Minyak Zaitun untuk Bibir

Manfaat Minyak Zaitun untuk Bibir

Evamuliaclinic – Minyak Zaitun untuk Bibir – Minyak zaitun atau olive oil memiliki segudang manfaat yang bisa dirasakan. Olahan daun zaitun memang efektif sebagai alat suntik yang digunakan untuk memasak, namun ada juga yang menggunakannya sebagai bahan untuk perawatan wajah khususnya bibir. Sebenarnya, apa saja manfaat minyak zaitun untuk bibir yang sangat bergizi?

Perlu diingat bahwa wajah memiliki bagian sensitif yang memerlukan perawatan khusus, seperti bibir. Bibir kering dan pecah-pecah tentu membuat kita merasa insecure. Belum lagi, kita harus memakai lipstik atau lip cream bertekstur matte yang tahan lama agar riasan kita terlihat sempurna.

Bibir pecah-pecah karena berbagai masalah, bisa jadi karena terlalu panas atau terlalu dingin. Akibatnya, bibir kita mengalami dehidrasi dan karenanya tampak kering. Sebenarnya minum air putih adalah solusi, tapi tidak boleh berlebihan kan?

Masalah ini umum terjadi pada semua manusia, pria dan wanita. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dengan mengoleskannya pada bibir. Jangan salah, minyak zaitun telah dianggap sebagai bahan pengobatan tradisional Mediterania sejak 5000 SM. C.

Berbagai manfaat minyak zaitun untuk bibir kering.

Selain itu, produk bibir seperti lip balm banyak ditemukan di toko-toko kecantikan, tidak ada salahnya menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah sebagai alternatif perawatan kulit. Minyak zaitun masih dianggap efektif menjaga kelembutan bibir sehingga dapat digunakan sebagai bahan utama produk perawatan kulit.

Yuk baca pasti empat manfaat minyak zaitun untuk bibir kering ini.

 Menyembuhkan bibir pecah-pecah

Daripada repot memilih dan membeli produk lip balm di toko, lebih baik gunakan minyak zaitun yang ada di dapur. Minyak ini memiliki sifat pelembab, sehingga ideal untuk merawat bibir pecah-pecah.

Kita bisa membuat exfoliant dengan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk perawatan wajah. Caranya adalah dengan mencampur minyak zaitun dan gula hingga membentuk pasta pengelupasan yang kental.

Oleskan pasta yang sudah jadi ke labia minora dan pijat, lalu kelupas dengan lembut. Hasilnya, bibir menjadi lebih lembut dalam waktu singkat.

Melindungi dari Bakteri

Masih banyak lagi manfaat minyak zaitun untuk bibir selain sebagai bahan pengelupasan di atas yaitu sifat antibakteri. Tidak heran jika minyak zaitun digunakan sebagai bahan alami dalam pembuatan salep karena khasiatnya.

Untuk membuat balsem sendiri, campur minyak zaitun dengan minyak kelapa, lilin tawon, minyak esensial, dan ramuan obat lainnya, seperti lavender dan chamomile.

Nah, salep buatan sendiri ini bisa digunakan jika bibir terluka sehingga terhindar dari iritasi akibat bakteri yang muncul. Selain itu, bibir merupakan bagian yang sensitif, sehingga dibutuhkan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya untuk merawatnya.

Sebagai pelembab alami

Dari poin nomor satu di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa minyak zaitun juga berfungsi sebagai solusi. Tak hanya bibir, wajah di sekitarnya juga butuh solusi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengoleskan minyak zaitun untuk menghasilkan kulit yang mulus. Oleskan sedikit minyak zaitun pada wajah Anda lalu ratakan

Setelah itu, tutupi wajah Anda dengan bungkus plastik dan biarkan selama beberapa jam. Hasilnya kulit menjadi lebih halus dari sebelumnya hanya dengan minyak zaitun.

Ketiga poin di atas sudah memberikan gambaran lengkap tentang manfaat minyak zaitun untuk bibir, bukan? Namun ada hal yang perlu diingat, khasiat minyak zaitun tidak bertahan lama. Bahkan minyak zaitun bertahan kurang dari produk yang diformulasikan hanya untuk menghidrasi untuk waktu yang lama.

Juga, jangan gunakan minyak zaitun sepanjang waktu. Bahan yang mengandung minyak dapat mengiritasi kulit di sekitar mulut. Belum lagi ada jerawat yang bisa membesar, apalagi jika Anda memiliki jenis kulit seperti ini.

Daya simpan minyak zaitun juga terbatas, apa pun jenisnya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dengan seksama tanggal kadaluarsa minyak zaitun pada kemasannya. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa membeli minyak zaitun dalam botol kecil atau menyimpannya di lemari es agar bisa disimpan dalam waktu lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *