Maskeran Setiap Hari

Apakah Boleh Maskeran Setiap Hari? Inilah Jawaban Menurut Para ahli

Eva Mulia Clini c – Maskeran Setiap Hari – Saat ini, penggunaan masker sudah menjadi langkah umum dalam perawatan kulit. Dengan berbagai macam masker, Anda bisa memilih jenis masker yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menurut American Academy of Dermatology, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda akan membantu menutrisi dan membuatnya lebih cantik.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya apakah benar-benar aman memakai masker setiap hari atau hanya beberapa kali seminggu. Yuk, cari tahu penjelasan masker sehari-hari dan seberapa sering sebaiknya memakai masker ideal berikut ini.

Bolehkah Maskeran Setiap Hari?

Apakah Boleh Maskeran Setiap Hari

Semua orang tentunya menginginkan kulit yang sehat, bersih, bebas jerawat, bukan? Selain itu, banyak orang memakai masker setiap hari untuk mencapai hasil ini. Anda mungkin pernah mendengarnya, beberapa orang di Korea membuat masker setiap hari atau bahkan dua kali sehari.

Pakar kecantikan Korea menghargai kebiasaan masker harian sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian mereka. Menurutnya, masker harian adalah cara paling efektif untuk menjaga kulit tetap halus, bercahaya dan bebas jerawat.

Namun sebenarnya, apakah boleh maskeran setiap hari dan bukankah hal tersebut dapat membuat lapisan kulit kita menjadi semakin tipis?

Masker harian diperbolehkan untuk kulit normal dan tidak sensitif. Seorang dokter kulit mengatakan bahwa masker lembar harian boleh saja asalkan tidak mengandung asam glikolat.

Asam glikolat adalah zat alami yang biasa digunakan dalam produk perawatan kulit. Asam glikolat memberikan manfaat dari peremajaan hingga hidrasi.

Namun, asamnya bisa terlalu kuat untuk penggunaan sehari-hari dan menyebabkan iritasi. Kandungan ini dapat ditemukan pada masker anti aging yang mengandung asam glikolat pengelupasan.

Masker harian dapat membantu meningkatkan kadar hidrasi kulit dari bahan penyerap secara optimal. Dengan menggunakan masker harian, Anda dapat menikmati hasil yang sama seperti jika Anda menggunakan wajah setiap hari. Tapi itu tidak berlaku untuk kulit sensitif.

Hal tersebut dikarenakan masker harian dapat menyebabkan iritasi kulit karena sering mengandung bahan pengawet dan bahan-bahan tertentu yang menembus kulit.

Debra Jaliman, seorang dokter kulit di New York City, “Masker harian tidak dikembangkan untuk wajah yang rawan jerawat. Masker ini bisa memperburuk jerawat karena oklusif dan bisa menyumbat pori-pori,” jelasnya.

Menurutnya, maskeran setiap hari untuk wajah berjerawat dapat menyebabkan bakteri tumbuh di kulit. Menurutnya, maskeran seminggu sekali saja sudah cukup.

Dampak Negatif Maskeran Setiap Hari

Bisakah memakai masker setiap hari? Tentu saja bisa, tetapi itu tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan Anda.

Masker wajah paling baik digunakan seminggu sekali, sementara yang lain dapat digunakan lebih sering, hingga 3 kali seminggu.Lantas apa dampak masker harian untuk kulit sensitif atau apakah itu penting? Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin Anda alami.

Kulit Menjadi Kering

Maskeran setiap harinya pada kulit sensitif dan berjerawat dapat menyebabkan minyak pada wajah menipis. Hal tersebut tentunya dapat membuat kulit semakin kering dan terasa sepereti tertarik.

Memakai masker terlalu sering juga dapat menyebabkan kulit kehilangkan kelembapanya. Sedangkan fungsi dari masker itu sendiri adalah melembabkan, namun karena maskeran setiap hari justru kebalikannya.

Oleh karena itu, jangan memaksakan kehendak atau mengikuti orang lain.

Iritasi Kulit

Biasanya, sheet mask mengandung alkohol yang cukup banyak. Kandungan ini tidak serta merta dapat diterima di semua jenis kulit. Maskeran setiap hari pada kulit sensitif ataupun berjerawat dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit akibat kandungan alkohol pada masker.

Hal ini tentunya berpengaruh pada kesehatan kulit dan memicu merah-merah, rasa gatal dan timbulnya jerawat kecil di area wajah. Kulit yang terkena iritasi dapat menimbulkan masalah lainnya.

Menimbulkan jerawat

Rajin maskeran setiap hari agar memiliki wajah yang bersih dan sehat, tetapi malah kebalikannya? Tentu tidak mau bukan.

Nah, untuk wajah yang sensitif, maka maskeran cukup 1-2 kali dalam seminggu saja. Maskeran setiap hari dapat menyumbat pori-pori, sehingga meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *