Tips Hilangkan Jerawat Buta

Tips Hilangkan Jerawat Buta dengan Bahan Alami

Eva Mulia ClinicTips Hilangkan Jerawat Buta – Jerawat buta (blind pimple) adalah jerawat yang berada di bawah permukaan kulit tanpa memiliki ujung kepala atau whiteheads seperti jerawat lainnya. Jerawat ini berwarna pucat, tetapi permukaannya bengkak dan akan terasa sakit saat disentuh.

Penyebab jerawat buta adalah kombinasi minyak, bakteri penyebab jerawat, dan berbagai kotoran yang terdapat di pori-pori. Jika jerawat menjadi meradang, itu akan berubah menjadi merah. Jadi bagaimana Anda menghilangkannya? Berikut ulasannya!

Tips Hilangkan Jerawat Buta dengan Bahan Alami

Kompres dengan handuk hangat

Jerawat dapat dikompres dengan handuk hangat untuk meminimalkan rasa sakit. Selain itu, dapat membantu membuka pori-pori sehingga komedo mudah keluar. Caranya cukup sederhana, yaitu mencelupkan handuk ke dalam air hangat dan peras hingga airnya habis. Kemudian oleskan handuk tersebut ke area wajah yang memiliki jerawat membabi buta. Biarkan selama 5 sampai 15 menit. Pastikan wajah Anda bersih dan lakukan ini 3-4 kali sehari.

Menggunakan obat jerawat

Sebelumnya, pastikan bahwa wajah Anda telah dicuci dengan air hangat. Oleskan obat jerawat dan pijat dengan lembut. Obat ini biasanya mengandung berbagai senyawa yang dapat membantu menyembuhkan jerawat, terutama asam salisilat yang dapat membuka pori-pori dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati di permukaan kulit.

Menggunakan Tea Tree Oil

Minyak Tea Tree Oil mengandung sifat antibakteri sebagai pengobatan yang efektif untuk jerawat buta ringan hingga sedang. Anda dapat mengoleskan minyak Tea Tree Oil ke wajah Anda dua kali sehari selama 12 minggu. Anda bisa mencampurkan minyak Tea Tree Oil dengan minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun lalu mengoleskannya pada area yang memiliki jerawat buta.

Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya mengandung sifat antibakteri untuk mencegah kemerahan, peradangan dan pembengkakan pada daerah yang terkena. Terlebih lagi, lidah buaya juga membantu menggantikan sel-sel yang rusak akibat jerawat. Cara menghilangkan jerawat membabi buta dengan lidah buaya adalah dengan memotong lidah buaya kemudian diambil gelnya. Setelah itu oleskan pada daerah yang terdapat sekum jerawat dan biarkan selama 20 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan ulangi perawatan sampai diperoleh hasil yang maksimal.

Menggunakan garam Epsom

Selain lidah buaya, Anda juga bisa menggunakan garam Epsom untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat jerawat buta. Caranya cukup sederhana, yaitu mencampurkan 1 sendok teh garam Epsom ke dalam 1,5 gelas air panas hingga garamnya larut. Biarkan campuran mendingin hingga suhu kamar. Setelah itu, oleskan dengan kapas dan biarkan kering. Cuci muka, lalu ulangi 2-3 kali sehari.

 Mengoleskan cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat tonik yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi darah dan sifat antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri agar kulit tidak terinfeksi. Cara menghilangkan jerawat buta dengan cuka sari apel cukup mudah, yaitu rendam kapas dalam cuka sari apel selama beberapa saat lalu oleskan pada area yang memiliki jerawat buta. Sebelum mengaplikasikan, pastikan wajah Anda bersih. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Memakai madu

Madu adalah bahan antiseptik dan antimikroba yang bertanggung jawab untuk memerangi bakteri jerawat, terutama jerawat buta. Selain itu, madu juga bermanfaat sebagai pembersih yang lembut dan aman. Cara menghilangkan jerawat buta dengan madu adalah dengan merendam bola kapas dalam madu murni lalu oleskan pada area kulit yang terkena jerawat buta. Biarkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *