image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

4 Manfaat Kolagen untuk Jerawat dan Penuaan Dini

eva mulia – Manfaat Kolagen untuk Jerawat – Selama ini kolagen dikenal sebagai zat andalan untuk memperindah penampilan khususnya kulit tubuh dan wajah.
Sebagian orang yang pertama kali mengenal istilah ini dengan nama ‘suntik putih kolagen’ yang banyak digunakan masyarakat menengah atas.
Padahal sebenarnya, tubuh kita bisa secara mandiri memproduksi kolagen karena kolagen adalah protein alami dalam tubuh yang menempati ‘kuota’ 30% dari seluruh protein dalam tubuh.

Sehingga kolagen menjadi suatu zat andalan untuk memiliki kulit sehat, cerah dan bebas dari berbagai gangguan kulit semisal jerawat hingga keriput yang merupakan tanda penuaan.

Dari sinilah, bisa disimpulkan bahwa manfaat kolagen untuk jerawat, menjadi andalan untuk mengatasi masalah kulit paling sederhana.

Hingga masalah kulit seperti memutihkan, mencerahkan dan menyamarkan kerutanBerikut adalah ulasan singkat tentang manfaat kolagen untuk jerawat.

Manfaat Kolagen untuk Mengatasi Jerawat

manfaat kolagen untuk jerawat

1. Mempercepat regenerasi kulit

Kolagen berguna untuk melembabkan kulit secara alamiah sehingga kulit dengan sendirinya akan melakukan kerja mandiri.

Misalnya mengganti sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sehingga masalah-masalah yang terjadi bisa diatasi mulai dari jerawat hingga tanda-tanda penuaan.

Selain itu kolagen juga bisa memelihara elastisitas kulit, mencukupi nutrisi yang dibutuhkan, membuat kulit kencang serta menjaga kesehatannya.

2. Menjaga elastisitas kulit

Kolagen alami didalam tubuh akan berkurang intensitas produksinya begitu memasuki usia 25 tahun dan akan sangat berkurang pada usia 60 tahun.

Hal inilah yang mengakibatkan elastisitas kulit terganggu sehingga muncul masalah seperti keriput dan kerutan di berbagai bagian.

Sedangkan pada usia  25 tahun-an, produksi kolagen yang menurun biasanya terlihat dan berdampak pada masalah-masalah kulit yang tergolong lebih sederhana semisal jerawat, kulit kusam, kulit kering dan lain sebagainya.

3. Kolagen Suntik

Sebagian orang banyak yang melakukan suntik kolagen, hal ini untuk memenuhi kebutuhan kolagen kulit. Biasanya kolagen ini  berasal dari hewan dan meski terbukti efektif.

Namun banyak yang tidak menyarankan untuk tidak menggunakan kolagen ini. Karena mempunyai berbagai efek samping yang dalam tahap tertentu bisa menyebabkan gangguan serius.

Sebagai gantinya, kebutuhan kolagen dalam tubuh dapat ditambahkan dengan mengkonsumsi makanan yang bisa merangsang produksi kolagen alami mulai dari buah dan sayur. Meskipun hasilnya tidak segera tampak seperti halnya kolagen dari hewan yang disuntikkan ke dalam tubuh. Cara yang demikian terbukti efektif dan tanpa efek samping.

4. Pola hidup sehat

Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang kaya kolagen, berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, juga dapat diatasi dengan membiasakan pola hidup sehat.

Caranya sangat mudah hanya dengan mencuci muka dengan bersih setelah menggunakan kosmetik, menggunakan masker setiap akan bepergian, rutin mencuci handuk, menghindari makanan pedas dan manis serta mencukupi kebutuhan air dengan minum yang banyak dan teratur.

Baca juga: Apakah Peeling Wajah Aman untuk Semua Jenis Kulit?

Leave a Reply