image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

klinik eva mulia - manfaat linoleic untuk kulit

Linoleic Acid- Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

eva mulia – Dalam dunia skin care ada banyak istilah yang berakhiran –acid. Mulai dari salicylic acid, glycolic acid, fatty acids hingga hyaluronic acid. Mungkin Anda pernah mendengar nama fatty acids sebelumnya. Ya, fatty acids merupakan kandungan yang diperlukan oleh kulit untuk berbagai hal, seperti melembapkan, melembutkan, dan memperkuat kulit.

Kandungan ini juga banyak ditemukan dalam berbagai kandungan skin care, seperti pada plant oils atau kacang-kacangan. Salah satu jenis fatty acids yang banyak ditemukan dalam skin care adalah linoleic acid. Lalu, apa saja sih manfaat dari senyawa asam yang satu ini?

Apa itu linoleic acid?

klinik eva mulia - manfaat linoleic untuk kulit

Linoleic acid atau omega-6 merupakan salah satu essential fatty acids yang diperlukan tubuh untuk bisa bekerja secara maksimal. Nah, linoleic acid tergolong essential karena tubuh manusia tidak bisa memproduksi linoleic acid sendiri. Meskipun demikian, linoleic acid bisa diproduksi secara alami pada berbagai jenis minyak, seperti grape seed oil, rosehip oil, sunflower oil, atau safflower oil, sehingga Anda juga bisa mendapatkan manfaat linoleic acid dari makanan atau dari produk skin care.

Manfaat Linoleic Acid Untuk Kulit

Biasanya tubuh akan membutuhkan linoleic acid sebagai bahan untuk ceramide yang menjadi pelindung sekaligus penjaga kelembapan kulit. Untuk itu, tubuh yang kekurangan linoleic acid akan merasakan beberapa dampak, mulai dari kekeringan pada kulit, rambut yang mudah rontok, pemulihan luka yang lebih lambat, hingga menurunnya regenerasi sel. Jika seseorang memiliki kulit yang rentan berjerawat cenderung memiliki kadar linoleic acid yang rendah.

linoleic acid dalam skin care juga bisa membantu meredakan jerawat ringan, membantu melembapkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi akibat sinar UV, serta membantu mengembalikan kondisi skin barrier yang rusak. Karena memiliki tekstur yang lightweight alias ringan, linoleic acid mampu diserap dengan baik oleh kulit sekaligus membantu memaksimalkan penyerapan kandungan skin care lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Linoleic Acid

Walaupun linoleic acid banyak di sukai karena bisa mengatasi berbagai permasalahan dan tergolong cocok untuk semua jenis kulit. Kandungan yang kerap disebut-sebut minim menimbulkan risiko alergi ini pun tetap mempunyai beberapa kekurangan. Salah satunya adalah linoleic acid tidak memiliki masa berlaku yang cukup lama, lebih tepatnya hanya sekitar 3-6 bulan saja, kecuali jika dikombinasikan dengan beberapa kandungan lainnya.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Licorice untuk Kecantikan Kulit

Leave a Reply