Masker Susu Kental ManisMasker Susu Kental Manis

Efek Samping Masker Susu Kental Manis yang Patut Diwaspadai

Evamulia Masker Susu Kental Manis – Susu termasuk kedalam salah satu minuman favorit hampir semua orang, baik itu susu murni maupun produk turunannya seperti keju, yogurt, es krim, dll. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati susu dengan bebas, karena beberapa orang menderita intoleransi laktosa, yaitu ketidakmampuan pencernaan. Di sisi lain, bagi orang yang intoleran, mereka dapat dengan bebas mengonsumsi berbagai jenis susu bahkan dapat digunakan sebagai salah satu cara memutihkan wajah secara alami dengan susu.

Namun meski begitu, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni bagaimana cara bereaksi nya susu terhadap kulit yang bisa jadi cukup merepotkan. Pasalnya, kandungan protein susu sangat tinggi sehingga sulit dicerna dan menyebabkan alergi.

Orang yang alergi susu selalu berisiko mengalami reaksi alergi, apalagi jika menggunakan susu sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit. Manfaat susu untuk kecantikan memang sudah terkenal sebagai bahan untuk kulit, terutama kulit wajah. Berbagai jenis susu dapat digunakan, termasuk susu kental manis, juga dikenal sebagai susu kaleng.

Apakah Itu Susu Kental Manis?

Susu kental manis adalah produk turunan susu berupa cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian kadar air susu dan menambahkan gula hingga mencapai tingkat konsentrasi tertentu, yaitu dengan menambahkan bahan lain atau tidak.

Tekstur susu kental manis ini diperoleh setelah susu dipanaskan pada suhu tinggi hingga kadar airnya hilang hingga 60%. Setelah itu ditambahkan gula pasir hingga warna susu berubah menjadi agak kecoklatan dan rasanya sangat manis.

Kandungan gula pada susu kental manis bisa mencapai 45% – 56%, dan kandungan lemaknya sekitar 43% – 48% per kemasan kaleng, yang digunakan untuk menambah lama penyimpanan agar lebih awet dan tahan lama.

Saat ini, Badan POM telah mengklaim bahwa itu adalah produk susu tetapi hanya semacam krim manis kental karena kandungan gulanya jauh lebih tinggi daripada kandungan susu, serta kandungan protein yang jauh lebih rendah daripada susu murni atau susu bubuk. Oleh karena itu, susu kental manis merupakan jenis susu yang cocok dikonsumsi bayi dan anak kecil.

Apakah Susu Kental Manis Baik Untuk Masker Wajah?

Susu kental manis merupakan susu yang sangat terjangkau dan mudah didapatkan. Saat ini sudah banyak tutorial cara menggunakan susu kental manis untuk digunakan sebagai masker wajah. Tapi, benarkah susu kental manis bisa mengatasi berbagai masalah pada wajah? Efek samping masker susu kental manis sangat mungkin terjadi jika digunakan pada wajah, karena susu kental manis sebenarnya tidak murni, tetapi beberapa bahan lain dicampur menjadi satu. Sedangkan yang biasanya dipilih sebagai bahan masker biasanya susu murni tanpa campuran apapun. Efek samping masker susu kental manis yang dapat terjadi saat digunakan pada kulit wajah antara lain:

Menyebabkan jerawat

Pemerahan biasanya dilakukan pada sapi yang sedang hamil agar susu yang menghasilkan hormon IGF-1 yang melimpah. Walaupun hormon ini bekerja sangat baik untuk pertumbuhan anak sapi, namun efeknya akan berbeda jika dikonsumsi oleh manusia, karena dapat meningkatkan produksi sebum berlebih yang akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Meski tidak dipilih, efek samping masker susu kental manis pada wajah juga bisa berakibat sama. Selain itu, sel kulit mati akan cenderung lebih menempel pada kulit sehingga akan sulit untuk dihilangkan dan menyumbat pori-pori di wajah.

Memicu Penuaan Dini

Produk susu masih mengandung hormon yang cenderung memicu peradangan dan oksidasi pada sel-sel tubuh. Akibat penuaan dini, tanda-tanda akan muncul berupa garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Susu kental manis mengandung banyak gula, sehingga efek samping dari masker kental manis dapat menyebabkan kerutan pada kulit karena kehilangan elastisitas. Penyebab hilangnya elastisitas pada kulit adalah karena berkurangnya kolagen dan elastin pada kulit. Ada juga bahaya bertatap muka dengan penari dan bahaya bertatap muka dengan anak sapi perah yang perlu diwaspadai sebelum terjadi.

Iritasi kulit

Menggunakan susu kental manis pada wajah bisa menjadi salah satu penyebab iritasi pada wajah. Kondisi atau peradangan setiap orang akan berbeda-beda, mulai dari ruam sederhana yang gatal hingga eksim. Efek samping dari masker susu kental manis kali ini akan sangat berbeda, dan Anda bisa menelusuri penyebabnya sambil menghentikan pemakaian masker untuk sementara.

Eksim

Eksim adalah masalah kulit serius yang bisa disebabkan oleh jerawat. Ketika seseorang memiliki alergi susu, tubuh mereka mulai memproduksi histamin, zat kimia yang kemudian menyebabkan berbagai reaksi alergi, termasuk eksim. Akibatnya, kulit akan mengalami iritasi dan peradangan yang parah. Karena itu tidak perlu dilakukan cara membuat masker susu bagi penderita alergi susu. Waspadai juga efek samping pemutihan tubuh yang dilakukan pada kulit tubuh.

Jika Anda termasuk orang yang alergi terhadap produk susu, Anda harus mewaspadai efek samping dari masker susu manis ini. Karena susu yang paling aman untuk perawatan kulit adalah susu murni tanpa bahan tambahan, efek penggunaan susu kental manis sebagai masker mungkin tidak akan menghasilkan perubahan apa pun, atau bahkan dapat memengaruhi Anda. Selalu lakukan tes alergi sebelum menggunakan susu kental manis atau susu lainnya untuk digunakan sebagai masker wajah. Karena sampai saat ini belum ada pengobatan untuk alergi. Hanya ada satu pengobatan untuk meredakan gejala alergi yang dialami penderitanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *