image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Mengenal Malic Acid dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit

Eva Mulia Clinic – Bagi Anda pecinta skincare, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama-nama acid seperti asam salisilat, asam laktat, atau asam glikolat dan asam hyaluronat. Asam tersebut banyak terkandung dalam sebuah produk perawatan kulit yang memiliki banyak manfaat. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada juga, asam bernama malic acid yang memiliki segudang manfaat untuk kulit. Mulai dari mencerahkan wajah, mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, hingga mengatasi kulit iritasi. Yuk, berkenalan lebih dekat dengan malic acid melalui ulasan berikut!

Apa itu Malic Acid?

Pada abad ke-17, malic acid pertama kali ditemukan pada buah apel atau pir yang memunculkan rasa asam. Malic acid adalah salah satu bagian dari alpha hydroxy acids (AHA). Asam ini sendiri sering digunakan sebagai bahan kandungan skincare serta perawatan tubuh. Mulai dari skin care anti-aging, chemical peeling, obat jerawat, serum, body lotion, hingga shampoo.

Manfaat Malic Acid untuk Kulit Wajah

malic acid adalah

Pada dasarnya, AHA berfungsi sebagai eksfoliator yang bekerja untuk membersihkan kulit secara menyeluruh. Sehingga kulit menjadi lebih bersih, cerah, dan bebas kusam, tanpa membuatnya menjadi kering. Meskipun berasal dari bahan alami seperti buah-buahan, pemilik kulit sensitif harus berhati-hati sebelum menggunakan malic acid karena kandungan ini dapat memicu iritasi. Berikut manfaat malic acid untuk wajah, antara lain:

1. Menyeimbangkan Kadar PH

Malic acid berfungsi sebagai hydrating guna untuk menjaga kelembapan kulit agar tetep terhidrasi. Bahkan asam ini banyak dimanfaatkan untuk membuat produk skincare dan kosmetik. Hal ini karena malic acid memiliki kadar pH yang lebih seimbang daripada asam lainnya, seperti asam sitrat dan asam laktat.

2. Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Aktivitas yang padat membuat seseorang menjadi stress. Sehingga mengakibatkan kondisi kulit memburuk yang ditandai dengan timbulnya jerawat, menimbulkan garis halus, serta eczema. Jika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya gunakan malic acid yang bisa mencerahkan sekaligus menghaluskan kulit.

3. Mengobati Jerawat

Manfaat malic acid untuk wajah yang ketiga yaitu mampu membersihkan bakteri, kotoran serta sel kulit mati yang tersumbat di dalam pori-pori yang dapat memicu timbulnya jerawat.

4. Anti Aging

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa malic acid adalah salah satu bagian dari AHA. Kandungan ini bisa membantu proses peremajaan kulit, menghilangkan tanda-tanda penuaan dini, dan memperbaiki tekstur kulit agar lebih halus.

5. Masker Wajah

Malic acid juga bisa digunakan sebagai masker wajah alami. Apalagi juka dicampurkan dengan bahan-bahan alami yang tepat. Manfaat malic acid untuk wajah yang terakhir yaitu mampu melembapkan wajah, mengecilkan pori-pori.

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Almond Untuk Kecantikan Wajah

Leave a Reply