Penyebab Komedo Hidung Bau dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Penyebab Komedo Hidung Bau dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Eva Mulia Clinic – Perawatan Wajah – Penyebab Komedo Hidung Bau – Komedo merupakan salah satu jerawat kecil yang bisa membuat penderitanya kesal karena kedatangannya biasanya sekaligus dalam jumlah yang banyak dan berwarna hitam. Segala sesuatu mengenai jerawat memanglah tidak akan pernah habis untuk dibahas, salah satunya mengenai komedo di hidung.

Sehingga tak sedikit pula orang yang mengalami komedo pada hidungnya memiliki aroma yang kurang sedap, dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman ketika beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, banyak orang yang bertanya-tanya mengapa komedo di hidung beraroma kurang sedap serta bagaimana cara mengatasinya.

Bahaya Komedo Hidung Bau

Komedo merupakan kotoran yang menyumbat bagian pori-pori bawa kulit wajah, dan komedo memang paling sering menyerang bagian hidung. Pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran ini dapat menyebabkan minyak tidak dapat keluar, sehingga kotoran, debu, maupun tumpukan sel kulit mati menimbulkan tonjolan kecil di kulit seperti jerawat. Kondisi tersebutlah yang disebut dengan kulit berkomedo, dimana komedo juga dapat membuat pori-pori kulit membesar dan menghitam.

Komdoe memiliki ukuran yang kecil serta tidka terlalu terlihat, tetapi jika penangannya salah maka komedo bisa menjadi semakin banyak hingga dapat memicu timbulnya jerawat.

Pada umumnya, komedo yang menyerang bagian hidung ini memang tidak tergolong berbahaya, hanya saja dapat menurunkan rasa kepercayaan diri untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, komedo juga bukan merupakan salah satu masalah kulit yang serius serta perlu di khawatirkan. Karena setiap orang pastinya pernah mengalami masalah komedo. Dimana jika dilakukan perawan kulit yang benar, maka komedo akan hilang dengan sendirinya, bahkan dapat pula terhindar dari kemunculan masalah kulit yang satu ini.

Kemunculan komedo di hidung terkadang menimbulkan bau yang tidak sedap, tetapi kondisi tersebut juga tidka berbahaya. Bau yang ditimbulkan oleh komedo dapat muncul karena beberapa faktor seperti berikut ini.

Penyebab Komedo Hidung Bau dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Merokok

Penyebab pertama yang membuat komedo berbau adalah kebiasaan merokok, terutama kaum laki-laki. Komedo memang dapat menyerang baik perempuan maupun laki-laki, karena komedo merupakan salah satu masalah kulit yang umumnya sering terjadi seperti jerawat. Kebiasaan merokok ternyata tak hanya tidak baik bagi kesehatan tubuh saja, melainkan juga tidak baik bagi pori-pori kulit. Dimana zat yang terkandung dalam rokok berkemungkinan akan dilepaskan melalui pori-pori kulit, sehingga dapat berakibat pada komedo berbau.

Alkohol

Alkohol dipercaya merupakan salah satu penyebab jerawat berbau, termasuk juga komedo. Alkohol memanglah bisa menghangatkan tubuh dari dalam, tetapi mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo pada wajah. Terlebih lagi jika jerawat dan komedo yang muncul kemungkinan berbau sebagai efek dari konsumsi alkohol tersebut. Selain itu, konsumsi alkohol secara berlebih juga tidaklah baik bagi kesehatan tubuh dan mental, serta dapat membuat kondisi kulit menjadi leih tua dari usia sebenarnya.

Keringat

Produksi keringat yang berlebih juga dapat membuat tubuh menjadi berbau, serta keringat yang keluar dari tubuh melalui pori-pori kulit ini juga dapat membuat komedo berbau. Produksi keringat berlebih dan tidak dibersihkan dengan baik juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat dan komedo di wajah.

