image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

masker pepaya untuk jerawat

4 Manfaat Masker Pepaya untuk Kecantikan Wajah

Eva Mulia – Selain dimanfaatkan sebagai makanan, buah pepaya dan daunnya juga dapat di konsumsi karena mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Sifat anti-inflamasi di dalam pepaya mampu mengobati jerawat dengan mengurangi kemerahan dan peradangan. Pepaya juga dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit. Penasaran apa saja manfaat pepaya untuk kecantikan lainnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Masker Pepaya Untuk Jerawat

1. Mencerahkan Kulit

Buah pepaya yang baru matang dipercaya mempunyai kandungan beta hydroxy acid (BHA) yang bisa digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami. Kandungan ini mampu mengikis kotoran dan sel-sel kulit mati sehingga wajah akan tampak lebih bersih, cerah, dan bercahaya. Adapula kandungan anti-oksidan yang ada di dalam buah pepaya berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang membuat kulit menjadi kusam tidak terawat.

2. Mengatasi Pori-Pori Besar

Pori-pori besar yang muncul dikulit tentu sangat mengganggu penampilan. Nah untuk mengecilkan tampilan pori-pori ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menyamarkannya dengan makeup sampai melakukan treatment di klinik kecantikan seperti di eva mulia klinik. Padahal sebenarnya Anda bisa mengatasi masalah pori-pori besar dengan cara alami. Salah satunya dengan menggunakan masker pepaya yang telah dihaluskan.

Hal ini karena buah pepaya mengandung enzim papain yang bisa membantu membersihkan wajah secara maksimal hingga ke pori-pori. Karena kulit yang bersih mampu membuat tampilan pori-pori menjadi tersamarkan. Enzim papain juga mempunyai kemampuan untuk mengatasi masalah produksi sebum berlebih pada kulit wajah.

3. Mengatasi Kulit Berjerawat

Mempunyai kulit yang sering berjerawat tentu menjadi masalah bagi semua orang. Apalagi untuk menghilangkan noda bekas jerawat adalah pekerjaan rumah yang sulit untuk diatasi. Namun, jika Anda rutin menggunakan masker wajah dari buah pepaya yang dikombinasikan dengan air lemon dan madu, diklaim mampu memudarkan noda hitam bekas jerawat.

Kandungan vitamin A dan C pada pepaya memiliki kemampuan pada sel kulit untuk menangkal sinar UV yang bisa membuat bekas jerawat menghitam. Buah ini juga mengandung healing enzymes untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat yang meradang.

4. Menghaluskan dan Melembapkan Kulit

Setiap orang tentu ingin memiliki kulit yang halus, lembap, dan terlihat awet muda. Namun sering bertambahnya usia, gaya hidup dan faktor lingkungan bisa membuat kulit mengalami masalah penuaan. Seperti kulit kering dan kasar akibat berkurangnya kelembapan kulit. Namun Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan masker dari buah pepaya secara rutin.

Berkat kandungan flavonoid  dan vitamin E pada buah pepaya mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit yang membuat kulit lembut, kenyal dan kencang. Selain itu, kandungan vitamin A dan C pada pepaya juga berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit.

Cara Membuat Masker Pepaya untuk Jerawat

masker pepaya untuk jerawat

Buah pepaya bisa dijadikan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Dalam membuat masker pepaya ada beberapa cara dan bahan yang harus disiapkan antara lain:

  • Siapkan buah pepaya yang sudah dikupas kulitnya dan madu asli
  • Haluskan pepaya dengan menggunakan blender
  • Setelah halus, campur dengan beberapa tetes madu diatasnya
  • Kemudian aduk hingga rata

Jika pembuatan masker pepaya selesai, Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah. Berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan agar manfaat dari masker pepaya bisa Anda rasakan di wajah:

  • Langkah pertama, cuci wajah dengan air hangat dan sabun muka yang biasa digunakan.
  • Setelah itu, tepuk wajah secara perlahan agar pori-pori wajah terbuka
  • Segera aplikasikan masker pepaya pada wajah secara merata.
  • Pijat halus wajah untuk menenangkan pikiran, rileksasi dan melancarkan sirlulasi peredaran darah.
  • Diamkam selama 15 sampai 20 menit sampai masker kering dengan sendirinya.
  • Basuhlah wajah dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup kembali
  • Keringkan wajah Anda dengan menggunakan handuk kecil tanpa mengosok untuk menghindari iritasi pada kulit wajah.

Baca juga :

Manfaat mentimun untuk wajah

Menghilangkan bekas jerawat dengan buah

Manfaat bengkoang untuk wajah

Leave a Reply