Apa Manfaat Skin Booster Selain Meremajakan Kulit Wajah?

Eva Mulia Clinic – Manfaat Skin – Skin booster adalah perawatan kulit dengan menyuntikkan hyaluronic acid ke dalam lapisan kulit untuk mendapatkan kulit yang kencang dan awet muda.

Untuk mendapatkan kulit yang kencang dan awet muda, kamu bisa melakukan metode skin booster. Sebenarnya apa sih skin booster ini dan apa manfaatnya untuk kulit? Perawatan skin booster adalah perawatan kulit yang dilakukan dengan menyuntikkan zat asam ke dalam kulit. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apakah Itu Skin Booster?

Apa Manfaat Skin Booster Selain Meremajakan Kulit Wajah?

Skin booster adalah konsep perawatan kulit yang terdiri dari menyuntikkan hyaluronic acid atau hyaluronic acid dosis rendah ke lapisan atas kulit (dermis). Dengan meningkatkan kadar Hyaluronic Acid pada kulit, maka akan merangsang produksi kolagen sehingga kulit tidak mudah berkerut.

Nah, skin booster ini akan menjaga kelembapan kulit Anda, menunda atau bahkan membalikkan efek penuaan pada kulit Anda. Oleh karena itu, perawatan ini dapat dilakukan oleh semua usia, orang tua yang memiliki kerutan atau mereka yang ingin mencegah terjadinya kerutan.

Apa Saja Manfaat Skin Booster?

Sebenarnya Hyaluronic Acid ini adalah zat yang sudah ada pada kulit manusia terutama pada jaringan sekitar mata. Semakin tinggi kandungan Hyaluronic Acid dalam kulit maka semakin kenyal dan lembap kulit sehingga kulit terhindar dari kerutan dan penuaan.

Hyaluronic Acid dari kulit manusia diekstraksi dan diformulasikan untuk meremajakan kulit, terutama sebagai filler. Nah, filler ini mengandung Hyaluronic Acid dalam bentuk gel dan sangat lembut di kulit. Sekarang, skin booster yang mengandung Hyaluronic Acid dicampur dengan lidocaine untuk meminimalkan ketidaknyamanan yang dirasakan selama injeksi.

Filler Hyaluronic Acid mampu menghaluskan kulit, mengurangi kerutan dan bekas luka. Berikut manfaat skin booster untuk mengatasi masalah kulit seperti:

  • Bekas jerawat
  • Kerutan di wajah
  • Pipi kempot
  • Garis halus senyuman
  • Fine lines
  • Bekas luka di wajah, dan
  • Membuat garis bibir baru
Baca Juga:  10 Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat secara Alami dan Aman

Hasil perawatan skin booster ini tidak bertahan selamanya, hanya bertahan 6-12 bulan saja. Maka dari itu, Kamu bisa melakukan injeksi ulang sesuai dengan rekomendasi dokter kulit. Treatment skin booster ini juga sangat disarankan untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

Apa Saja Efek Samping Skin Booster?

Selain memiliki manfaat, kamu juga harus mengetahui bahwa setelah melakukan treatment skin booster, kamu akan mengalami beberapa efek samping seperti :

  • Kulit kemerahan
  • Wajah bengkak
  • Gatal pada area injeksi/ suntikan
  • Nampak memar

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena efek samping skin booster ini akan segera hilang dengan sendirinya selama beberapa hari setelah kamu melakukan treatment ini.

Bagaimana Cara Skin Booster dilakukan?

Seperti halnya dermafiller, skin booster juga merupakan perawatan kecantikan yang aman selama dilakukan oleh dokter yang kompeten di klinik kecantikan terpercaya seperti Eva Mulia. Anda harus menonaktifkan pengisi Hyaluronic Acid yang digunakan untuk memenuhi standar farmasi yang ditetapkan oleh BPOM. Berikut beberapa tahapan skin booster di klinik kecantikan:

1. Evaluasi wajah

Dokter kulit akan menilai wajah dan titik-titik yang akan diperbaiki dengan skin booster. Bagian wajah yang akan mendapatkan perawatan skin booster akan ditandai dengan spidol kemudian difoto.

2. Membersihkan wajah dan membius area wajah

Sebelum memberikan skin booster asam hialuronat, dokter akan memastikan kulit dalam keadaan bersih dan steril. Wajah akan dibius secara lokal menggunakan suntikan atau salep anestesi, karena memasukkan pengisi Hyaluronic Acid dapat menyebabkan nyeri ringan hingga sedang.

3. Injeksi skin booster

Setelah semua prosedur perawatan selesai, dokter mulai menyuntikkan skin booster yang mengandung Hyaluronic Acid ke beberapa titik di wajah. Dokter akan memijat sedikit tempat suntikan, lalu menilai dan menambahkan pengisi ke tempat yang sama jika diperlukan.

Baca Juga:  Menghaluskan Tekstur Wajah: Tips dan Trik untuk Kulit yang Lebih Halus

Suntikan skin booster ini berlangsung selama 15 menit, bisa juga lebih lama tergantung banyaknya area wajah yang akan dirawat. Setelah selesai, wajah akan dibersihkan untuk menghilangkan bekas spidol atau suntikan.

Anda bisa mengompres wajah dengan es batu untuk mengurangi rasa sakit setelah mendapatkan suntikan skin booster. Wajah Anda mungkin membengkak selama beberapa hari, tetapi seharusnya tidak terlalu sakit, jadi Anda tidak perlu minum obat penghilang rasa sakit.

Apa Saja Pantangan Setelah Skin Booster?

  • Berikut pantangan yang tidak boleh dilakukan setelah skin booster:
  • Hindari kontak antara kulit wajah skin booster dan suhu panas seperti berjemur atau sauna
  • Jangan terlalu menekan wajahmu
  • Jangan gunakan AHA dan retinol selama 24 jam setelah akhir perawatan penguat kulit
  • Jangan mengkonsumsi alkohol setelah 24 jam perawatan skin booster
  • Terakhir, jangan lakukan physical atau chemical peeling dan facial

Nah, itulah penjelasan tentang skin booster. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jika ingin mencobanya, selalu pilih dokter dan klinik yang terpercaya!