Hal ini disebabkan karena keringat mengandung bakteri yang dapat membuat kulit menjadi sensitif dan ditambah lagi dengan debu atau kotoran yang menempel. Meskipun sebenarnya ketika tubuh berkeringat, berarti sistem metabolisme tubuh dalam keadaan baik dan sehat.

Penggunaan Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang terlalu tebal atau berlebih juga dapat menjadi penyebab komedo berbau, terlebih lagi jika sisa penggunaan kosmetik tersebut tidak dibersihkan dengan baik, sehingga dapat menyumbat pori-pori.

Selain menyebabkan komedo berbau, penggunaan produk kosmetik berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat muncul di area wajah. Selain karena penggunaanya yang berlebihan atau jenis kulit wajah juga dapat menjadi penyebab komedo berbau.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memiliki kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit serta bersihkan kosmetik secara rutin agar terhindar dari masalah komedo berbau.

Kulit Wajah Kotor

Kondisi dimana kulit wajah kotor dan kamu jarang mencuci wajah, sehingga dapat menyebabkan komedo berbau. Dimana kotoran yang menempel pada kulit wajah akan menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya bintik-bintik hitam komedo pada kulit wajah. Oleh karena itu, maka rajinlah mencuci wajah baik dengan pembersih wajah ataupun dengan air bersih saja.

Kafein

Selain alkohol, terlalu berlebihdan dalam mengonsumsi kafein yang biasanya juga terdapat dalam minuman kopi juga ternyata tidak baik bagi kesehatan kulit. Salah satu efek yang ditimbulkan adalah munculnya komedo yang timbul berbau.

Mengonsumsi kafein mungkin tidak terlalu berbahaya, tetapi agar terhindar dari masalah kulit seperti komedo dan dapat terus menjaga kesehatan kulit, maka sebaiknya atur pola konsumsi kafein dengan lebih sehat lagi.

Tips Mengatasi Komedo Hidung yang Bau dengan Bahan Alami

Karena pada dasarnya komedo di hidung tidak terlalu berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan, maka kamu bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa perawatan dengan bahan-bahan alami. Apa saja bahan alami tersebut dan bagaimana cara melakukannya? Simak berikut ini.

Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun dan kesehatan kulit memang sudah tidak perlu diraguka lagi, oleh karena itu minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah komedo hidung bau. Jika ingin mencobanya, maka kamu bisa mengikuti beberapa langkahnya berikut ini.

  • Cuci wajah terlebih dahulu dengan sabun muka hingga bersih.
  • Oleskan minyak zaitun pada hidung yang berkomedo secara merata.
  • Lakukan pemijatan pada hidung dengan gerakan memutar menggunakan dua jari secara berlawanan.
  • Lakukan pemijatan hingga lemak komedo keluar.
  • Usap hidung dengan kain bersih, hingga kotoran atau lemak komedo terangkat.

Kamu bisa mencuci wajahmu kembali dan pastikan tangan telah bersih sebelulm mengoleskan dan memijat hidung berkomedo.

Lidah Buaya

Selain minyak zaitun, lidah buaya juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi jerawat dan juga sudah bukan menjadi rahasia umum. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengangkat minyak serta kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit.

Jika biasanya gel lidah buaya yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat, maka untuk mengatasi komedo kamu bisa menggunakan daging lidah buaya dengan cara berikut ini.

  • Siapkan lidah buaya yang telah dicuci bersih.
  • Kupas kulit luar lidah buaya, lalu ambil bagian dagingnya yang berwarna bening.
  • Setelah itu, haluskan daging lidah buaya tersebut.
  • Setelah halus, kamu bisa mengoleskannya pada hidung yang berkomedo bau.

Es Batu

Selain kedua bahan alami diatas, kamu juga bisa melakukan kompres es batu pada komedo di hidung selama 3 hingga 5 menit. Lakukan kompres es batu secara perlahan-lahan dan rutin setiap harinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *