image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Cara Menggunakan Minyak Esensial - Minyak esensial adalah senyawa aromatik yang mudah menguap. Biasanya diekstrak dari kulit kayu, bunga, daun, biji, akar, batang dan berbagai tanaman lainnya. Manfaat dari minyak esensial bermacam-macam, dari mulai memperbaiki hingga mengobatai beberapa masalah pada tubuh kita.

Cara Menggunakan Minyak Esensial

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Cara Menggunakan Minyak Esensial Minyak esensial adalah senyawa aromatik yang mudah menguap. Biasanya diekstrak dari kulit kayu, bunga, daun, biji, akar, batang dan berbagai tanaman lainnya. Manfaat dari minyak esensial bermacam-macam, dari mulai memperbaiki hingga mengobatai beberapa masalah pada tubuh kita.

Cara menggunakan minyak esensial bermacam-macam, tergantung pada efek yang diinginkan dan jenis minyak esensial yang kalian miliki. Untuk kalian yang baru mencoba minyak esensial, jangan bimbang. Berikut adalah beberapa cara menggunkana minyak esensial yang mungkin bisa dijadikan referensi kalian.

Cara Menggunakan Minyak Esensial

Dioleskan

Minyak esensial juga bisa digunakan dengan mengoleskannya ke kulit. Mengoleskan dan memijat bagian tertentu dapat melancarkan sirkulasi darah di area tersebut dan minyak minyak terserap dengan baik. Akan tetapi perlu diingat, jangan sekali-kali mengaplikasikan minyak esensial ke kulit tanpa mengencerkannya dengan minyak pembawa (misalnya minyak kelapa atau minyak zaitun).

Pasalnya, hal ini ini bisa mengakibatkan kulit mengalami iritasi yang cukup parah. Selain itu itu, usahakan untuk tes alergi sebelum mengoleskannya ke kulit kalian. Caranya dengan mengoleskan minyak esensial yang sudah diencerkan dengan minyak pembawa pada kulit lengan. Kemudian, tunggu reaksinya sekitar 24 hingga 48 jam. Jika kulit tidak merasakan masalah apa pun seperti kemerahan atau gatal-gatal, maka minyak ini aman untuk kalian gunakan pada bagian tubuh yang lain.

Dihirup

Caranya dengan memasukkannya ke dalam wadah yang disebut diffuser, semprotan, atau diteteskan ke dalam baskom yang berisi air panas. Cara yang satu ini banyak digunakan untuk mengatasi suasana hati yang sedang buruk atau sedang mengalami ketenangan. Selain itu, mencium minyak ini dapat berfungsi sebagai disinfeksi pernapasan dan dekongestan (melegakan pernapasan).

Di samping menghasilkan aroma wangi yang menyenangkan, menghirup minyak esensial dapat membuat sistem penciuman, hidung dan otak. Ketika molekul yang kalian hirup sampai otak, seringkali sistem limbik akan terangsang.

Sistem limbik adalah bagian dari dasar yang mengatur emosi, denyut jantung, tekanan darah, pernapasan, ingatan, stres, dan hormon. Dengan begitu, minyak esensial dapat berefek pada tubuh secara keseluruhan.

Dicampur Dalam Bak Mandi

Kalian juga bisa menggabungkan manfaat dari cara di atas dengan meneteskan minyak esensial ke dalam bak mandi air hangat. Dengan begitu, kalian bisa menghirup aromanya sekaligus membantu minyak untuk meresap ke dalam kulit.

Akan tetapi selalu berhati-hati jika kulit kalian sedang mengalami iritasi, reaksi alergi, atau memiliki lukanya. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum kalian mandi atau berendam dengan minyak esensial.

Leave a Reply