image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat sambiloto untuk jerawat

Manfaat Jamu Sambiloto untuk Menghilangkan Jerawat

Manfaat sambiloto untuk jerawat- Munculnya jerawat diwajah bisa disebabkan karena berbagai macam faktor dan ada beberapa solusi untuk menyembuhkan jerawat. Mulai dari penggunaan obat kimia dengan biaya yang mahal, hingga penggunaan bahan-bahan alami yang aman.

Biasanya penggunaan obat kimia dipilih karena mudah dipakai, misalnya  salep yang hanya perlu dioleskan. Namun, enggunaan obat kimia tanpa melakukan konsultasi ke dokter memiliki resiko yang tinggi yang berbahaya bagi kulit seperti munculnya alergi. Penanganan jerawat yang salah bisa memperburuk permasalahan kulit wajah, contohnya jerawat akan semakin banyak,  bekas flek hitam, atau bahkan luka permanen bekas jerawat atau lebih dikenal bopeng di wajah. Oleh karena itu, bahan alami yang bisa menjadi alternatif bagi anda sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara tradisional.

Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat dengan bahan herbal bisa didapatkan dari tanaman, dimana mengandung senyawa bioaktif seperti minyak esensial, alkaloid,  flavonoid, dan senyawa fenolik yang bersifat anti jerawat. Nah salah satu tanaman yang bisa Anda coba yaitu tanaman sambiloto.Apakah anda pernah mendengar tanaman sambiloto? Cobalah simak ulasan berikut ini.

Manfaat Sambiloto Untuk Jerawat

Tanaman sambiloto bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat secara alami, termasuk jerawat baru. Kenapa? Karena tanaman ini memiliki sifat antibakteri sehingga bisa menekan pertumbuhan bakteri, termasuk debu yang menyebabkan jerawat. Wajah yang kotor rentan terkena berbagai masalah kulit, salah satunya adalah munculnya jerawat.

Hasil penelitian dari Bussaman dkk. pada Food and Applied Bioscience Journal (2015) sudah membuktikan bahwa tanaman sambiloto bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat yang ampuh untuk digunakan sehari-hari dengan aktivitas antibakteri terhadap bakteri penyebab jerawat yang telah disebutkan. Zat aktif yang bersifat antibakteri tersebut adalah senyawa lakton dan flavonoid yang tidak larut dalam air, seperti deoksianografolida, andrografolida, dehidroandrografolida, neoandrografolida dan andropolida. Dehidroandrografolida inilah yang akan mengatur kelenjar pituitary untuk mengeluarkan hormon yang menjadi sinyal untuk pembuatan kortisol sebagai agen antiinflamasi alami.

Cara Memanfaatkan Sambiloto

manfaat sambiloto untuk jerawat

  1. Mengoleskan ekstrak sambiloto ke jerawat di wajah

Ekstrak daun sambiloto bisa daplikasikan secara langsung ke jerawat di wajah. Berdasarkan penelitian, larutan dengan 5% ekstrak daun sambiloto mampu menekan pertumbuhan bakteri. Bagaimanakah caranya? Mengekstrak daun sambiloto cukup mudah untuk anda buat sendiri di rumah. Ambilah beberapa helai daun tanaman sambiloto, lalu dicuci sampai bersih. Kemudian daun dihaluskan hingga membentuk ekstrak yang selanjutnya dapat langsung dioleskan pada jerawat di wajah. Cara ini cepat dan mudah, cocok bagi anda yang bisa menemukan tanaman sambiloto dengan mudah di dekat rumah atau di sepanjang perjalanan anda.

  1. Meminum jamu atau obat herbal sambiloto

Meminum jamu dari daun tanaman sambiloto merupakan salah satu cara untuk mencegah timbulnya jerawat. Jamu ini dapat dibuat dengan cara merebus daun sambiloto sehingga zat aktif yang terkandung di dalamnya akan terekstrak. Saat diminum, zat aktif dengan sifat antibakteri akan mengatasi bakteri yang menginfeksi di kulit wajah melalui darah. Untuk hasil manfaat sambiloto untuk jerawat yang maksimal, dapat diminum sebanyak dua kali sehari.

Bagi anda yang tidak menyukai rasa pahit, saat ini sudah banyak obat herbal dalam bentuk kapsul ataupun tablet yang berisikan ekstrak sambiloto kering, sehingga anda dapat meminumnya setiap dua belas jam selama dua hari untuk pengobatan yang intensif. Sebelum membeli obat herbal, perhatikan juga ciri-ciri obat jerawat yang berbahaya. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kandungan dan sertifikat keamanan untuk dikonsumsi sebagai obat.

Efek Samping Konsumsi Sambiloto

Tanaman sambiloto aman untuk dikonsumsi dalam dosis dan jangka waktu tertentu. Akan tetapi kita harus tetap memperhatikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dengan cara memperhatikan efek samping. Efek samping yang dapat muncul ialah seperti kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sakit kepala, pilek, dan kelelahan. Jika digunakan dalam dosis tinggi pada jangka panjang, sambiloto dapat menyebabkan pembengkakkan kelenjar getah bening, alergi, dan peningkatan produksi enzim di hati.

Ada baiknya untuk memperhatikan kondisi tubuh anda terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi sambiloto. Berikut ini beberapa kondisi khusus yang perlu diperhatikan:

  • Penderita penyakit imun tidak disarankan untuk mengkonsumsi sambiloto karena bisa meningkatkan gejala auto-imun.
  • Untuk balita, sambiloto aman untuk diminum pada jangka pendek atau kurang dari satu bulan.
  • Penderita tekanan darah rendah juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi sambiloto, dikarenakan salah satu manfaat sambiloto ialah menurunkan tekanan darah.
  • Tanaman sambiloto tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui, serta bagi anda yang memiliki masalah kesuburan.

Demikianlah manfaat sambiloto untuk jerawat, cara memanfaatkannya dan efek samping. Semoga artikel ini menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda.

Baca juga: Bahaya Chemical Peeling Untuk Wajah Jerawat

Leave a Reply