Tips Atasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

Tips Atasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

Eva Mulia Clinic – Tips Atasi Kulit Wajah Kering Secara Alami – Apakah Anda merasa kulit Anda kering, kasar, kusam, mengelupas, perih, atau bahkan gatal? Jika iya, berarti kamu memiliki kulit wajah yang kering. Kulit kering biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti hormon, keturunan atau genetik, lingkungan, suhu yang ekstrim (terlalu panas/dingin), atau penggunaan produk perawatan wajah yang tidak tepat.

Nah, untuk mengatasi masalah kulit kering, tentunya kamu perlu tahu cara merawat kulit kering di wajah yang benar. Yuk, simak cara lengkapnya di bawah ini!

Tips Atasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

Hindari Memakai Air Panas

Cara mengatasi kulit kering di wajah yang pertama adalah dengan menghindari mandi dengan udara yang terlalu panas. Memang benar, mandi air panas dapat menenangkan pikiran dan meredakan nyeri tubuh. Namun jika suhu udara yang digunakan terlalu tinggi justru membuat kulit menjadi kering dan bertekstur. Ugh, Anda tidak ingin itu terjadi bukan? Oh ya, selain hindari mandi air panas, pastikan juga jangan mandi terlalu lama ya? Karena mandi yang lama dan dalam menyebabkan udara di permukaan tubuh banyak menguap dan kulit Anda mengering seiring waktu. Nah, mandi selama 8-10 menit sudah cukup untuk menghidrasi dan membersihkan kulit secara menyeluruh

Mencukupi Asupan Air Putih

Selain membuat kulit tampak kusam, mematuhi asupan air putih juga merupakan cara mengatasi kulit kering di wajah yang bisa Anda lakukan. Ketika tubuh kita kekurangan udara, kulit menjadi bagian tubuh pertama yang terkena. Kulit bisa menjadi kering, kusam, dan lebih mudah teriritasi. Hal ini karena air berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit. Jadi pastikan untuk memenuhi kebutuhan air sesuai tubuh masing-masing.

 Anda dapat mengetahui berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh Anda dengan mengalikan berat badan Anda dengan 30 ml air. Itulah jumlah asupan udara yang dibutuhkan tubuh Anda. Atau Anda bisa mengikuti anjuran umum, yaitu minum air putih 8 gelas, yang secara langsung sama dengan 2 liter air.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Tips merawat kulit wajah kering selanjutnya adalah dengan menghindari paparan sinar matahari langsung. Seperti kita ketahui, sinar matahari memancarkan sinar ultraviolet yang memiliki berbagai efek negatif pada kulit seperti kulit kering, kulit kusam, menyebabkan kerutan halus, flek hitam pada kulit dan tanda penuaan dini lainnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan untuk menggunakan tabir surya dan aplikasikan kembali setiap 2-3 jam setiap hari agar kulit terlindungi dari efek merusak sinar UV, salah satu efek samping kulit mudah kering.

Perbanyak Makanan yang Kaya Antioksidan dan Omega 3

tubuh mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan omega-3 juga merupakan cara mengatasi kulit kering pada wajah yang selanjutnya harus dilakukan. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, kulit Anda akan menjadi lebih sehat dan akan terhindar dari kerusakan kulit akibat racun atau radikal bebas.

Apa saja contoh makanan yang mengandung antioksidan dan omega-3? Anda bisa makan blueberry, tomat, wortel, salmon, dan kenari yang kaya akan antioksidan dan omega-3.

Gunakan Perawatan Kulit yang Lembut dan Menghidrasi

Menggunakan dan mengoleskan pelembab kulit harus menjadi cara selanjutnya untuk mengatasi kulit wajah kering yang harus dilakukan. Dengan cara ini, kulit wajah akan terhidrasi secara optimal secara permanen. Namun, tak jarang kita kurang berhati-hati saat memilih produk perawatan kulit tertentu yang kandungannya bisa membuat kulit kering semakin parah. Kabar baik, Anda dapat memasukkan pembersih wajah dan masker lembar dalam rejimen perawatan kulit Anda yang membuat Anda tetap lembut dan terhidras.

Makan buah yang kaya serat

Cara mengatasi kulit wajah kering yang terakhir adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat. Tak hanya dikemas dengan manfaat bagi tubuh, buah-buahan juga mampu menjaga kesehatan kulit. Mungkin bisa dikatakan buah-buahan bersifat terapeutik untuk kulit kering karena kaya akan antioksidan, vitamin dan air yang sangat baik untuk perawatan kulit dari dalam. Contoh buah berserat tinggi yang bisa Anda makan: alpukat, pepaya, apel, pir, pisang, kiwi, dll.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *