Cara Menghilangkan Jerawat Kistik Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Kistik Secara Alami

Eva Mulia Clinic – Cara Menghilangkan Jerawat – Salah satu jenis jerawat yang paling membandel adalah jerawat kistik. Jerawat batu tidak mudah hilang jika tidak ditangani dengan perawatan dan penanganan yang tepat. Jerawat kistik bernanah ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja, baik di dahi, telinga, tangan, kepala, atau bagian tubuh lainnya. Sebelum melanjutkan perawatan, Anda perlu mengempeskan jerawat batu terlebih dahulu, berikut ulasannya untuk Anda!

Cara menghilangkan jerawat batu

Jika Anda memiliki jerawat batu, sebaiknya jangan melakukan kebiasaan yang bisa menyebabkan kondisi jerawat semakin parah, seperti kebiasaan berikut ini:

  • Sering memegang atau memencet jerawat karena hanya akan meningkatkan risiko infeksi. Tangan yang kotor dan tidak steril akan mengundang bakteri lain
  • Terlalu sering mencuci muka juga akan memperparah jerawat
  • Munculnya infeksi sekunder
  • Anda memiliki riwayat jenis jerawat yang parah.

Untuk menghilangkan jerawat batu, berikut cara-caranya, yaitu:

Es

Sejak awal, es batu dikenal sebagai bahan paling ampuh untuk meredakan bengkak, terutama jerawat. Dengan mengompres jerawat batu dengan es batu, jerawat batu yang meradang bisa menjadi lebih kecil atau lebih kecil. Penyebabnya adalah karena suhu dingin es batu. Pengaruh suhu dingin dapat menyebabkan metabolisme dan semua proses di dalam sel menjadi terhambat. Selain itu, suhu juga mampu mempersempit pembuluh darah sehingga proses inflamasi dan pembengkakan yang terjadi bisa sedikit berkurang. Pada jenis jerawat ringan, isi jerawat dihilangkan terlebih dahulu kemudian jerawat batu dikompres dengan es batu. Namun, tidak semua jenis jerawat yang bisa dipencet bisa langsung sembuh, karena nantinya akan menimbulkan luka hitam dan bopeng.

Oleskan minyak pohon teh

Oleskan Tea Tree Oil

Selain es batu, Anda juga bisa menggunakan Tea Tree Oil untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat. Tea Tree Oil mengandung sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat digunakan untuk mengurangi jerawat. Tea Tree Oil efektif mengobati hingga meresap ke dalam pori-pori kulit untuk menghentikan infeksi, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi pembengkakan. Namun, Tea Tree Oil adalah minyak keras.

Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan tea tree oil karena tidak boleh digunakan sembarangan. Untuk mengetahui cara menggunakannya, Anda bisa mencobanya sedikit terlebih dahulu pada kulit tangan Anda. Jika terjadi iritasi, jangan terus menggunakannya. Jika tidak ada iritasi, cukup gunakan Tea Tree Oil pada jerawat batu dengan kapas. Biarkan kering. Dan tunggu sampai jerawat batu bisa mengempis keesokan harinya.

Masker madu

Sejak dulu, madu sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Selain digunakan untuk mengobati dan mempercepat penyembuhan luka, madu juga dapat meredakan peradangan dan membunuh bakteri, termasuk penyebab jerawat. Jika Anda memiliki banyak jerawat, gunakan madu sebagai masker. Namun, jika Anda hanya memiliki satu jerawat, Anda bisa mengaplikasikannya langsung ke tempat jerawat tersebut. Madu juga bisa dicampur dengan kayu manis untuk memaksimalkan penyembuhan.

Kayu manis mengandung antimikroba sehingga campuran madu dan kayu manis dapat mencegah infeksi bakteri dan peradangan jerawat dapat diatasi. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan madu yang dicampur dengan kayu manis cukup dengan membuat takaran 1:1, lalu diaduk hingga terbentuk pasta. Oleskan masker pada area yang berjerawat, lalu diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Itulah cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *