image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Perawatan Wajah - Tretinoin Topikal - Tretinoin Topikal adalah obat untuk mengatasi jerawat. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kerutan halus, bintik hitam pada kulit wajah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Obat Tretinoin Topikal

Eva Mulia Perawatan Wajah Tretinoin Topikal Tretinoin Topikal adalah obat untuk mengatasi jerawat. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kerutan halus, bintik hitam pada kulit wajah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Obat Tretinoin topikal tergolong dalam obat retinoid yang bekerja dengan memperngaruhi pertumbuhan sel-sel kulit dengan cara membuat lapisan kulit mengelupas seperti peeling. Cara kerja ini juga akan membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat.

Merek dagang obat tretinoin topikal: Lumiquin, Melavita, Refaquin, Retin-A, Skinovit-CP, Trentin, Victacid, Trequinon.

Cara Menggunakan Obat Tretinoin Topikal

Tretinoin termasuk obat resep yang termasuk dalam kategori retinoid topokal. Manfaat obat tretinoin mengatasi jerawat, kerutan halus, bintik hitam dan kulit aksar karena paparan sinar matahari.

Eva Mulia - Perawatan Wajah - Tretinoin Topikal - Tretinoin Topikal adalah obat untuk mengatasi jerawat. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kerutan halus, bintik hitam pada kulit wajah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.
  • Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tercatat pada kemasan tretinoin topikal sebelum mulai menggunakannya. Jangan menggunakan tretinoin topikal pada kulit yang luka atau terbakar sinar matahari.
  • Cuci tangan dan bersihkan wajah dengan sabun dan air hangat sebelum menggunakan tretionoin topikal. Keringkan bagian kulit yang akan diolesi tretinoin topikal dan tunggu selama 20–30 menit hingga kulit benar-benar kering sebelum mengoleskan obat.
  • Oleskan tretinoin topikal ke bagian kulit yang akan diobati. Jangan mengoleskan obat pada kulit yang terbakar sinar matahari atau pada luka terbuka.
  • Hindari mengoleskan tretinoin topikal pada mata, lubang hidung, atau mulut. Jika terjadi kontak obat dengan bagian tersebut, segera bilas dengan dengan air bersih.
  • Jika kalian sedang menggunakan produk yang mengandung sulfur, resorsinol atau asam salisilat, tunggu sampai efek produk itu berkurang sebelum menggunakan tretinoin topikal.
  • Simpan tretinoin topikal di dalam suhu ruangan dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Efek Samping Obat Tretinoin Topikal

Beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah menggunakan tretinoin topikal adalah:

  • Kulit gatal, bengkak, kemerahan, kering, atau mengelupas
  • Sensasi hangat atau tersengat pada kulit wajah
  • Bertambahnya luka pada jerawat
  • Warna kulit menjadi lebih gelap atau lebih cerah pada area yang diolesi obat.

Usahakan lakukan pemeriksaan atau konsultasi pada dokter jika kalian merasa efek samping di atas. Segera ke dokter jika kalian merasakan reaksi alergi obat setelah kalian menggunakan tretinoin topikal.

Leave a Reply