Kandungan Bersifat Comedogenic

Kandungan Bersifat Comedogenic yang Perlu Dihindari Kulit Rentan Jerawat

Evamulia – Perawatan Kulit  – Kandungan Bersifat Comedogenic – Memiliki kulit yang rentan berjerawat memang menjadi tugas tersendiri, apalagi dalam hal memilih produk perawatan wajah. disamping harus mencari kandungan yang mampu menyembuhkan jerawat, kamu juga dituntut untuk memilih kandungan yang tepat agar jerawat tidak kembali muncul.

Jika selama ini proses perwatan wajah sudah dilakukan dengan maksimal, lantas abgaimana dengan produk skincare yang kamu gunakan? Apakah sudah menggunakan bahan-bahan yang aman dan bersifat non-comedogenic? Jika belum maka simak berikut ini beberapa kandungan pada skincare yang ternyata bersifat non-comedogenic tinggi.

Kandungan Bersifat Comedogenic yang Perlu Dihindari Kulit Rentan Jerawat

Alkohol

Alkohol memiliki kemampuan dalam hal menyerap minyak berlebih pada wajah, tetapi sayangnya efek instan yang dihasilkan justru dapat memberikan efek buruk jangka panjang bagi kulit. Karena selain bersifat comedogenic, penggunaan alkohol sebagai pembersih wajah juga dapat merusak kelembaban alami kulit.

Hasilnya, pertahanan kulit akan melemah dan kulit rentan terhadap infeksi dan iritasi. Alih-alih mengontrol minyak di wajah, yang ada justru jerawat malah dapat bertambah parah.

Silicone

Pada beberapa produk makeup, silikon memiliki fungsi yang besar dalam menciptakan kesan kulit yang tampak lebih halus. Seperti pada penggunaan primer yang dapat menutupi ketidak sempurnaan kulit dan membuat lapisan kulit menjadi lebih halus.

Tetapi sayangnya, jika kamu memiliki kulit acne-prone maka perlu berhati-hati dalam menggunakan produk berbahan ini. Pasalnya silicon memiliki sifat menyumbat pori-pori dan menjadikan kulit iritasi.

Apabila kamu terpaksa menggunakan primer, maka usahakan untuk melakukan pembersihan wajah secara menyeluruh dengan melakukan double cleansing sesudahnya. Rutin melakukan eksfoliasi setidaknya seminggu 2 kali juga tidak kalah penting untuk dilakukan.

Cocoa Butter

Selain coconut oil, salah satu kandungan bahan alami yang ternyata berpotensi besar dan tidak cocok untuk pemiliki jenis kulit acne prode. Meskipun dikenal karena kemampuannya dalam menghidrasi kulit, tatapi cocoa butter wajib dihindari dipakai langsung pada kulit wajah yang rentang berjerawat. Pasalnya, bahan alami ini termasuk kedalam kandungan comedogenic tingkat tinggi. Sebaiknya cukup oleskan cocoa butter sebagai pelembab tubuh, terutama pada bagian lipatan kulit.

Kandungan Minyak

Jika kamu pemilik kulit acne prone, maka kamu harus memastikan bahwa kosmetik yang kamu gunakan terhindar dari berbagai macam kandungan minyak. Ternyata minyak bersifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori serta menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, maka pilihlah produk kosmetik yang sudah pasti terbebas dari kandungan minyak.

Sodium Chloride

Sodium Chloride adalah nama lain dari garam. Hingga saat ini, memang ada produk yang menggunakan garam didalam kandungannya, biasanya Sodium Chloride ini digunakan untuk membuat produk menjadi lebih kenta.

Nah, salah satu produk yang biasanya ditambahkan Sodium Chloride adalah foundation. Efek buruk dari Sodium Chloride pada produk kosmetik bagi pemilik kulit berjerawat adalah dapat mengiritasi kulit. Sebelum kamu membeli foundation, maka cobalah amati terlebih dahulu apakah Sodium Chloride yang terkandung didalamnya sudah tepat dengan apa yang kamu inginkan.

Petrochemicals

Biasanya Petrochemicals ini terdapat pada produk kosmetik yang berbahan dasar dar Wax yang memiliki kandungan petrolerum. Kandungan ini dapat menyebabkan pore clogging pada pemilik kulit acne prone, sehingga dapat mengakibatkan kulit menjadi breakout.

Fragrances atau wewangian

Fragrances atau wewangian? Ternyata jika kamu memiliki kulit acne prone, maka kamu harus menghindari menggunakannya. Pasalnya, produk kosmetik yang mengandung wewangian dapat menyebabkan kulit teriritasi serta menjadi kering. Hasi akhirnya, kulit menjadi breakout pada kulit acne prone. Oleh karena itu, maka cobalah untuk menghindari penggunaan produk yang menggunakan wewangian atau Fragrances

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *