image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

perawatan kulit non acnegenic

Arti dari Non-acnegenic Dalam Produk Perawatan Kulit Berjerawat

Eva Mulia – Saat memilih suatu produk perawatan kulit berjerawat biasanya Anda akan menemukan berbagai istilah-istilah khusus yang tidak Anda pahami. Beberapa dari Anda mungkin pernah melihat istilah non-acnegenic. Lantas, apa arti dari non-acnegenic yang ada dalam produk perawatan kulit berjerawat?

Arti Non-acnegenic

Non-acnegenic adalah kandungan yang tidak menyebabkan jerawat, baik jerawat baru maupun jerawat yang sudah ada. Produk ini berarti tidak mengandung bahan yang bisa menyumbat pori dan menyebabkan timbulnya jerawat. Produk yang masuk dalam kategori non-acnegenic tidak mengandung minyak, wewangian, dan berbahan kasar yang bisa mengiritasi kulit. Produk kecantikan yang mengandung minyak bisa membuat kotoran menumpuk dan menimbulkan jerawat.

Tips Memilih Produk Perawatan untuk Kulit Berjerawat

perawatan kulit non acnegenic

Merawat kulit berjerawat tidak boleh dilakukan sedang sembarangan. Anda harus mengetahui kandungan yang terdapat dalam produk perawatan kulit. Oleh karena itu, pilihlah produk yang tidak menyumbat pori yang bisa memicu munculnya jerawat. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk menggunakan produk yang tak hanya memiliki label non-acnegenic tetapi juga non-comedogenic.

Arti dari non-comedogenic tidak menyebabkan timbulnya komedo. Munculnya komedo disebabkan karena folikel rambut yang tersumbat. Komedo sendiri bisa memicu munculnya jerawat jika tidak cepat ditangani atau dibersihkan. Berikut tips memilih produk untuk kulit berjerawat agar tidak salah pilih, yaitu:

1. Pembersih wajah

Pilihlah produk pencuci muka yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat seperti asam salisilat dan benzoil peroksida. Kandungan ini mampu menghilangkan jerawat. Hindari produk yang mengandung alkohol dan memiliki butiran kasar. Agar kulit tetap terhidrasi dengan baik, carilah pembersih yang mengandung emolien seperti pertrolatum, lanolin, mineral oil, ceramide yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Pelembap

Setelah selesai membersihkan wajah, sebaiknya gunakan pelembab non-comedogenic dan non-acnegenic yang ada di pasaran. Pilihlah pelembab yang mengandung gliserin dan asam hyaluronat. Hal ini untuk menahan kelembapan kulit.

3. Tabir surya

Penggunaan tabir surya sangat penting untuk membantu melindungi kulit terhadap bahaya radikal bebas yang bisa merusak kulit. Bagi pemilik kulit berjerawat, pilihlah tabir surya yang berbahan dasar gel atau cairan yang disemprotkan. Selain itu, pilih juga tabir surya dengan label non-comedogenic agar tidak menyumbat pori. Hindari kandungan bahan kimia seperti PABA dan benzophenone yang bisa mengiritasi kulit sensitif Anda.

4. Make up

Selain digunakan untuk mempercantik tampilan diri ternyata make up juga banyak digunakan untuk menutupi berbagai kekurangan yang ada di wajah. Dalam memilih make up, Anda perlu hati-hati. Gunakanlah produk bebas minyak, non-comedogenic, dan non-acnegenic.

Usahakan untuk memilih produk make up berbahan dasar air dan mineral. Produk kosmetik yang mengandung mineral biasanya mengandung bahan tambahan seperti titanium dioksida, silika, dan seng oksida yang bisa membantu menyerap minyak dan menyembunyikan kemerahan pada kulit dan tidak menyebabkan jerawat. Selain itu, jangan gunakan riasan tebal yang bisa menghalangi pori hingga bisa menimbulkan jerawat.

Baca juga: Manfaat Cassia Oil Untuk Mengatasi Jerawat dengan Cepat

Leave a Reply