image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - bunga hibiscus untuk kecantikan

5 Manfaat Bunga Hibiscus untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Eva Mulia – Pada umumnya bunga hibiscus atau dikenal dengan bunga sepatu sering dijadikan tanaman hias karena mempunyai tampilan warna yang cantik. Selain bentuknya yang menarik, ternyata bunga hibiscus juga mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi kecantikan kulit dan rambut. Penasaran apa saja? Yuk, simak manfaat bunga hibiscus yang sering disebut sebagai botox plant berikut ini!

Manfaat Bunga Hibiscus untuk Kecantikan Wajah

bunga hibiscus untuk kecantikan

Sebagai Eksfoliator Alami

Anda pasti sudah familiar dengan kandungan AHA. Jenis acid ini sering ditemukan di berbagai produk eksfoliasi. Tapi, Apakah Anda sudah tahu bahwa bunga hibiscus juga mengandung (AHA) alami yang bisa dimanfaatkan sebagai exfoliant alami?

Selain efektif dalam mengangkat sel-sel kulit mati, kandungan AHA alami pada bunga hibiscus juga membuat kulit menjadi lebih halus dan bebas kusam. Terdapat juga pro vitamin B5 dan emollient alaminya yang dipercaya efektif dalam menjaga kelembapan alami kulit, lho!

Mencegah Timbulnya Garis Halus

Bunga yang mempunyai nama latin Hibiscus Rosa Sinensis ini juga mengandung beberapa jenis acid lainnya, seperti asam amino. Jenis asam ini bermanfaat untuk membantu dalam proses peremajaan sel kulit, sehingga tanda-tanda penuaan dini seperti keriput atau garis-garis halus tidak mudah muncul. Bunga ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas akibat polusi dan efek buruk sinar UV.

Meratakan Warna Kulit

Kandungan vitamin C yang ada pada bunga ini juga bisa mengatasi masalah hiperpigmentasi karena meningkatnya produksi melanin akibat paparan sinar matahari. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat ini, cobalah menggunakan produk skin care yang mengandung bunga hibiscus.

Mengontrol Produksi Sebum di Kulit Kepala

Produksi sebum yang berlebihan tidak hanya terjadi pada kulit wajah, tetapi juga di kulit kepala. Produksi sebum yang berlebih bisa membuat rambut mudah lepek dan terkadang muncul ketombe. Produksi sebum yang meningkat dari tingginya tingakat pH pada kulit kepala.

Nah untungnya, bunga bunga hibiscus kaya akan kandungan asam alami dan anti-oksidan yang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit. Sehingga produksi sebum pada kulit kepala bisa lebih terkontrol. Selain itu, kandungan polifenol pada bunga ini juga mampu mengatasi ketombe pada kulit kepala.

Mencegah Uban

Munculnya uban pada rambut bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari menurunnya produksi keratin pada rambut yang menjadikan rambut mudah kusam, hingga efek dari kerusakan DNA yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet.

Nah, kandungan asam amino yang terdapat pada bunga hibiscus juga dapat membantu meningkatkan produksi keratin dan berbagai kandungan vitamin lainnya untuk menutrisi dan menjaga kesehatan folikel rambut. Dengan begitu, kilau hitam dan kelembapan rambut pun akan tetap terjaga dengan baik.

Baca juga:

5 Manfaat Tanaman Ganggang Spirulina untuk Kecantikan

10 Manfaat Jahe untuk Kecantikan Wajah

Leave a Reply