Bekas Jerawat

Fakta yang Perlu Kamu tahu Mengenai Bekas Jerawat!

Eva Mulia Clinic – Bekas Jerawat – Selain dapat mengurangi rasa percaya diri, munculnya jerawat juga dapat mengganggu serta menyisakan bekas yang sulit disingkirkan. Bekas jerawat sendiri memiliki jenis yang beragam, tetapi semuanya sama-sama dapat mengurangi rasa percaya diri, ditambah lagi jika kamu belum memahami cara mengatasinya.

Nah, agar kamu bisa menangani bekas jerawat dengan benar, maka kamu harus mengetahui beberapa fakta-fakta mengenai bekas jerawat berikut ini!

Cegah Bekas Jerawat dan Merawat Jerawatnya dengan AHA dan BHA

Untuk mengurangi bekas jerawat serta menghilangkan beberapa jerawat yang masih aktif, kamu bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan AHA dan BHA.

Kedua kandungan tersebut akan membantu membersihkan pori-pori, melawan penyebab jerawat, meredakan inflamasi serta mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Sehingga selain dapat mengurangi jerawat, juga dapat membantu memudarkan pigmentasi dan bekas jerawat yang baru muncul.

Jadi jangan malas untuk memakai exfoliating toner, exfoliating serum, dan spot treatment gel! Kamu bisa memakai Lactic Acid dengan batas konsentrasi 5-10% dan mengaplikasikannya ketika malam hari saja untuk menghidrasi iritasi terhadap sinar matahari. Sementara Salicylic Acid bisa kamu gunakan dalam kadar 1-4% sebagai anti inflamasi dan anti-bakteri untuk menghilangkan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Jangan Memencetnya!

Memencet jerawat justru hanya akan memperparah keadaan. Hal ini sangat penting untuk kamu ingat, apalagi jika memang kulit mu berjenis acne prone. Hal tersebut dikarnakan, dengan memencet jerawat maka sama saja seperti kamu mentransfer kuman dan kotoran dari tangan ke wajah dan menginflamasi karena menekan-nekan jerawat secara terpaksa.

Setelah jerawat pecah akibat sering dipencet-pencet, maka bisa meninggalkan acne scars yang lebih susah diatasi ke depannya. Jadi agar kamu tidak menyesal, sebaiknya berhentilah melakukan kebiasaan buruk tersebut dari sekarang juga.

Niacinamide dan Aplha Arbutin

Untuk mengatasi tampilan jerawat yang kemerahan, produk skincare yang memiliki kandungan Niacinamide bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, niacinamide juga memiliki kemampuan mengontrol produksi sebum, mencegah jerawat dan mencerahkan warna kulit. Sehingga tidak heran saja jika bahan yang satu ini sering digunakan dalam skincare anti acne dan brightening.

Selain itu, Alpha Aributin juga merupakan bahan pencerah yang populer untuk mengatasi kulit kusam dan dark spots serta membantu meratakan warna kulit. Kamu bisa memakainya untuk mengatasi darkspot yang lebih gelap atau bekas jerawat yang susah hilang.

Alpha Aributin bisa kamu gunakan bersama kandungan skincare lain seperti AHA dan Vitamin C. Keunggulan lainnya, bahan ini cenderung gentle pada kulit, tidak menyebabkan iritasi serta efektif seperti hydroguinone, tetapi tentunya lebih aman.

Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengaplikasikan serum dengan Alpha Arbutin pagi dan malam.

Retinol

Retinol dan Retinoid adalah kandungan skincare yang termasuk kedalam turunan Vitamin A. Fungsinya untuk menstimulasi produk kolagen dan mempercepat proses regenerasi sel kulit. Oleh karena itulah, kandungan retinol bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, memudarkan bekas jerawat sekaligus membuat wajah menjadi lebih kencang.

Rutin menggunakan serum dengan kadar 1% dapat membantu meminimalkan bekas jerawat berupa noda-noda gelap dan menghaluskan tekstur kulit yang memiliki banyak scars.

Cukup 2-3 kali saja dalam seminggu, jangan terlalu sering agar kulit tidak mengalami iritasi dan tidak menjadi kering. Selain itu, gunakan hanya ketika malam hari saja dan pastikan kamu menggunakan moisturizer. Keesokan harinya, kamu juga wajib mengaplikasikan sunscreen, pasalnya retinol merupakan bahan yang luar biasa dan dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari.

Itulah beberapa fakta mengenai bekas jerawat yang penting untuk mau ketahui. Beberapa cara diatas juga diwajibkan untuk menggunakan suncreen setiap paginya, karea sunscreen dapat membuat bekas jerawat semakin terlihat jelas atau bertambah gelap warnanyaa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.