image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - chamomile

Manfaat Bunga Chamomile untuk Kecantikan Kulit

Sejak dulu, bunga chamomile dipercaya sebagai obat alami yang efektif dalam melakukan pengobatan tradisional. Chamomile sendiri berasal dari beberapa nama tanaman yang menyerupai bunga aster pada famili Asteraceae. Ada dua spesies chamomile yang paling umum seperti chamomile Jerman (Marticaria recutita) dan chamomile Romawi (Chanmaemelum nobile).

Sampai saat ini, bunga chamomile Jerman mempunyai lebih banyak bukti medis. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti untuk pencernaan, ternyata kamomil juga mempunyai berbagai khasiat untuk kecantikan.

Kandungan Bunga Chamomile

Sebelum membahas tentang manfaat chamomile, Anda harus mengetahui bahwa biasanya tanaman ini sering diolah dalam bentuk minyak esensial atau dikonsumsi bersamaan dengan teh. Bunga kamomil ini berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, antiradang, antialergi, dan analgesik (pereda nyeri).

Dalam minyak chamomile diekstraksi dari bunga tanaman chamomile. Beberapa kandungan di dalamnya adalah alpha pinene, camphene, beta pinene, propyl angelate, farsenol, butyl angelate, gamma-terpinene, dan cineole. Selain itu, manfaat chamomile juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan alpha bisabolol, bisabolol oxide-A & B, dan bisabolene oxide-A. Karena teh chamomile aman digunakan sehingga banyak orang yang sudah merasakan manfaat chamomile ini. Penasaran apa saja manfaat bunga chamomile untuk perawatan wajah? Berikut ulasannya!

Manfaat Chamomile Untuk Kulit

chamomile

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Sejak dulu teh chamomile sudah dimanfaatkan sebagai pencerah alami. Chamomile juga bisa digunakan untuk memudarkan bintik hitam dan bekas jerawat. Caranya cukup mudah, rebus 3 sendok makan bunga chamomile kering dengan secangkir air selama sekitar 10 menit. Kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan air mawar. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan leher, diamkan selama 15 menit sebagai masker wajah. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

manfaat chamomile untuk kulit kedua adalah untuk mengatasi masalah jerawat. Kandungan anti-inflamasinya bermanfaat untuk mengurangi peradangan kulit akibat jerawat. Anda cukup menggunakan beberapa tetes minyak chamomile, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

3. Melembabkan Kulit

Manfaat dari minyak chamomile adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV sehingga mencegah kulit kusam. Dan bagi pemilik kulit kering, tidak ada salahnya menggunakan minyak chamomile secara rutin.

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Hibiscus untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

4. Menangkal Radikal Bebas

Berkat kandungan antioksidan, bunga ini mampu melawan ancaman radikal bebas. Sehingga penggunaan masker berbahan chamomile dipercaya efektif mencegah kerusakan kulit, melawan bakteri dan kuman sehingga mampu mencegah jerawat.

5. Mengatasi Mata Panda

Manfaat chamomile untuk kulit berikutnya adalah mampu mengatasi mata panda. Cara menggunakannya, cukup celupkan dua kantong teh chamomile ke air panas selama 5 menit. Kemudian angkat dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, tempelkan teh tersebut pada kantung mata yang menghitam. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Perawatan ini mampu membuat mata jadi lebih rileks dan menyamarkan mata yang menghitam.

Baca juga: Inilah Manfaat Bunga Saffron untuk Kecantikan dan Kesehatan

Leave a Reply