Terlalu Sering Facial Benarkah Dapat Merusak Kulit Wajah?

Terlalu Sering Facial, Benarkah Dapat Merusak Kulit Wajah?

Evamulia – Perawatan Kulit  – Terlalu Sering FacialFacial mungkin menjadi salah satu perawatan wajah yang saat ini sedang populer. Tetapi berberapa orang ada yang berpendapat bahwa treatment ini terkadang tidak memberikan hasil yang signifikan. Bahkan, efek facial dipercaya dapat merusak wajah apabila dilakukan teralu sering. Lantas, benarkah demikian?

Nah, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya apabila kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai facial itu sendiri.

Terlalu Sering Facial Benarkah Dapat Merusak Kulit Wajah?

Terlalu Sering Facial Benarkah Dapat Merusak Kulit Wajah?

Menurut Dr. Citra Roseno, tujuan facial ini adalah mengangkat sel lapisan kulit mati, mengembalikan keseimbangan minyak di kulit, mengeluarkan komedo, serta melembutkan kulit.

Secara umum, terdapat beberapa tahapan yang dilakukan dalam rangkaian facial diantaranya:

  • Cleansing

Cara ini dilakukan untuk membersihkan kotoran, debu serta sisa riasan di kulit.

  • Memijat Wajah

Pemijatan pada wajah hanya boleh dilakukan pada kulit yang tidak sedang berjerawat. Tujuannya adalah untuk melancarkan peredaran darah pada bagian bawah kulit, menjaga elastisitas kulit serta memberikan efek relaksasi pada kulit.

  • Eksfoliasi

Pada tahap ini, eksfoliasi sangat bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru serta melembutkan kulit. Sesuai dengan kondisi kulit, maka terdapat dua eksfoliasi atau peeling, pertama adalah chemical peeling dengan AHA/BHA dan yang kedua yaitu Eksfoliasi dengan bantuan scrub yang dikhususkan untuk wajah.

  • Ekstraksi Komedo

Munculnya komedo diakibatkan terumbatnya pori-pori oleh penumpukan sel kulit mati, produksi minyak berlebih, kotoran bahkan bisa disebabkan oleh produk kosmetik. Ekstraksi atau pengeluaran komedo harus dilakukan dengan teknik khusus oleh ahli kecantikan atau dokter spesialis kulit. Hal ini bertujuan untuk mencegah cedera yang mungkin terjadi pada jaringan kulit serta meninggalkan bekas.

Apakah Boleh Facial Ketika Wajah Sedang Berjerawat?

Dikutip dari The Health Site, menurut seorang ahli bernama Dr. Sejal Shah mengatakan jika orang berusia dibawah 18 tahun tidak perlu melakukan facial. Pasalnya, kulit pada usia tersebut hanya membutuhkan perawatan yang baik untuk menghasilkan kulit wajah yang sehat.

Sedangkan mereka yang berusia diatas 18 tahun, tetapi masih di bawah usia 30 tahun maka bisa mendapatkan facial sebanyak dua bulan sekali. Lantas, bagaimana dengan mereka yang berusia lebih dari 30 tahun? Dr. Sejal Shah mengatakan jika treatment tersebut dapat dilakukan satu bulan sekali.

Jika melakukannya sebanyak 2-3 minggu sekali atau bahkan satu minggu sekali, maka bisa dikatakan hal tersebut merupakan tindakan yang berlebihan dan dapat menimbulkan efek samping. Adapun beberapa kondisi yang dihasilkan akibat terlalu sering facial diantaranya.

Pori-pori Membesar dan Seperti Berlubang

Salah satu tahapan dari facial adalah mengekstraksi komedo dengan cara memencet secara paksa. Apabila proses pengambilan komedo tersebut dilakukan terlalu sering, maka pori-pori justru semakin membesar dan terlihat seperti berlubang.

Membuat Kulit Kemerahan

Efek dari terlalu rutin facial selanjutnya yang umum terjadi adalah kulit wajah menjadi kemerahan. Kondisi tersebut disebabkan karena tekanan dari pengelupasan kulit dan ekstraksi selama proses facial. Semakin sering melakukannya, maka semakin merah pula kulit yang dipencetnya.

Menjadikan Kulit Kering

Tentunya facial dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak alami pada kulit. Tetapi sayangnya jika facial dilakukan teralu sering, maka dapat membuat kulit berubah menjadi kering. Bahkan bisa mengakibatkan gatal-gatal di wajhag. Kondisi tersebut dipicu oleh pengelupasan kulit yang dilakukan secara terus-menerus.

Timbul Jaringan Parut

Ahli kecantikan yang tidak terampil justru dapat mengakibatkan kulit menjadi rusak. Alhasil, kulit menjadi terinfeksi serta muncul jaringan parut pada wajah. Jadi, berhati-hatilah jika kamu sering melakukan facial di tempat yang kurang meyakinkan.

Menimbulkan Banyak Jerawat

Apabila kamu hanya memiliki beberapa jerwat yang kecil dan tidak meradang, maka kamu tetap boleh melakukan facial dengan ekstraksi komedo. Selain itu, gunakan juga masker yang dapat mengurangi bakteri P.acnes.

Tetapi apabila jerawat yang kamu miliki adalah jerawat yang meradang, maka itkdakan ekstraksi tidak boleh dilakukan. Pasalnya, hal tersebut dapat mengakibatakan infeksi serta dapat membuat jerawat menjadi semakin banyak. Selain itu, keadaan tersebut justru dapat membuat parah kondisi kesehatan wajah.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai terlalu sering facial. Sebaiknya, lakukanlah facial di klinik kecantikan profesional, sehingga kamu semakin terhindar dari risiko-risiko yang tidak di inginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *