image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

masker charcoal

Masker Charcoal Untuk Menghilangkan Jerawat

eva mulia – Saat ini, semakin banyak produk perawatan tubuh yang mengandung activated charcoal. Selain bisa dgunakan  untuk membersihkan muka dan pasta gigi, ternyata charcoal juga bisa digunakan sebagai masker wajah lho. Masker charcoal diklaim ampuh untuk  menghilangkan jerawat dan mengangkat komedo membandel. Tapi sebenarnya apa itu activated charcoal dan apakah masker ini bisa benar-benar bisa membersihkan wajah? Penasaran? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Mengenal Activated Charcoal

Meskipun namanya arang, tapi sebenarnya activated charcoal ini tidak terbuat dari arang batu bara yang biasa digunakan dalam proses pembakaran. Activated charcoal merupakan karbon yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua, bambu hingga serbuk kayu yang sudah melalui proses pengaktifan untuk meningkatkan daya serapnya.

Arang aktif ini ampu menyerap kotoran yang menumpuk. Sehingga activated charcoal diklaim sebagai bahan alami yang sangat baik untuk membantu membersihkan kulit wajah.

Cara Menggunakan Masker Charcoal

masker charcoal

Anda bisa mengaplikasikan masker charcoal bubuk ecara merata pada bagian wajah atau langsung menempelkan lembaran masker ke wajah Anda. Lalu diamkan sekitar 10-15 menit. Kandungan arang aktif dalam produk akan bekerja untuk menarik bakteri, debu, polusi, dan kotoran lainnya keluar dari dalam kulit.

Masker charcoal berguna untuk mengatasi wajah berjerawat dan komedo. Masker ini juga bisa membantu mengangkat pori-pori dan menyerap polusi lingkungan, minyak, serta kotoran dari kulit.

Apakah Charcoal Mask Aman Digunakan?

Arang aktif merupakan zat yang aman untuk digunakan. Masaksudnya, activated charcoal bentuk paling murni tidak akan menimbulkan reaksi alergi atau iritasi kulit sensitif. Sehingga Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari bahan-bahan lain dalam produk tersebut.

Meskipun masker arang yang berupa lembaran tidak banyak menimbulkan masalah. Bebebera produk charcoal mask yang mempunyai tekstur sangat lengket akan menarik lapisan terluar kulit beserta rambut-rambut halus di wajah saat masker dilepaskan. Hal ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melepas Masker Charcoal

Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit dalam melakukan pengelupasan masker ini. Salah satunya cuci wajah terlebih agar bulu-bulu halus di wajah tidak tercabut. Dalam mengaplikasikan masker ini sebaiknya oleskan pada bagian T-zone (dahi, hidung, dagu) atau di bagian yang berkomedo saja. Hal ini karena kulit yang lebih berminyak, seperti di bagian tengah, wajah memiliki perlindungan yang lebih baik dari iritasi.

Setelah melepaskan masker, cuci wajah dengan sabun pembersih yang lembut untuk menghilangkan residu masker yang tersisa, kemudian oleskan pelembab nonkomedogenik yang bersifat menenangkan untuk melindungi kulit.

Baca juga: 4 Perawatan Kulit untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Leave a Reply