image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

jeruk nipis untuk jerawat

Manfaat Jeruk Nipis untuk Jerawat dan Bekasnya

eva muliaSetiap orang pasti ingin memiliki kulit yang indah dan bersih. Namun, Anda harus bisa merawat kulit agar lebih sehat dan terawat. Terutama jika wajah Anda sering mengalami gangguan jerawat, Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat di wajah. Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C lebih banyak ketimbang jenis jeruk lain yang baik untuk kesehatan kecantikan wajah misalnya terdapat Vitamin B1, asam amino, minyak atsiri, asam sitrun, damar, glikosida dan belerang. Lantas, apa saja manfaat jeruk nipis untuk Jerawat? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Jerawat

jeruk nipis untuk jerawat

1. Mengecilkan pori pori

Wajah yang mempunyai pori-pori  yang lebar atau besar sangat mudah dimasuki berbagai kotoran yang ada diudara. Nah, pori-pori yang terbuka itu akan menimbun kotoran dan minyak yang bercampur bakteri lalu menutupi pori dan berkembang membusuk menjadi isi jerawat. Maka tidak heran jika wajah yang mempunyai pori-pori besar akan mudah berjerawat. Air jeruk nipis bisa mengecilkan serta menutup pori pori yang besar,  caranya dengan menggosokan atau oleskan jeruk nipis setiap hari satu kali agar kondisi pori pori yang kecil tetap terjaga.

2. Mengangkat kotoran

Air jeruk nipis juga memiliki sifat mengikat kotoran dan minyak yang ada dipermukaan kulit. Keasamannya mampu menjaga kestabilan kulit setelah dibersihkan. Manfaat jeruk nipis untuk jerawat, ampuh mengangkat sisa kotoran atau makeup yang masih tertinggal di pori-pori yang biasanya tidak terlihat oleh mata.

3. Memudarkan noda bekas jerawat

Biasanya bekas jerawat akan meninggalkan bekas luka atau parut, akibat kotoran yang bercampur dengan bakteri yang dikeluarkan secara paksa atau menggunakan alat yang kurang steril. Nah biasanya bekas jerawat tersebut berwarna cokelat sampai hitam dan sangat mengganggu tampilan wajah. Air jeruk nipis mampu memudarkan noda bekas jerawat lalu mencerahkan secara bertahap. Caranya hanya dengan mengoleskan air jeruk nipis pada wajah setiap hari hari menjelang tidur malam lalu bilas pada keesokan harinya.

4. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Kotoran atau minyak yang menumpuk pada permukaan wajah akan diambil alih oleh bakteri yang menguraikan pembusukan dan menetap didalam pori-pori. Lalu akan menyebabkan kulit menjadi gatal, pedih, nyeri, ruam merah, bengkak dan lain lain. Air jeruk nipis memiliki kandungan zat anti bakteri dan anti peradangan, yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Mencegah peradangan pada Jerawat

Sebagian wanita dan pria ada yang mengalami jerawat batu yang memerah dan berisikan cairan yang jika dipecahkan akan menimbulkan iritasi dan peradangan. Jangan pernah memencet jerawat jika tidak tahu caranya. Karena tangan adalah sumber bakteri yang paling mudah berinteraksi dengan kondisi jerawat. Dengan mengoleskan air jeruk nipis setiap hari akan mengurangi atau mencegah peradangan pada jerawat. Meskipun terasa perih itu pertanda bahwa zat atsiri sedang bekerja dengan baik.

Baca juga: ciri jerawat akan sembuh

Leave a Reply