image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

evamulia clinic - manfaat daun sirih untuk wajah

15 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

Kandungan Daun Sirih

Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam daun sirih, yakni:

  • Minyak astsiri
  • Zat Fenil propoda
  • Flavonoid
  • Zat terpenana
  • Senyawa aktif tanin
  • Zat hidroksikaficol
  • Senyawa kuat Saponin
  • Senyawa Allylprokatekol
  • Zat P-Cymene
  • Senyawa karvokrol
  • Zat Cineole dan Coryofelen

Semua senyawa yang ada di dalam daun sirih berfungsi sebagai antioksidan, antibiotik, anti inflamasi, antiseptik, dan antikanker, yang alami tetapi ampuh dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan kulit wajah termasuk memblokir aktivitas sel kanker yang menyerang kulit.

Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

evamulia clinic - manfaat daun sirih untuk wajah

1. Mengecilkan pori-pori wajah

Senyawa antiseptik dari daun ini mampu mengecilkan pori-pori kulit yang melebar akibat pemakaian make up setiap hari. Caranya yaitu cukup haluskan daun sirih lalu aplikasikan pada wajah. Cara ini baik dilakukan malam hari sebelum tidur dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Menyembuhkan jerawat meradang dan jerawat batu

Senyawa anti inflamasi di dalam daun sirih mampu meredakan, mengempiskan, dan menyembuhkan jerawat meradang atau jerawat batu yang terasa nyeri bila disentuh. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menghaluskan daun sirih kemudian oleskan perlahan pada wajah yang sedang meradang. Lakukan cara ini setiap hari pagi dan sore hari agar mempercepat penyembuhan.

3. Mengobati gatal pada kulit wajah

Rebusan air sirih yang sudah didinginkan selama satu hari bisa dimanfaatkan untuk membasuh muka dipagi hari. Setelah dibasuh diamkan beberapa lalu dibilas dengan air bersih. Cara ini bisa meredakan dan menyembuhkan ruam dan gatal pada wajah.

4. Memudarkan flek hitam dan bekas jerawat

Semua senyawa yang sudah dijelaskan diatas memiliki kemapuan untuk memudarkan warna kulit yang tidak rata akibat jerawat, paparan sinar ultraviolet, atau karena pemakaian kosmetik. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu ambillah daun sirih yang sudah di haluskan, kemudian tambahkan air jeruk nipis. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan diamkan selam 20 menit. Lakukan cara ini sampai flek hitam menghilang secara alami.

5. Membersihkan wajah

Cucilah muka dipagi hari dengan rebusan air daun sirih, lalu diamkan hingga air daun sirih mengering. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Rebusan air daun sirih bisa mengangkat kotoran atau debu yang masih tersisa di wajah.

6. Mengeringkan luka pada wajah

Bagi seseorang yang memiliki luka akibat memencet jerawat sembarangan, akibat tergores, terhantam, dan sebagainya dapat dihilangkan dengan menggunakan daun sirih. Cara ini Anda lakukan yaitu dengan membalurkan daun sirih yang sudah dihaluskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit agar senyawa antiinflamasi dan antibiotik yang kuat mampu meresap dan mempercepat proses pengeringan luka.

7. Membunuh bakteri

Perasan air daun sirih yang telah dihaluskan dan ditambah dengan sedikit air kunyit yang kental dapat dioleskan perlahan dan diamkan selama 20 menit dapat membunuh bakteri penyebab bisul di wajah. Hal ini disebabkan kunyit dan daun sirih memiliki senyawa antiinflamasi yang jika digabungkan dapat membunuh bakteri sehingga tidak menyebar ke tempat yang lain dan meninbulkan jerawat.

8. Mengencangkan kulit wajah

Basuh wajah dengan rebusan daun sirih yang hangat kuku setelah pulang dari aktivitas sehari-hari agar kulit senantiasa kencang dan terhindar dari kelelahan.

9. Mencegah munculnya komedo

Daun sirih yang sudah dihaluskan dan dioleskan pada wajah yang ditumbuhi komedo, maka komedo tersebut akan mengeluarkan isinya secara alami tanpa pemencetan dengan menggunakan tangan. Komedo yang telah keluar bisa langsung Anda basuh dengan rebusan air daun sirih yang telah dingin agar wajah benar-benar terbebas dari pertumbuhan komedo kembali.

10. Menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah

Untuk mencegah tampilan wajah yang lesu, kusam, dan kasar maka basuh wajah dengan rebusan daun sirih yang telah didinginkan dan sebelumnya sudah ditambahkan sedikit garam secara rutin.

11. Menyeimbangkan minyak berlebih

Gunakan daun sirih sebagai masker harian akan membuat kondisi wajah menjadi lebih segar, cerah, dan tidak berminyak. Senyawa astsiri pada daun sirih ampuh dalam menyeimbangkan kadar minyak berlebih terutama pada orang orang yang mempunyai jenis kulit berminyak.

Baca juga: 9 Obat Komedo Hitam Paling Ampuh

Leave a Reply