image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Perawatan Wajah - Manfaat Shea Butter Untuk Kulit - Shea butter adalah lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea yang tumbuh disabana Afrika. Nutrisi yang ada didalamnya memiliki manfaat untuk keshatan kulit dan rambut, bisa digunakan sebagai tabir surya hingga ketombe.

Manfaat Shea Butter

Eva Mulia Perawatan Wajah Manfaat Shea Butter Untuk Kulit Shea butter adalah lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea yang tumbuh disabana Afrika. Nutrisi yang ada didalamnya memiliki manfaat untuk keshatan kulit dan rambut, bisa digunakan sebagai tabir surya hingga ketombe.

Yntuk menjadi shea butter, biji dari kacang pohon shea akan diolah menjadi bubuk dengan cara dikeringkan, dipanggang dan digiling. Selanjutnya bubuk direbus sehingga menghasilkan minyak.

Minyak yang muncul di permukaan air lalu dipisahkan dan didinginkan hingga menjadi padat seperti krim atau mentega. Mentega ini bisa digunakan untuk memasak atau menjadi produk kecantikan, seperti sabun, sampo, kondisioner, hingga pelembap kulit.

Kandungan dan Manfaat Shea Butter untuk Kulit dan Rambut

Yang menjadikan shea butter sebagai primadona dalam produk perawatan kulit dan rambut adalah kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Mengandung zat antiradang, antijamur, dan antioksidan yang menjaga kulit dari radikal bebas, serta diyakini dapat mengatasi sejumlah gangguan pada kulit.

Eva Mulia - Perawatan Wajah - Manfaat Shea Butter Untuk Kulit - Shea butter adalah lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea yang tumbuh disabana Afrika. Nutrisi yang ada didalamnya memiliki manfaat untuk keshatan kulit dan rambut, bisa digunakan sebagai tabir surya hingga ketombe.

Nutrisi yang terkandung di dalam shea butter antara lain:

  • Vitamin A dan E. Vitamin ini dapat menambah sirkulasi dan perkembangan sel kulit, serta menjadikan kulit lebih sehat.
  • Asam lemak esensial yang terdiri dari asam linoleat, palmitat, stearat dan oleat, untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit.
  • Zat triterpen, tokoferol, fenol, dan sterol, yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan.
  • Lemak trigliserida, untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Cetyl ester, yang membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Kelebihan lainnya adalah shea butter tidak mengandung zat yang berpotensi membuat kulit kering dan iritasi, tapi tidak membuat kulit jadi berminyak, shinga aman untuk digunakan pada semua jenis kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat shea butter:

  • Sebagai pelembap dan tabir surya
  • Mengatasi luka bakar ringan
  • Menunda penuaan dini
  • Mencegah dan mengurangi stretch marks dan keloid
  • Mencegah jerawat
  • Mengobati infeksi kulit
  • Mengatasi peradangan pada kulit
  • Mengobati ketombe

Ada 2 jenis shea butter, refined dan unrefined shea butter. Refined shea butter adalah shea butter yang mengalami banyak proses penyaringan, sementara unrefined shea butter adalah shea butter murni yang sedikit mengalami penyaringan.

Ada baiknya melakukan konsultasi dahulu kepada dokter kecantikan atau klinik kecantikan sebelum menggunakannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, baik itu pada kulit atau pada rambut.

Leave a Reply