Manfaat Jahe, Cuka dan Madu untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Jahe, Cuka dan Madu untuk Kecantikan Kulit

Evamulia – Perawatan Kulit –  Cuka dan Madu untuk Kecantikan – Kombinasi antara jahe, cuka serta madu memiliki banyak kegunaan baik itu untuk tubuh maupun kecantikan kulit, termasuk wajah. Masing-masing bahan alami ini memiliki banyak nutrisi yang tentunya sangat penting untuk tubuh, khususnya kulit.

Seperti pada jahe yang mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor dan berbagai kandungan lain. Sedangkan pada madu memiliki kandungan beberapa jenis vitamin seperti C, K, B6, B1, B2 serta beberapa mineral seperti asam folat, asam pantotenat, niasin dan lain sebagainya.

Tidak kalah dari kedua bahan tersebut, pada cuka khususnya cuka apel juga memiliki nutrisi penting yang terkandung didalamnya seperti Vitamin A, B1, C, lemak asam cuka, protein, fosfor, zat besi dan lain-lain.

Dengan banyaknya kandungan dalam ketiga bahan tersebut, maka banyak juga manfaat dari jahe, cuka, dan matu untuk perawatan wajah yang bisa kamu dapatkan seperti pada ulasan berikut ini.

Manfaat Jahe, Cuka dan Madu untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Jahe, Cuka dan Madu untuk Kecantikan Kulit

Memudarkan Bekas Luka

Gabungan ketiga bahan ini memiliki sifat toning serta antioksidan yang sangat baik dalam menghilangkan bekas luka putih atau yang warnanya lebih terang atau hipopigmentasi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencampur ketiga bahan tersebut dan gunakan sebagai masker alami, dimana dalam beberapa minggu pemakaian sudah dapat terlihat bekas luka mulai memudar dan seiring pemakaian maka bisa hilang seluruhnya.

Mengurangi Minyak di Wajah

Jika kulitmu termasuk kedalam jenis kulit berminyak, tentunya memiliki masalah yang berbeda dengan masalah kulit kering. Pasalnya, kulit berminyak lebih sering rentan terhadap komedo dan juga jerawat, sekaligus membuat wajah menjadi lebih berkilau sehingga harus memakai make up berkali-kali.

Untuk mengurangi minyak tersebut, kombinasi jahe, cuka dan juga madu ini bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Meskipun isa mengurangi produksi minyak, namun kombinasi bahan ini tidak akan membuat wajah terlalu kering, pasalnya madu juga mengandung banyak pelembab yang bisa mencegah terlalu kekeringan.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat selanjutnya dari jahe yang dicampur dengan cuka dan madu tentunya sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam dan menghitam. Parutlah jahe, tetapi jangan terlalu halus, setelah itu campurkan bersama dengan madu dan cuka kemudian gunakan scrub wajah selama beberapa menit untuk menghilangkan sel kulit mati tersebut yang dilakukan secara teratur minimal 1 kali dalam 2 minggu.

Mengatasi Flek Hitam

Flek hitam atau dalam istilah medisnya ephelis ini merupakan bintik datar yang tersebar di kulit wajah disebabkan oleh meningkatkan melanin atau pigmen alami yang diproduksi oleh kulit. Flek hitam ini tak hanya terjadi pada wajah juga, tetapi juga pada beberap area tubuh lainnya seperti dada, lengan dan juga leher.

Beberapa kandungan yang ada pada madu, jahe dan juga cuka bisa digunakan untuk mengatasi flek hitam tersebut secara alami dengan cara menggunakan bahan tersebut sebagai masker.

Mencegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, kolagen dan juga elastisitas kulit semakin menurun, tentunya hal tersebut nantinya yang akan menjadi penyebab munculnya beberapa tanda penuaan dini seperti keriput, garis halus di sekitar area wajah, serta berbagai tanda penuaan dini lainnya.

Penuaan dini ini dapat disebabkan karena berbagai hal, mulai dari paparan sinar UV yang berlebih, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, pola makkan yang buruk dan masih banyak lagi.

Manfaat madu yang dicampurkan dengan cuka dan jahe ini bisa kamu manfaatkan sebagai solusi kecantikan kulit  untuk mencegah penuaan dini tersebut hanya dengan menggunakan campuran jahe, madu dan juga cuka sebagai masker sekaligus mengonsumsi ketiga bahan tersebut agar dapat menutrisi kulit dari dalam.

Membuka Pori

Penyebab wajah terlihat kusam dan lebih tua dari umur, sebenarnya disbabkan karena penumpukan kotoran, minyak dan juga sel kulit mati di pori-pori wajah. Nah, campuran ketiga bahan ini bisa kamu gunakan karena akan sangat baik dalam membuka pori-pori sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh beserta penumpukan kotoran dan minyak. Sedangkan untuk menutupnya kembali, maka bisa dilakukan dengan cara mencuci wajah dengan air dingin serta menggunakan cuka apel sebagai toning wajah.

Mengatasi Iritasi pada Area Wajah

Cuka, madu dan juga jahe sama-sama mengandung antiseptik, anti inflamasi serta antioksidan tinggi yang sangat baik untuk digunakan untuk mengatasi warna kemerahan pada wajah dan juga peradangan, sekaligus mengurangi peradangan akibat peradangan tersebut.

Nah, kamu bisa mengaplikasikan campuran dari ketiga bahan tersebut pada wajah dengan teratur agar iritasi pada wajah terebut bisa disembuhkan dengan cepat.

Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Tak hanya berguna untuk mengurangi produksi minyak berlebih, tetapi kombinasi dari ketiga bahan ini juga bisa digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit wajah. Apabila pH kulit wajah bisa terkontrol dengan baik, maka masalah wajah berminyak ataupun terlalu kering tidak akan terjadi, artinya juga meminimalisir berbagai gangguan kulit pada wajah.

Detoksifikasi Alami

Berbagai aktivitas yang sering dilakukan sehari-hari tentunya dapat membuat kulit wajah menjadi sering terkena polusi yang dapat membuat berbagai racun tersebut menempel pada kulit wajah. Nah, khasiat selanjutnya dari ketiga bahan alami ini adalah memberikan detoksifikasi. Manfaat detoksifikasinya ini sangat baik untuk mengangkat segala racun dari pousi yang masih menempel pada wajah serta tidak bisa dibersikah dengan pembersih wajah yang biasa.

Rosacea

Rosacea merupakan jenis penyakit kulit yang umumnya sering terjadi dengan ciri timbulnya warna kemerahan pada wajah, namun tidak disertai benjolan seperti jerawat, pori-pori yang membesar atau tekstur kuit yang kasar.

Kulit wajah yang terkena rosacea akan sangat sensitif, sehingga akan terasa seperti terbakar dan perih ketika disentuh. Nah, untuk mempercepat proses penyembuhan rosacea ini, maka bisa dilakukan dengan mengaplikasikan campuran madu, jahe dan juga cuka pada wajah sebagai pengobatan topikal.

Dari ulasan diatas, bisa dilihat jika manfaat jahe, cuka dan madu ini sangatlah banyak untuk wajah, dan tentunya selain bagus untuk dikonsumsi, campuran bahan tersebut juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh. Karena semua bahan ini merupakan bahan alami, maka pemakaiannya harus dilakukan dengan teratur agar hasilnya semakin maskimal dan hasilnya lebih cepat terlihat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *