image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan - Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Berarti buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Pada umumnya buah ini hanya digunakan akarnya saja yang terasa manis untuk obat kesehatan.

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahManfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Berarti buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Pada umumnya buah ini hanya digunakan akarnya saja yang terasa manis untuk obat kesehatan.

Lambat laun daging buah dan daunnya buah bit juga dikonsumsi. Buah bit pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat di Afrika ribuan tahun yang lalu. Akar buahnya yang begitu populer kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Eropa. Lalu, banyak orang yang mulai membudidayakan dan mengkonsumsinya di daerah mereka.

Buah bit digunakan untuk mendapatkan bberapa manfaat. Minyalnya jus daging buah bit digunakan sebagai pewarna makanan. Sementara kandungan gula pada buahnya digunakan sebagai pemanis campuran dalam makanan dan minuman. Terlebih, buah ini mulai digunakan sebagai salah satu campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula yang terbuat dari tebu.

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Di dalam buah bit dapat ditentukan sejumlah nutrisi berikut seperti: Asam, folat, Kaliumen, Serat, Vitamin C, Magnesium, Zat besi, Fosfor, Triptofan, Caumarin, Betasianin.

Mengandung Antioksidan Tinggi

Manfaat buah bit dari kandungan antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan masuknya radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Antioksidan juga bisa mencegah terjadinya stres oksidatif dan merusak sel baik di dalam tubuh kalian.

Selain itu beberapa penelitian juga menemukan fakta antioksidan yang mampu melindungi tubuh terhadap banyak jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes. Manfaat buah bit secara alami juga mengandung fitonutrien untuk melawan penyakit, antioksidan, vitamin dan mineral.

Dapat Mencegah Hipertensi

Telah terbukti secara nyata manfaat buah bit jika dijadikan jus dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitratnya yang juga dapat pada sayur berdaun hijau yang mampu menurunkan tekanan darah.

Hasil dari beberapa penelitian dan studi menyarankan cara murah ini untuk menurunkan hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, minum jus buah bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung.

Detoksifikasi Untuk Ginjal Dan Hati

Sebenarnya tubuh dapat mengeluarkan racun sendiri, hal ini bisa terjadi secara alami untuk mencegah keracunan. Pertama ada organ detoks ginjal yang berfungsi menyaring darah dan menghasilkan air seni. Lalu ada paru-paru yang berfungsi mengeluarkan karbon dioksida dari oksigen yang telah dihirup.

Selanjutnya ada hati juga yang memainkan peranan penting dalam detoksifikasi, dengan cara membuang racut dan zat berbahaya dari darah. Manfaat buah bit mampu membantu beberapa organ tersebut terutama ginjal dan hati untuk tetap bekerja secara maksimal.

Mencegah Anemea

Buah bit yang berwarna kemerahan ini sering dihubungkan dengan warna darah, sehingga digunakan untuk mengatasi masalah anemea. Sebenarnya yang mengatasi anemea adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna untuk kesehatan sel-sel darah merah.

Meningkatkan Stamina

Mengkonsumsi jus buah bit dapat membantu kalian yang berolahraga, biasanya untuk atlet menjadi 16% lebih kuat dan berstamina karena kandungan nitrat yang bisa mengurangi pembakaran oksigen sehingga rasa lelah berkurang. Buah bit telah terbukti memiliki manfaat dari salah satu kandungan nitrat yang membuat sel-sel bekerja dengan baik.

Mengurangi Masalah Pencernaan

Manfaat buah bit dari kandungan serat yang menyediakan 3,8 gram pada satu porsi cangkir buahnya. Kandungan serat ini berfungsi membantu makanan bergerak melalui usus cerna. Pada penelitian lain juga ditemukan jika kandungan serta buah bit dapat melindungi dari infeksi usus, wasir, serta asam lambung.

Untuk kalian yang mengalami masalah pencernaan, mual, diare ataunyeri dapat mengkonsusmsi buah bit dengan dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis.

Menurunkan Berat Badan

Selain kandungan gizi yang banyak, buah bit juga mengandung serat namun rendah kalori. Ini merupakan sumbermakanan baik untuk kalian yang ingin diet atau menurunkan berat badan. Setiap cangkir buah bit mengandung 59 kalori dan 3,8 gram serat, setara dengan 15% serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Saat mengkonsusmsi serat, serat akan bergerak lamabt pada saluran pencernaan.

Ini akan membantu kalian menahan lapar. Menurut sebuah penelitian asupan serat 14 gram dapat mengurangi asupan kalori harian hingga 10%. Hasilnya berat badan beberapa orang bisa menyusut hingga 4 pon selama 4 bulan.

Pewarna makanan alami

Kandungan betaninnya buah bit yang menghasilkan warna merah cerahini dapat digunakan untuk pewarna alami makanan, contohnya*es krim, kue basah atau kue kering, dan jelly.

Pewarna rambut alami

Bila kalian akan mewarnai rambut dengan bubuk henna, pilih warna hitam dan kemudian dibaur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda hitam hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.

Mengatasi masalah ketombe

Untuk menangani masalah ketombe pada rambut kalian, cobalah rebus buah bit, kemudian dioleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibalut dengan handuk. Keesokan harinya, bilaslah dan keramasla.

Manfaat Daun Buah Bit

Selain akar dan daging buahnya, ternyata daun buah bit juga bemanfaat dan dapat dikonsumsi, lho. Daun buah yang berwarna ungu kemerahan ini mengandung nutrisi seperti protein, fosfor, seng, serat, vitamin B6, magnesium, potasium, tembaga. Selain itu, daunnya mengandung sejumlah vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi.

Manfaat Daun buah bit sebetulnya memiliki lebih banyak zat besi daripada kandungan zat besi di bayam (hijau berdaun lainnya dalam keluarga botani yang sama). Lalu, nilai gizinya lebih tinggi dibanding gizi di dalam akar ataupun di dalam daging buahnya sendiri. Berikut merupakan beberapa manfaat daun buah bit:

  • Mencegah osteoporosis dengan menambah kekuatan tulang
  • Melawan penyakit Alzheimer
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dengan memicu produksi antibodi dan sel darah putih

Lalu bagaimana dengan bit yang diproduksi dalam kaleng? Bit kalengan bisa menjadi pilihan yang baik jika buah bit segar tidak tersedia, tetapi penting untuk diketahui jika buah bit tersebut berisi tidak banyak mikronutrien tertentu, tergolong folat dan kalium.

Mereka mungkin pun lebih tinggi kandungan natriumnya. Tipsnya, bersihkan daging bit kalengan dengan air sebelum mengonsumsinya. Ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan garam berlebih pada buah bit kaleng.

Leave a Reply