image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia Clinic - manfaat mencuci muka dengan air dingin

5 Manfaat Mencuci Muka Dengan Air Dingin untuk Kulit Wajah

Eva Mulia – Sebagian orang mungkin sering mengabaikan atau melewatkan membersihkan wajah sebelum dan setelah beraktifitas. Ketika ingin membilas wajah di pagi maupun malam hari beberapa dari kita mungkin menggunakan air hangat dan lainnya menggunakan air dingin. Nah, kali ini kita akan membahas tentang manfaat mencuci muka dengan air dingin. Berikut alasan dan manfaat mengapa mencuci muka dengan air dingin lebih baik daripada air hangat.

Manfaat Mencuci Muka dengan Air Dingin

manfaat mencuci muka dengan air dingin

1. Mengurangi Peradangan

Salah satu penyebab munculnya jerawat yaitu karena pori-pori kulit meradang karena infeksi bakteri. Selain bisa menyebabkan jerawat infeksi ini juga bisa membuat kulit wajah meradang. Nah manfaat mencuci muka dengan air dingin bisa membantu mengurangi peradangan akibat jerawat lebih baik dari pada dengan air hangat.

2. Memperbaiki Penampilan Kulit

Perlu Anda ketahui bahwa kulit manusia dilapisi oleh lilin lemak alami yang disebut dengan sebum. Sebum sendiri berguna untuk melindungi kulit dari efek negatif lingkungan luar. Mencuci muka dengan air hangat bisa mengurangi jumlah sebum pada kulit. Sehingga kulit menjadi lebih sensitif, pori-pori yang membesar. Untuk itu, sebaiknya gunakan air dingin saat ingin mencuci muka.

3. Mengatasi Jerawat

Manfaat mencuci muka yang ketiga yaitu mampu mengatasi masalah wajah yang berjerawat dan membersihkan wajah dari bakteri penyebab jerawat. Selain itu, mencuci muka dengan air dingin juga bisa membuat wajah terasa lebih segar.

4. Mengecilkan Pori

Ketika Anda tidur, kulit akan bekerja memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Jika dalam prosesnya terdapat kotoran yang menempel, tentu pori-pori bisa tersumbat dan membesar. Untuk mengatasinya, sebaiknya cuci muka dengan air dingin dipagi hari. Hal ini untuk mengecilkan pori-pori wajah yang membesar saat bangun.

5. Menjaga Kelembapan Wajah

Mencuci wajah dengan air dingin yang terakhir yaitu bisa menjaga kelembapan kulit dan tidak membuat kulit menjadi kering. Namun, jika Anda ingin membilas wajah dengan air hangat, maka pada bilasan terakhir gunakan air dingin. Hal ini karena air hangat yang suhunya berbeda dengan suhu lingkungan, tentu bisa membuat kulit menjadi lebih kering.

Sebenarnya mencuci muka dengan air dingin maupun air hangat sama-sama bermanfaat untuk kebersihan dan kesegaran wajah setiap harinya. Namun, sebaiknya biasakan untuk mencuci atau membasuh wajah dengan air dingin karena efeknya lebih baik untuk kesehatan kulit.

Baca juga: 5 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kulit Wajah

Leave a Reply