image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva mulia klinik - Klinik Eva mulia - Tips perawatan wajah - Pengertian Petroleum Jelly - Di Indonesia, petroleum jelly saat ini sudah dikenal banyak orang. Kegunaannya pun lumayan beragam, mulai dari mengatasi kulit kering hingga membantu membersihkan luka.

Petroleum Jelly

Eva mulia klinikKlinik Eva mulia – Tips perawatan wajah – Pengertian Petroleum Jelly – Di Indonesia, petroleum jelly saat ini sudah dikenal banyak orang. Kegunaannya pun lumayan beragam, mulai dari mengatasi kulit kering hingga membantu membersihkan luka. Akan tetapi, Jika petroleum jelly tertelan secara tidak sengaja, adakah efek samping yang dapat membahayakan tubuh?

Apa Itu Petroleum Jelly?

Petroleum jelly adalah krim yang tidak tergolong dalam zat yang berbahaya. Selain tidak mempunyai bau dan rasa, krim ini berasal dari minyak bumi dan sering dipakai dalam dunia kesehatan. Mulai dari pelembap kulit, pengganti lemak pada salep dan kosmetik, hingga minyak pelumas untuk menangkal karat.

Petroleum jelly didapatkan dari proses pengurangan wax minyak pada minyak yang dilelehkan pada suhu 38-54°C dan dicampurkan dengan hidrokarbon. Oleh sebab itu, seperti yang dituliskan pada label, petroleum jelly hanya boleh digunakan pada bagian luar tubuh saja, alias kulit Anda.

Eva mulia klinik - Klinik Eva mulia - Tips perawatan wajah - Pengertian Petroleum Jelly - Di Indonesia, petroleum jelly saat ini sudah dikenal banyak orang. Kegunaannya pun lumayan beragam, mulai dari mengatasi kulit kering hingga membantu membersihkan luka.

Efek Tertelan Petroleum Jelly

Sebagai krim yang memiliki warna bening dan tekstur yang lembut, petroleum jelly biasa dipakai untuk menjaga kelembapan dan menangkal iritasi kulit. Orang dewasa mungkin memahami dengan baik bahwa krim ini tidak dimakan. Namun, bila letakan di tempat yang bisa digapai oleh anak-anak, pasti risiko petroleum jelly tertelan.

Petroleum jelly adalah zat berminyak dan dapat saja tidak masuk pada drainase pencernaan, melainkan paru-paru.

Jika petroleum jelly termakan dalam jumlah yang sedikit, krim ini bisa mempunyai sifat sama laksana obat pencahar, hingga BAB dapat menjadi terlalu lembek. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, tentu dapat membuat orang yang mengonsumsinya tersedak. Akibatnya, batuk hingga muntah pun dapat terjadi.

Akan tetapi jika anda atau orang lain menelan krim tersebut secara tidak sengaja dan mengalami gejala di bawah ini, silahkan langsung datangi rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

  • Diare
  • Kram perut
  • Mual dan muntah
  • Sakit tenggorokan
  • Sesak napas

Tips Aman Menggunakan Petroleum Jelly

Setelah mengerti apa saja efek samping jika petroleum jelly tertelan, kenali bagaimana memakai petroleum jelly dengan aman, seperti:

  • Simpan petroleum jelly dan obat kulit lainnya jauh dari pasta gigi atau obat oral lainnya.
  • Jauhkan krim dan obat-obatan dari cakupan anak dan simpan di rak yang sangat tinggi.
  • Membaca label obat masing-masing kali menggunakannya.

Petroleum jelly mungkin bukan senyawa yang tergolong berbahaya, akan tetapi bila tertelan pasti risiko efek samping terhadap saluran pencernaan dan organ lainnya dapat muncul. Maka itu, jangan lupa baca label obat untuk pemakaian.

Leave a Reply