Berapa Lama Tidak Boleh Memakai Skincare Setelah Facial?

Merawat diri merupakan hal yang penting, termasuk merawat kesehatan kulit wajah. Salah satu cara untuk memanjakan wajah adalah dengan melakukan facial. Facial diyakini dapat membantu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan membuat wajah tampak lebih cerah dan bersinar.

Namun, setelah melakukan facial, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah kapan waktu yang tepat untuk kembali menggunakan skincare.

Berapa Lama Tidak Boleh Memakai Skincare Setelah Facial?

Manfaat Hyaluronic Acid

Pada umumnya, disarankan untuk tidak menggunakan skincare selama 1-2 hari setelah facial. Hal ini dikarenakan kulit wajah sedang dalam proses pemulihan setelah mengalami ekstraksi komedo, jerawat, atau sel kulit mati.

Alasan Mengapa Penting Menunggu:

  • Kulit Sensitif: Facial dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif dan mudah iritasi. Penggunaan skincare yang mengandung bahan aktif, seperti retinol, AHA, atau BHA, dapat memperparah iritasi dan membuat kulit terasa perih atau gatal.
  • Pori-pori Terbuka: Facial biasanya melibatkan proses ekstraksi komedo dan jerawat. Hal ini dapat membuat pori-pori wajah terbuka lebar. Penggunaan skincare, terutama produk yang mengandung minyak atau silikon, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo atau jerawat baru.
  • Proses Pemulihan: Setelah facial, kulit wajah membutuhkan waktu untuk pulih dan kembali ke kondisi normal. Penggunaan skincare terlalu cepat dapat mengganggu proses pemulihan ini.

Tips Menggunakan Skincare Setelah Facial:

  • Pembersih Lembut: Gunakan pembersih yang lembut dan tidak mengandung sabun. Hindari pembersih yang mengandung scrub atau bahan aktif keras lainnya.
  • Toner Bebas Alkohol: Gunakan toner yang bebas alkohol untuk membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkan kulit untuk langkah selanjutnya.
  • Serum dan Moisturizer Menenangkan: Gunakan serum dan moisturizer yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan seperti aloe verachamomile, atau hyaluronic acid. Bahan-bahan ini dapat membantu meredakan kemerahan, iritasi, dan menghidrasi kulit.
  • Hindari Bahan Aktif Keras: Hindari penggunaan produk yang mengandung retinolAHABHA, atau benzoyl peroxide selama beberapa hari setelah facial**. Bahan-bahan ini dapat membuat kulit lebih sensitif dan memperparah iritasi.
  • Tabir Surya: Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari** untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sinar matahari dapat memperlambat proses pemulihan dan memperparah kemerahan.
  • Perhatikan Reaksi Kulit: Perhatikan reaksi kulit Anda. Jika Anda mengalami iritasi, kemerahan, gatal, atau rasa perih yang parah, hentikan penggunaan produk tersebut dan konsultasikan dengan dokter kulit.
Baca Juga:  Efek Samping Masker Kopi Jika Dipakai Setiap Hari

Waktu Penggunaan Skincare Setelah Facial yang Berbeda:

  • Facial Ekstraksi Komedo: Tunggu 2-3 hari sebelum menggunakan skincare.
  • Chemical Peel Ringan: Tunggu 3-5 hari sebelum menggunakan skincare.
  • Microdermabrasion: Tunggu 5-7 hari sebelum menggunakan skincare.
  • Laser Skin Resurfacing: Tunggu 1-2 minggu sebelum menggunakan skincare.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Reaksi kulit terhadap facial dan skincare juga dapat berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan memperhatikan reaksi kulit Anda. Jika Anda ragu, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran yang tepat.

Waktu yang Tepat Memakai Skincare Setelah Facial

Menunggu 1-2 hari adalah waktu yang tepat untuk kembali menggunakan skincare setelah facial. Gunakan produk yang lembut dan tidak mengandung bahan aktif keras untuk membantu kulit pulih dan kembali ke kondisi normal. Perhatikan reaksi kulit Anda dan konsultasikan dengan dokter kulit jika Anda ragu.