image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Klinik Eva Mulia - Klinik Kecantikan - Tips perawatan Wajah - Sabun cuci muka untuk kulit kering - Memilih produk perawatan untuk kulit kering memang tidak dapat sembarangan, begitu pun ketika Anda memilih produk sesederhana sabun cuci muka. Alih-alih membuat kulit menjadi lembap dan kenyal, pemakaian sabun cuci muka yang keliru justru dapat menimbulkan iritasi dan kerusakan.

Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Kering

Klinik Eva MuliaKlinik Kecantikan – Tips perawatan Wajah – Sabun cuci muka untuk kulit kering – Memilih produk perawatan untuk kulit kering memang tidak dapat sembarangan, begitu pun ketika Anda memilih produk sesederhana sabun cuci muka. Alih-alih membuat kulit menjadi lembap dan kenyal, pemakaian sabun cuci muka yang keliru justru dapat menimbulkan iritasi dan kerusakan.

Lalu seperti apa produk sabun cuci muka ideal untuk mereka yang berkulit kering? Sabun cuci muka terdiri dari beberapa banyak bahan dengan efeknya masing-masing. Bagi kalian yang memiliki kulit kering, bahan-bahan yang perlu dihindari adalah yang dapat menghilangkan kelembapan alami kulit dan iritasi.

Tips Memilih Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Kering

Klinik Eva Mulia - Klinik Kecantikan - Tips perawatan Wajah - Sabun cuci muka untuk kulit kering - Memilih produk perawatan untuk kulit kering memang tidak dapat sembarangan, begitu pun ketika Anda memilih produk sesederhana sabun cuci muka. Alih-alih membuat kulit menjadi lembap dan kenyal, pemakaian sabun cuci muka yang keliru justru dapat menimbulkan iritasi dan kerusakan.

Menghindari Produk Yang Mengandung Glycolic Acid

Sabun muka yang berisi glycolic acid cocok untuk pemilik kulit yang gampang berjerawat, namun tidak untuk mereka yang mempunyai kulit kering. Ini diakibatkan karena glycolic acid dapat masuk ke folikel (tempat tumbuhnya) rambut dan menghambat pembuatan sebum.

Sebum adalah minyak alami yang bermanfaat menjaga kelembapan kulit. Tanpa sebum yang memadai, kulit akan kering dan rentan merasakan iritasi. Sebagai ganti glycolic acid, Anda dapat menggunakan bahan yang lebih lembut berupa asam laktat.

Baca juga Tips Perawatan Wajah Pria

Menghindari Sabun Muka Yang Mengandung Eksfoliator

Eksfoliator adalah berbagai bahan yang bisa mengangkat lapisan kulit mati. Eksfoliator dalam sabun muka bisa berupa butir-butir scrub ataupun bahan kimia sepeti alpha-hydroxy acid (AHA), beta-hydroxy acid (BHA), dan asam salisilat.

Sabun cuci muka dengan eksfoliator sebenarnya bermanfaat untuk menangkal kulit kusam dan berjerawat. Namun, untuk pemilik kulit kering, bahan-bahan ini bisa mengikis kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Menggunakan Produk Berbentuk Cream/Micellar

Produk pembersih muka terbagi menjadi beberapa bentuk, antara gel, krim, busa, minyak, micellar, dan bubuk. Pembersih muka berbahan minyak sesuai untuk semua jenis kulit, namun ada pula bahan yang hanya ditujukan untuk jenis kulit tertentu.

Orang berkulit kering sebaiknya memilih sabun muka berbentuk krim atau micellar. Pasalnya, kedua bahan ini dapat membersihkan kulit dengan lembut sekaligus mengangkat kotoran tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit.

Baca juga Penyebab Skincare Tidak Efektif

Teliti Dalam Kandungan Alkohol Pada Produk

Alkohol dalam produk perawatan kulit terbagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah alkohol dengan berat molekul rendah seperti etanol dan isopropyl alcohol. Jenis alkohol ini bisa menguap dengan gampang sehingga dapat membuat kulit kering.

Jenis kedua yaitu alkohol dengan berat molekul tinggi seperti cetyl dan stearyl alcohol. Selama tidak digunakan berlebihan, keduanya bisa melindungi kulit dan membuatnya lebih halus. Bahan berikut yang sebaiknya ada dalam sabun cuci muka untuk kulit kering.

Memilih Sabun Cuci Muka Yang Mengandung Pelembab

Produk sabun cuci muka yang diperuntukkan untuk pemilik kulit kering seringkali telah dilengkapi dengan bahan pelembap. Pelembap bisa berupa hyaluronic acid, gliserin, ceramides, atau berasal dari bahan alami seperti lidah buaya.

Hyaluronic acid dan gliserin bekerja dengan mengikat molekul air pada kulit. Ceramides bermanfaat membentuk lapisan pelindung kulit agar tidak gampang kering. Sementara lidah buaya berisi antioksidan, enzim serta vitamin yang membuat kulit lebih lembap dan halus.

Leave a Reply