Bolehkah Memakai Dua Sabun Wajah

Apa Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam?

Eva Mulia Clinic – Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam – Membersihkan wajah dengan sabun wajah merupakan langkah yang sangat penting dalam perawatan kulit. Cuci muka yang tepat akan membersihkan kulit dari kotoran, sisa make up, dan polusi yang menempel.

Tapi tahukah Anda perbedaan antara pembersih wajah dan facial foam untuk membersihkan wajah?

Nah, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara facial wash dan Facial Foam. Keduanya terlihat sama namun memiliki fungsi yang berbeda lho.

Mari kita lihat perbedaan Face Wash dan Facial Foam di bawah ini.

Perbedaan Antara Face Wash dan Facial Foam

Mungkin Anda masih bingung membedakan Face Wash dan Facial Foam. Meski sama-sama mirip, namun memiliki kegunaan yang berbeda tergantung jenis kulitnya. Yuk simak penjelasannya!

Pembersih muka

Perbedaan pertama antara Face Wash dan Facial Foam adalah berdasarkan jenis kulit masing-masing.

Jika facial foam direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak, maka facial wash lebih direkomendasikan untuk mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Pembersih wajah adalah sabun pembersih wajah yang bertujuan untuk memurnikan, melembabkan dan menenangkan kulit. Teksturnya cream, milk, gel, bahkan cair.

Meski fungsinya sama untuk membersihkan wajah, namun perbedaan Face Wash dan Facial Foam adalah kandungan bahan yang dapat menjaga kelembapan kulit. Pembersih wajah terdiri dari dua bentuk, yaitu gel dan krim.

“Pada umumnya creamy Face Wash mengandung moisturizer yang efektif untuk membuat wajah lembut dan terhidrasi. Sedangkan gel Face Wash memiliki tekstur gel yang ringan untuk membersihkan wajah,” ujar dermatologist Dr Elizabeth L Tanzi dari Baltimore.

Nah, perbedaan Face Wash dan Facial Foam adalah cara penggunaannya, Face Wash merupakan pembersih wajah dengan cara mengoleskan produk langsung pada wajah dan dapat digunakan dengan aman setiap hari. Itu tidak mengeringkan kulit, itu menghidrasi itu.

Gel pembersih wajah cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitif yang rentan terhadap jerawat. Sedangkan bagi yang memiliki kulit sensitif bisa menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung deterjen.

Perbedaan Face Wash dengan Facial Foam lainnya bisa dilihat dari fungsi lain selain menghilangkan kotoran pada wajah.

Jika kulit Anda berjerawat, menggunakan gel pembersih wajah akan membantu mengurangi jerawat. Gunakan gel pembersih wajah yang mengandung bahan anti jerawat.

Pembersih wajah merupakan produk yang memiliki fungsi mencegah iritasi, menjaga kesegaran dan hidrasi alami wajah. Karena sifatnya yang melembapkan, sangat cocok untuk kulit kering dan sensitif.

2. Busa wajah

Jadi, jika Anda melihat perbedaan antara pembersih wajah dan busa wajah, busa wajah adalah krim berbusa yang lembut.

Produk ini bisa digunakan setiap hari karena memiliki fungsi utama sabun untuk membersihkan segala kotoran atau sisa make up yang menempel di wajah. Itu tidak bisa sepenuhnya bersih.

Jika make-up kental, pembersihan harus dibantu dengan make-up remover, make-up remover oil atau cleansing balm.

Perbedaan pembersih wajah dengan Facial Foam adalah cara pemakaiannya, Facial Foam sebaiknya dioleskan terlebih dahulu pada telapak tangan, atau jika sudah dilengkapi dengan pabrik pembuatnya tinggal tuang ke telapak tangan lalu ratakan. merata ke seluruh permukaan wajah.

Beberapa produk facial foam memiliki fungsi tambahan yaitu mengontrol minyak berlebih dan mencerahkan kulit. Apalagi busa facial foamnya juga ampuh menghilangkan minyak berlebih di wajah.

“Penggunaan facial foam cocok untuk orang yang kulitnya berminyak dan berjerawat berlebihan. Karena facial foam mampu menyerap minyak dan sebum berlebih,” tambah dr Elizabeth.

Selain itu, facial foam merupakan pembersih wajah yang juga efektif untuk mengangkat kotoran atau sel kulit mati yang terperangkap di pori-pori kulit.

Jadi bagi anda yang memiliki kulit wajah dan kecantikan sangat efektif menggunakan facial foam sebagai rangkaian pembersih wajah sehari-hari.

Tips membersihkan wajah

Setelah mengetahui perbedaan Face Wash dan Facial Foam, Anda harus mengetahui teknik dan cara membersihkan wajah yang benar.

Kedengarannya mudah, tapi ternyata ada cara dan langkah efektif membersihkan wajah lho.

Membersihkan riasan

Pastikan sebelum membersihkan wajah, untuk menghilangkan semua kotoran dan sisa makeup yang menempel di wajah agar sebersih mungkin.

Kamu bisa menggunakan micellar water atau cleansing oil untuk menghilangkan kotoran dan sisa makeup. Gunakan kapas untuk membersihkan sisa riasan secara menyeluruh dari mata hingga bibir.

Dengan wajah yang bersih, produk pembersih wajah seperti Face Wash dan Facial Foam akan lebih mudah diserap kulit.

Bersihkan secara merata hingga ke leher

Anda hanya perlu tahu perbedaan antara pencuci muka dan busa wajah, Anda juga perlu tahu cara menggunakan produk ini. Banyak dari kita yang masih salah dalam membersihkan wajah dengan benar.

Gunakan jari Anda untuk membersihkan wajah secara merata ke seluruh permukaan wajah hingga ke leher agar tidak membuat diri Anda iritasi. Penggunaan kuku tidak dianjurkan karena dapat merusak lapisan kulit wajah. Bersihkan wajah seperti pijatan lembut untuk relaksasi.

Mengutip American Academy of Dermatology (AAD), para ahli merekomendasikan untuk mencuci muka dua kali di pagi hari dan sebelum tidur.

Menggunakan pembersih wajah terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering dan teriritasi.

Keringkan dengan handuk lembut

Nah, setelah membersihkan wajah dengan air mengalir, tepuk-tepuk dengan lembut untuk mengadu. Disarankan untuk menggunakan serbet alih-alih tisu untuk memperburuk situasi.

Tisu kertas sering mengandung parfum dan dapat mengiritasi kulit. Selain itu, serat halus pada kain juga bisa meninggalkan residu di wajah.

Dengan mengangkat wajah, kulit wajah langsung kencang dan kencang. Penggunaan produk perawatan kulit selanjutnya menjadi lebih efektif karena wajah bersih dan kering karena air.

Menurut AAD, ada beberapa tips lain untuk membersihkan wajah, yaitu:

Gunakan sabun wajah yang lembut, ringan, dan bebas alkohol

Basahi wajah Anda dengan air suhu kamar dan gunakan ujung jari Anda untuk membersihkan wajah Anda. Menggunakan handuk, spons, atau apa pun selain jari Anda akan mengiritasi kulit

  • mengatasi gesekan karena dapat mengiritasi kulit
  • Bilas dengan air dan keringkan dengan handuk lembut
  • Oleskan pelembab segera setelah mencuci muka
  • Cukup dengan membersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan sore hari. Cuci muka juga setelahnya

Nah, sekarang saya sudah tahu bedanya Face Wash dan face mousse kan?

Saat memilih produk perawatan kulit, perhatikan kesesuaian kulit setelah menggunakan produk tersebut.

Jika kemerahan, benjolan dan kesemutan muncul, ini menunjukkan iritasi. Segera hentikan dan temui dokter kulit segera untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.