image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Evamulia - Apa Itu Milia - Pengertian Milia - Milia adalah sekelompok tonjolan kecil, biasanya berwarna putih dan menggerombol banyak pada kulit wajah. Kondisi benjolan putih ini adalah kista kecil yang sering muncul di pipi, hidung, mata dan kelopak mata.

Apa Itu Milia?

Evamulia – Apa Itu Milia – Pengertian Milia – Milia adalah sekelompok tonjolan kecil, biasanya berwarna putih dan menggerombol banyak pada kulit wajah. Kondisi benjolan putih ini adalah kista kecil yang sering muncul di pipi, hidung, mata dan kelopak mata.

Milia juga bisa disebut sebagai kista kecil. Kondisi ini dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan usia, dimana tempat munculnya dan apa penyebab benjolan ini muncul.

Selain itu, jenis milia dibagi ke dalam kategori primer atau skunder. Seperti:

  • Milia primer terbentuk langsung dari keratin yang terperangkap dibawah kulit. Kista primer ini biasanya ditemukan pada wajah bayi atau orang dewasa.
  • Sedangkan jenis sekunder punya bentuk yang mirip dengan primer. Akan tetapi jenis sekunder berkembang setelah ssuatu menyumbat saluran yang mengarah ke permukaan kulit, seperti setelah cedera, terbakar atau melepuh.

Berikut adalah jenis-jenis Milia

Milia Neonatal

Jenis ini muncul pada bayi sehabis lahir. Milia ini merupakan kelenjar keringat yang belum berkembang. Ditambah lagi, masalah ini terjadi pada sekitar 50% bayi di dunia sehingga dianggap wajar dan akan hilang sendiri.

Milia Primer

Jenis milia ini dapat muncul pada anak-anak maupun orang dewasa. Milia primer sering muncul di kelopak mata, dahi, pipi atau alat kelamin. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak atau orang dewasa. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan kulit.

Milia Skunder atau Taraumatis

Jenis milia ini sering muncul disekitar luka, misalnya luka bakar atau ruam. Selain itu juga muncul setelah anda mengoleskan krim jenis tertentu macam krim kulit kortikosteroid. Lalu tonjolan putih kecil ini juga disebabkan karena paparan sinar matahari yang berlebihan.

Milia En Plaque

Kista kecil ini sangat langka, berkembang tumbuh bersamaan sehingga terlihat seperti terdapat pemukaan kulit yang meninggi. Jenis kista kecil ini umumnya menggumpal dengan kulit mati. Umumnya muncul di belakang telinga, pada kelopak mata, pipi atau rahang. Jenis milia en plaque cenderung mempengaruhi wanita paruh baya.

Milia Multiple Eruptive

Jenis Milia ini umumnya bisa hilang setelah berminggu minggu atau bahkan berbulan bulan dan juga tergolong sangat langka.

Milia Juvenille

Jenis milia juvenille adalah jenis yang disebabkan oleh kelainan genetik. Berikut adalah kondisi kelainan yang menjadi penyebabnya.

  • Sindrom karsinoma sel basal Nevoid. Sindrom ini dapat menyebabkan karsinoma sel basal (BCC).
  • Pachyonychia congenita. Kondisi ini dapat menyebabkan kuku tebal atau tidak normal.
  • Sindrom Gardner. Kelainan genetik langka ini dapat menyebabkan kanker usus besar seiring waktu.
  • Sindrom Bazex-DuprĂ©-Christol. Sindrom ini mempengaruhi pertumbuhan rambut dan kemampuan untuk berkeringat.

Leave a Reply