image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

evamulia clinic - jerawat dan komedo

Pengertian dan Penyebab dari Jerawat dan Komedo

evamuliaclinic – Membicarakan masalah kesehatan kulit, ternyata komedo dan jerawat adalah masalah kesehatan kulit wajah yang sering ditemui oleh wanita. Terkadang, salah melakukan pengobatan malah berdampak lebih buruk lagi pada wajah.

Komedo dan jerawat bisa tumbuh di mana saja pada bagian tubuh kamu. Namun, jika komedo dan jerawat tumbuh pada bagian wajah kamu, akan sangat mengganggu. Kamu perlu tahu lebih banyak mengenai perbedaan komedo dan jerawat, sehingga kamu bisa melakukan penanganan dengan baik. Tentu dengan penanganan yang baik, kulit tubuh kamu bisa kembali cerah dan terawat.

Perbedaan Komedo dan Jerawat

Komedo adalah benjolan kecil pada wajah yang berwarna hitam. Komedo nyatanya juga masuk dalam kategori jerawat meskipun masih dalam tahap yang sangat ringan. Tidak hanya pada bagian hidung saja, nyatanya komedo juga bisa muncul di bagian tubuh kamu yang lain. Misalnya seperti leher, punggung, dada, dan lengan. Komedo sendiri terbagi dalam beberapa jenis, yaitu komedo hitam, whitehead, mikrokomedo, makrokomedo, dan komedo raksasa.

Jerawat atau adalah peradangan yang terjadi pada kulit akibat adanya penyumbatan pada folikel rambut yang disebabkan oleh kulit mati atau minyak. Sama seperti komedo, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh kamu yang lain, khususnya di bagian tubuh yang memiliki banyak komedo. Salah penanganan pada komedo nyatanya bisa menyebabkan peradangan yang lebih parah dan menjadikan komedo sebagai jerawat. Jerawat sendiri juga memiliki beberapa jenis seperti papula, pustul, nodul, dan jerawat kistik.

Penyebab Komedo dan Jerawat

Tentu kedua masalah kulit ini memiliki penyebab yang berbeda. Komedo muncul akibat banyaknya kotoran yang masuk dalam pori-pori kulit dan terjadi penyumbatan. Komedo muncul tidak hanya akibat dari debu polusi saja, sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan baik juga akan menumpuk dan menyebabkan komedo.

Supaya terhindar dari komedo dan jerawat, kebersihan tubuh juga perlu dijaga. Sebaiknya saat mandi, kamu harus benar-benar membersihkan tubuh kamu dari sisa sabun atau sampo. Hal ini untuk menghindari sisa sabun dan sampo menjadi komedo pada bagian tubuh kamu yang lain.

Jerawat bisa muncul karena disebabkan oleh penyumbatan folikel rambut yang disebabkan oleh kulit mati, kotoran, sebum, dan minyak berlebih pada wajah kamu. Penyumbatan akan meradang karena adanya infeksi dari bakteri. Komedo bisa menjadi salah satu faktor penyumbatan pada folikel rambut. Sebaiknya bersihkan bagian wajah dan tubuh dengan baik agar kesehatannya selalu terjaga.

Bagaimana Jerawat Bermula?

Jerawat dimulai ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit. Saat kuman masuk ke pori-pori, hasilnya bisa bengkak, kemerahan, dan nanah. Bagi kebanyakan orang, jerawat dimulai selama masa remaja. Hal ini karena perubahan hormon membuat kulit berminyak setelah masa pubertas dimulai.

Selain itu, jerawat dapat menurun dalam keluarga. Jika salah satu orang tua Anda memiliki jerawat yang parah, Anda lebih mungkin untuk memilikinya.

Menggunakan produk kulit atau kosmetik berbasis minyak dapat membuat jerawat lebih buruk. Gunakan produk kulit yang tidak menyumbat pori-pori Anda. Produk kulit tersebut akan mencantumkannoncomedogenic pada labelnya.

Ada berbagai jenis jerawat. Jerawat yang paling sering adalah jenis yang berkembang selama masa remaja. Pubertas menyebabkan kadar hormon meningkat, terutama testosteron. Ini mengubah hormon menyebabkan kelenjar kulit untuk mulai membuat lebih banyak minyak (sebum).

Pelepasan minyak dari pori-pori dilakukan untuk melindungi kulit agar tetap lembab. Jerawat dimulai ketika minyak bercampur dengan sel-sel mati dan menyumbat pori-pori kulit. Bakteri bisa tumbuh dalam campuran ini. Jika campuran ini bocor di jaringan sekitarnya, maka bisa terjadi pembengkakan, kemerahan, dan nanah.

Jerawat ini tidak hanya terjadi pada remaja, kadang-kadang juga bisa terjadi pada bayi yang baru lahir karena ibu melepaskan hormon sebelum persalinan. Jerawat juga bisa muncul ketika stres kelahiran menyebabkan tubuh bayi melepaskan hormon sendiri. Anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua juga bisa mendapatkan jerawat.

Pengobatan Jerawat dan Komedo

Pengobatan jerawat dan komedo tergantung pada seberapa parah jerawat dan komedo tersebut. Obat-obatan dapat membantu mengelola tingkat keparahan dan frekuensi jerawat. Pengobatan akan tergantung pada jenis jerawat yang Anda miliki (jerawat, komedo, atau lesi kistik). Obat-obatan berikut ini dapat memperbaiki jerawat:

  • Mencabut pori-pori kulit dan menghentikan jerawat dari mendapatkan pajanan kelenjar minyak (tretinoin, yang dijual sebagai Retin-A).
  • Membunuh bakteri (antibiotik).
  • Mengurangi jumlah minyak kulit (isotretinoin).
  • Mengurangi efek dari hormon dalam memproduksi jerawat (pil kontrasepsi oral tertentu bagi perempuan).

Sementara itu, perawatan medis terbaik untuk jerawat adalah kombinasi dari berbagai macam obat-obatan. Ini dapat mencakup obat oles kulit (topikal) dan obat-obatan yang diminum (oral). Selain itu, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan seperti clindamycin/ benzoil peroksida, gel yang mengandung dua obat topikal.

Untuk diketahui, beberapa jerawat hanya terdiri dari benjolan merah pada kulit tanpa luka terbuka (jerawat comedonal). Krim topikal dan lotion bekerja terbaik untuk jerawat ini. Tetapi jika bakteri atau peradangan hadir dengan luka terbuka, antibiotik oral atau isotretinoin dapat bekerja lebih baik.

Jenis yang paling umum dari obat-obatan yang digunakan dokter untuk mengobati jerawat termasuk:

  • Benzoil peroksida, seperti Brevoxyl atau Triaz.
  • Asam salisilat, seperti Propa pH atau Stridex.
  • Antibiotik topikal (oles) dan antibiotik oral (minum), seperti klindamisin, doxycycline, eritromisin, dan tetrasiklin.
  • Obat retinoid topikal, seperti tretinoin (Retin-A), adapalene (Differin), dan tazarotene (Tazorac).
  • Isotretinoin, retinoid oral.

Baca juga: 5 Manfaat Castor Oil untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Leave a Reply