IPL Hair Removal

Apa itu hair removal IPL? Apakah Aman?

Evamuliaclinic – Kebanyakan wanita ingin memiliki kulit yang mulus dan tidak memiliki banyak bulu di tubuh. Misalnya rambut di wajah, tangan, ketiak atau kaki, karena dianggap mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri.

Saat ini ada banyak cara untuk menghilangkan bulu ketiak atau bagian tubuh lainnya, baik dengan teknik waxing atau perawatan kulit, IPL (Intense Pulsed Light). Namun, apakah perawatan tersebut aman? Apakah perawatan hair removal IPL memiliki kemungkinan efek samping?

Apa itu hair removal IPL?

Intense pulsed light atau IPL hair removal adalah teknik hair removal atau penghilangan bulu halus pada tubuh yang menggunakan cahaya intensitas tinggi untuk meremajakan jaringan kulit dan mencegah pertumbuhan rambut.

Jumlah gelombang yang digunakan selama perawatan hair removal IPL Evamulia akan disesuaikan dengan kondisi kulit dan area kulit yang akan dirawat.

IPL hair removal bekerja dengan cara menghilangkan pigmen yang terdapat pada folikel rambut dan merusak akar rambut sehingga pertumbuhan rambut berhenti secara bertahap. Perawatan hair removal IPL akan paling efektif pada rambut tebal dan gelap.

Perawatan hair removal IPL sendiri sudah dinyatakan aman oleh Food and Drug Administration (FDA) AS, namun perawatan hair removal IPL harus dilakukan oleh dokter kulit. The American Society for Dermatological Surgery juga menyebutkan bahwa perawatan hair removal IPL dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit lainnya, seperti efek bekas luka, kerutan, ruam merah, dan bintik hitam pada kulit.

Keuntungan dan kerugian dari perawatan hair removal IPL

IPL hair removal atau perawatan cahaya berdenyut intens biasanya digunakan untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan atau rambut halus di area tubuh tertentu.

IPL hair removal dikenal juga dengan cara menghilangkan bulu ketiak, tangan dan kaki, hingga bulu di sekitar organ intim. Tujuan dari hair removal IPL adalah untuk menipiskan rambut sehingga bisa hilang secara permanen.

Selain itu, manfaat perawatan hair removal IPL yang dilakukan berkali-kali dipercaya dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Efek tanda penuaan dini pada wajah, seperti kerutan, garis halus, flek hitam, akibat paparan sinar matahari yang berlebihan, juga dapat diringankan dengan perawatan hair removal IPL ini.

Kelemahan dari IPL atau hair removal ringan yang intens adalah biaya yang dikeluarkan untuk perawatan ini cukup tinggi. Untuk hasil yang optimal, Anda memerlukan setidaknya 6-9 perawatan dan harus dilakukan setidaknya dalam jarak 4 minggu.

Harap dicatat bahwa perawatan cahaya berdenyut intens (IPL) mungkin tidak bekerja secara efektif pada pasien dengan rambut rontok atau orang dengan kulit sedang hingga gelap, karena warna kulit dapat mempengaruhi fungsi rambut Perangkat penghilang rambut IPL. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan perawatan hair removal IPL.

Efek samping dari perawatan hair removal IPL

Meski perawatan hair removal IPL sudah dinyatakan aman, teknik ini tetap memiliki risiko sekunder yang bisa muncul. Berikut adalah gejala efek samping setelah hair removal IPL:

  • Nyeri
  • meningkat
  • Warna kulit tidak merata
  • Berdarah
  • Bekas luka
  • infeksi

Efek samping hair removal IPL bisa berbeda untuk setiap orang dan jarang terjadi. Namun, jika Anda khawatir dengan efeknya atau memiliki riwayat tertentu, tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi tertentu ke dokter kulit terlebih dahulu.

Juga, pastikan untuk mendapatkan perawatan hair removal IPL Anda di klinik kecantikan terkemuka dengan dokter berpengalaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *