image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Melon Jingga Untuk Kesehatan - Seperti yang kita ketahui, siapa yang tidak kenal dengan buah melon. Buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini ternyata memiliki banyak jenis yang tidak kalah enak. Contohnya seperti jenis buah melon jingga.

Manfaat Melon Jingga Untuk Kesehatan

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahManfaat Melon Jingga Untuk Kesehatan – Seperti yang kita ketahui, siapa yang tidak kenal dengan buah melon. Buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini ternyata memiliki banyak jenis yang tidak kalah enak. Contohnya seperti jenis buah melon jingga.

Melon jingga atau cantaloupe adalah satu jenis buah yang sangat enak, tetapi juga kaya akan nutrisi dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Manfaat melon jingga yang bisa kalian dapatkan bermacam-macam, berikut adalah ulasan manfaat melon jingga:

7 Manfaat Melon Jingga Untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata

Dikutip dari Harvard T.H. Chan School of Public Health yang menyatakan melon jinga termasuk satu buah yang kaya akan vitamin A sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi membantu mengurangi resiko katarak yang umumnya menjadi masalah kesehatan seiring dengan bertambahnya usia.

Tidak hanya itu, zeaxanthi atau antioksidan yang ada pada melon jingga bermanfaat untuk menyaring cahaya biru yang berbahaya untuk mata dan menangkal kerusakan akibat degenerasi makula di usia senja.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pencernaan yang baik dapat menunjang kesehatan secara keseluruhan. Kalian perlu mengkonsumsi berbagai makanan yang membantu kesehatan pencernaan. Manfaat melon jingga yang kaya akan serat juga air dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan kalian.

Makan atau minum jus cantaloupe dapat mencegah sembelit, melancarkan sistem pencernaan serta membersihkan usus dengan membuang racun dalam tubuh. Melon jingga juga mudah dicerna dan bebas dari FODMAP, yaitu gula dalam jenis makanan tertentu yang bisa menyebabkan gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome) pada sebagian orang.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat melon jingga lainnya juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan serat, vitamin C, kalium dan kolin dalam melon jingga membantu menjaga kesehatan jantung. Makanan tinggi kalium yang satu ini dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan dapat membuat kalian terhindar dari resiko stroke.

Mengurangi Peradangan

Manfaat melon jingga dari kandungan nutrisi seperti kolin yang bermanfaat mengendalikan gerakan otot, merangsang memori, membantu penyerapan lemak dan meneruskan rancangan saraf. Melon jingga juga mengandung cucurbitacin B dan curcubitacin E. Keduanya merupakan senyawa antiradang yang efektif mengurangi rasa sakit dan gejala akibat penyakit peradangan.

Merawat Kulit Rambut

Berbagai macam kandungan nutrisi dalam melon jingga seperti vitamin A, vitamin C dan juga air membantu merawat kesehatan kulit dan rambut kalian. Vitamin A dibutuhkan untuk produksi sebum (minyak alami) yang membantu melembabkan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan semua jaringan di tubuh termasuk kulit dan juga rambut.

Manfaat melonjingga dari kandungan vitamin C untuk memproduksi dan mempertahankan kolagen untuk melawan efek penuaan pada kulit dan juga rambut. Sementara kandungan air yang sangat banyak pada buah ini membantu menghidrasi tubuh termasuk kulit dan rambut agar terhindar dari kekeringan.

Menurunkan Resiko Kanker

Melon jingga mengandung beta-karoten yang amat tinggi. Hasil penelitian membuktikan jika kandungan betakaroten dalam melon jingga lebih tinggi dibandingkan dengan aprikot, jeruk dan juga mangga. Beta-karoten berperan untuk melawan kanker prostat. Mengkonsumsi beta-karoten juga membantu menekan resiko kanker usus besar.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh(imun) yang sehat diperlukan agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah berasal dari mengkonsumsi melon jingga. Manfaat melon jingga dalam meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan beta-karoten, vitamin C serta vitamin A.

Leave a Reply