Niacinamide

Mengenal Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Manfaat Niacinamide – Niacinamide adalah salah satu bahan perawatan kulit atau sebagai bahan skincare yang paling umum digunakan saat ini. Zat ini dipercaya mampu mengatasi jerawat, mengurangi garis-garis halus dan mengecilkan pori-pori. Niacinamide adalah bentuk vitamin B3. Zat ini hadir dalam berbagai makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, daging, ikan, telur, susu dan ragi. Berikut beberapa manfaat niacinamide dalam perawatan kulit dan wajah.

Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Selain terdapat pada makanan, niacinamide juga bisa ditemukan dalam produk skincare seperti serum, toner atau pada masker. Nah, berikut ini beberapa manfaat niacinamide untuk Kesehatan kulit.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Kandungan ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas, sinar ultraviolet, polusi dan zat berbahaya yang merupakan salah satu keunggulan niacinamide. Selain itu, niacinamide juga memiliki efek antioksidan yang dapat memperbaiki DNA yang rusak.

Mengatasi Jerawat

Mengoleskan krim dengan kandungan niacinamide ke wajah bisa mengatasi jerawat termasuk jerawat parah seperti pustula dan papula. Zat ini bisa memperbaiki kondisi kulit wajah bruntusan jika digunakan secara rutin. Selain jerawat, niacinamide juga bisa mengobati gangguan kulit lain seperti rosacea dan eksim.

Mengurangi Garis Halus

Jika wajahmu mulai muncul keriput dan garis halus, kamu bisa coba gunakan produk perawatan wajah dengan kandungan niacinamide. Penggunaan produk perawatan wajah dengan kandungan niacinamide sebanyak 5% bisa mengurangi tanda penuaan termasuk garis halus dan keriput. Niacinamide ini juga baik digunakan sebagai pelembap untuk kulit kering.

Mengendalikan Minyak pada Wajah

Kandungan ini bisa mengendalikan produksi minyak sekaligus mengecilkan pori-pori. Pori-pori pada kulit wajah berminyak biasanya terlihat lebih besar. Niacinamide ini bisa mengecilkan pori dengan cara mengendalikan produksi minyak yang berlebihan disebabkan oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah.

Menghilangkan Noda Hitam

Ketika kamu rajin menggunakan skincare dengan kandungan 5% niacinamide selama 4 minggu, kulitmu akan lebih cerah dan noda hitam semakin memudar.

Tips Memilih Produk dengan Kandungan Niacinamide

Beberapa produk perawatan kulit akan menuliskan niacinamide sebagai niacin atau nicotinamide. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat niacinamide seperti mengatasi noda hitam, kamu bisa memilih produk skincare dengan kandungan niacinamide 5%.

Kamu juga bisa menggunakan kandungan niacinamide 2% jika memiliki kulit yang sensitif. Kandungan niacinamide yang rendah ini sudah bisa mengatasi masalah kulit seperti eksim. Namun, kamu tidak bisa bergantung pada satu kandungan ini saja. Kamu juga perlu mempraktikkan beberapa cara lain agar kulit lebih sehat dan bebas dari masalah kulit seperti ini:

  • Mengaplikasikan tabir surya secara rutin terutama saat beraktivitas di luar ruangan.
  • Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup.
  • Mencuri wajah setelah bangun tidur dan sebelum tidur.
  • Menggunakan produk perawatan sesuai jeni kulit.
  • Konsumsi makanan yang bergizi.

Kamu bisa mengandalkan niacinamide untuk mengatasi beragam masalah kulit. Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan produk dengan kandungan ini ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.