-kacangan, dairy, dan alkohol sehari-hari agar kulit wajah Anda tetap segar, sehat dan awet muda! Oh satu lagi, kurangi makanan yang mengandung iodin. Iodin terdapat dalam seafood seperti lobster, udang, kepiting, juga sayuran seperti bayam dan seaweed. Perbedaan antara iodin dan makanan penyebap adult acne yang lain ialah iodin tak langsung memunculkan jerawat. Reaksinya membutuhkan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan sebelum akibatnya muncul di kulit Anda.
  2. Stres. Pekerjaan tak kunjung selesai, bertengkar dengan pasangan, apa pun yang memenuhi pikiran Anda secara negatif dapat memancing timbulnya adult acne. Saat kadar stres Anda melonjak, kelenjar adrenal dalam tubuh menciptakan hormon bernama kortisol yang bekerja membantu tubuh mengurangi kadar stres. Sayangnya, hormon tersebut juga memproduksi testosteron. Testosteron di tubuh wanita akan memancing kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak lagi minyak, yang mengakibatkan jerawat. So, breath in, breath out, and let it all go, ladies.
  3. Makeup. Menumpuknya makeup yang dipakai tiap hari dalam pori-pori merupakan salah satu alasan mengapa begitu banyak wanita terkena adult acneMakeup yang tak terangkat bersih lama-lama akan menumpuk dan menutup pori-pori kulit wajah. Bayangkan bila hal ini Anda biarkan bertahun-tahun!
  4. Salah menggunakan skincare atau makeup. Seperti cream blusherCC cream, full cover foundationmakeup berbentuk stick serta compact powder ternyata bisa memancing adult acne meradang. Begitu pun skincare yang terlalu berminyak, creamy dan kaya nutrisi. Mulai sekarang coba cek daftar ingredient dalam produk yang Anda gunakan. Hindari produk dengan coconut oilsweet almond oil, vitamin E, jojoba oillauroyl lysinesqualene dan silikon di dalamnya.

Cara Membedakannya:

Coba perhatikan bagian wajah mana yang ditumbuhi jerawat.

1. Jika jerawat bermunculan di dagu, sekitar mulut, bawah hidung, serta dahi.  Maka kemungkinan besar itu karena hormon. Ketidakstabilan hormon, tak hanya akibat menstrual cycle. Tapi perubahan hormon bisa terjadi pada wanita berumur 30an atau mendekati umur 30, adalah alasannya.

2. Kalau jerawat bermunculan di pinggiran wajah, misalnya sekitar tulang pipi, dekat telinga, dan pinggir dahi, maka bisa jadi itu disebabkan oleh hal eksternal, seperti makeup!

3. Sedangkan, jika terjadi jerawat kecil-kecil, tak bermata, dan menyebar, kemungkinan disebabkan oleh skincare yang tak sesuai.

Cara Mengatasinya:

1. Jangan malas membersihkan wajah! Terasa sepele namun ini penting sekali lholadies. Pagi hari, cukup bersihkan wajah dengan sabun muka. Anda dapat memilih sabun wajah dengan kadar salicylic acid bila kulit Anda berminyak. Untuk kulit sensitif dan kombinasi, pilih sabun wajah yang lembut, tanpa aroma keras. Bila mayoritas kegiatan Anda di luar ruangan, pastikan Anda mencuci muka lagi di siang hari. Pada malam hari, bersihkan wajah dengan cleansing oil, untuk Anda yang memiliki oily skin, atau cleansing cream untuk Anda yang berkulit kering.

Meskipun terlihat sepele tapi membersihkan wajah sangat penting lho. Sebaiknya pada pagi hari bersihkan wajah dengan sabun muka. Jika kulit Anda berminyak, Anda bisa mencoba sabun wajah dengan kadar salicylic acid. Sedangkan untuk kulit sensitif dan kombinasi, pilih sabun wajah yang lembut, tanpa aroma keras. Pastikan Anda mencuci muka lagi di siang hari.

Ulangi proses cleansing sekali lagi bila dirasa belum bersih. Setelahnya, baru cuci wajah dengan sabun muka. Kenakan toner untuk memastikan sisa kotoran terangkat tuntas!2. Serum berbahan dasar Vitamin C dan Retinol bisa dicoba untuk mengurangi peradangan, Selain itu, pilih skincare atau makeup tanpa alkohol juga fragrance yang kuatLebih baik gunakan produk bertekstur ringan seperti gel, cair, atau serum yang tak mengintimidasi kulit.

3. Kurangi penggunaan makeup seperti foundationblushercompact powder dan concealer ketika jerawat sedang bermunculan. Biarkan kulit wajah bernapas sejenak, tanpa terbebani lapisan apa pun kecuali serum. moisturizer dan sunscreen. Ingin tetap cantik? Sementara alihkan dulu perhatian ke alis, bulu mata, eyeliner, lipstik dan tentu saja, a killer smile. Bila benar-benar darurat, kenakan bedak tabur yang ringan.

4. Dan yang terakhir yaitu dengan cara facialmicrodermabrasion, chemical peeling, serta laser.  Jika adult acne semakin banyak, maka tak ada salahnya berdiskusi dengan dermatologi untuk menjalankan treatment tersebut. Jika ditangani di klinik atau dermatolog yang terpercaya, perawatan klinik tak akan membuat jerawat kembali meradang.

Untuk mengatasi adult acne, Anda harus banyak bersabar. Sebab adult acne tak mungkin hilang dalam satu atau dua minggu perawatan saja. Maka pahami jenis kulit Anda dan kenali kebiasaan dan perubahan yang terjadi di dalamnya.  Jenis kulit yang berbeda pun sangat berpengaruh dalam cara mengatasinya.

Baca juga: Manfaat Grape Seed Oil Untuk Jerawat

Leave a Reply