image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

palmitic acid adalah

5 Jenis Acid Ini Memiliki Banyak Manfaat untuk Kecantikan

Eva Mulia – Jika melihat tren skincare belakangan ini, Anda pasti menyadari bahwa ada bebebrapa jenis skincare yang memanfaatkan acid sebagai kandungan utama dalam produknya. Acid dipercaya bisa membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit tergantung jenisnya.

Nah salah satu jenis acid yang paling sering Anda lihat adalah salicylic acid. Jenis kandungan asam yang satu ini sering menjadi kandungan favorit untuk membantu mengatasi jerawat serta mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Namun, tahukah Anda jika sebenarnya masih beberapa jenis acid lainnya yang tidak kalah manfaatnya untuk kecantikan kulit? Berikut ini 5 jenis acid yang sering ada dalam skincare!

Jenis Acid yang Tak Kalah Manfaatnya untuk Kecantikan

palmitic acid adalah

1. Myristic Acid

Kandungan acid yang didapatkan dari minyak kelapa dan biji pala ini mungkin kurang familiar ditelinga Anda. Padahal, myristic acid sering digunakan di industri kecantikan sebagai salah satu komponen sabun pencuci wajah karena sifatnya yang mampu menyerap minyak berlebih dan kotoran di kulit. Selain itu, myristic acid juga mempunyai sifat melembapkan, sehingga cukup baik untuk menjaga kelembapan alami kulit. Jenis acid ini juga diketahui sangat baik digunakan untuk pemilik kulit kering dan bersisik.

2. Alpha Lipoic Acid

Jenis acid berikutnya adalah Alpha Lipoic Acid yang menjadi salah satu senyawa kimia yang mempunyai sifat anti-oksidan. Biasanya jenis acid ini sering ditemukan didalam sayuran, seperti tomat, wortel, bayam, dan brokoli. Kandungan acid ini termasuk jenis anti-oksidan yang paling kuat dan mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Seperti mencegah tanda penuaan, memperbaiki terktur kulit dan meratakan warna kulit.

Alpha Lipoic Acid juga bisa digunakan sebagai exfoliating acid. Meskipun jenis kandungan asam ini memiliki banyak manfaat, namun Anda harus tahu bahwa konsentrasi penggunaanalpha lipoic acid pada produk kecantikan dibatasi hanya maksimal 5% saja.

3. Lauric Acid

Lauric acid merupakan asam lemak jenuh yang biasanya ditemukan dalam santan dan minyak kelapa. Secara alami, lauric acid memiliki sifat anti-bakteri dan juga anti-inflamasi yang baik untuk tipe kulit sensitif. Lauric acid biasa digunakan sebagai salah satu kandungan di dalam makeup remover dan pelembap wajah. Bentuk lauric acid yang diekstraksi, biasanya juga digunakan sebagai bahan pembuat sabun atau kosmetik karena acid ini memiliki umur penyimpanan yang cukup lama.

4. Palmitic Acid

Jenis acid yang satu ini merupakan asam lemak jenuh yang biasa ditemukan di dalam minyak pohon palem. Palmitic acid sering dimanfaatkan dalam industri kecantikan sebagai komponen sabun dan produk pembersih lainnya karena memiliki sifat sebagai surfaktan. Tak hanya itu, palmitic acid juga termasuk sebagai emolien yang sangat baik, sehingga dapat mempertahankan kelembapan alami sekaligus menghaluskan kulit. Kadar asam palmitat yang diizinkan di dalam produk kecantikan adalah maksimal 13%.

5. Palmitoleic Acid

Palmitoleic acid merupakan anti-oksidan yang juga mengandung asam lemak omega 7, bermanfaat untuk menyembuhkan luka, termasuk mengobati luka bakar. Tak hanya itu, jenis acid ini juga kaya akan vitamin E dan C yang dapat membantu mencegah kerutan halus di wajah sekaligus menghaluskan kulit. Pemakaian rutin dari produk kecantikan yang mengandung palmitoleic acid diketahui dapat meningkatkan peremajaan sel kulit serta mengurangi dermatitis dan eczema.

Baca juga: Deretan Minuman Penyebab Jerawat yang Wajib Anda Hindari

Leave a Reply