image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat buah delima

5 Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Wajah

Eva Mulia – Buah delima mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama kulit Anda. Buah delima sering digunakan dalam bahan produk perawatan kulit. Buah delima kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin K, dan dan mineral lainnya. Semua kandungan tersebut dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit Anda. Apa saja manfaat buah delima untuk kulit? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Buah Delima untuk kecantikan

manfaat buah delima

Saat ini, buah delima banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan kulit. Buah delima bersifat sebagai antioksidan, antiradang, antimikroba, dan antipenuaan. Manfaat tersebut bisa membantu sejumlah masalah kulit. Mulai dari mengatasi kulit kering, noda hitam, jerawat, bekas jerawat dan tanda-tanda penuaan,

1. Melembapkan Kulit

Manfaat buah delima untuk kecantikan pertama adalah mampu melembabkan kulit. Sari buah delima sebenarnya baik untuk mengatasi kulit kering yang kusam. Buah ini juga menjadi sumber vitamin C yang sudah terbukti ampuh dalam melembapkan dan melembutkan kulit saat dioleskan ke kulit.

Selain sarinya, ternyata minyak buah minyak buah delima mampu meresap kedalam kulit sehingga cukup ampuh untuk merawat kulit kering. Dengan memanfaatkan buah delima bisa menenangkan kulit yang kering,  iritasi dan pecah-pecah. Hal ini karena buah delima mengandung asam punicic yang menjaga kelembapan alami kulit.

2. Regenerasi Kulit

Minyak biji buah delima bisa membantu melindungi epidermis (lapisan luar kulit) dan dermis (lapisan dalam kulit) sekaligus meningkatkan regenerasi epidermis. Buah delima juga busa membantu meningkatkan sirkulasi dan penyembuhan kulit, serta membantu dalam perbaikan jaringan dan penyembuhan luka.

3. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Manfaat buah delima untuk kecantikan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu melindungi tubuh dari sinar UV.  Kulit yang sering terpapar sinar matahari tentu bisa membahayakan kulit dan menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko Anda mengalami tanda-tanda penuaan. Seperti munculnya garis-garis halus, keriput, kulit terbakar, dan kanker kulit.

Antioksidan yang terdapat dalam buah delima adalah polifenol. Kandungan ini dapat melindungi sel-sel dari stres oksidatif. Produk yang berasal dari delima juga sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki kerusakan DNA. Buah delima juga bisa membantu mencegah hiperpigementasi dan flek hitam.

4. Mengatasi Jerawat Meradang

Salah satu penyebab munculnya jerawat yaitu karena adanya infeksi bakteri pada kelenjar minyak kulit. Kondisi ini tentu akan membuat tubuh mengirim sel darah putih yang disebut neutrofil ke tempat jerawat. Neutrofil mati bercampur dengan bakteri dan kotoran lain di dalam jerawat.

Proses ini juga bisa memicu peradangan dan membuat tampilan kulit menjadi merah dan bengkak. Namun berkat kandungan antioksidan dalam buah delima akan membantu mengurangi peradangan tersebut.

5. Merangsang Produksi Kolagen

Kulit manusia secara alami akan mengandur saat bertambahnya usia. Kandungan asam ellagic dan antioksidan yang cukup tinggi dalam buah delima mampu mengurangi pemecahan kolagen. Selain itu, buah ini juga bisa merangsang sel-sel yang memproduksi kolagen. Sehingga bisa membantu memperbaiki kulit dan meningkatkan suplai darah Anda untuk menghilangkan tampilan wajah yang mengendur. Buah delima bisa membantu mengurangi kerutan pada kulit Anda.

Itulah beberapa manfaat buah delima untuk kecantikan wajah, tentu sayang sekali jika kita tidak mulai rutin makan buah delima, bukan?

Baca juga: 7 Manfaat Ampas Teh Untuk Kecantikan

Leave a Reply