Manfaat Gliserin untuk Kecantikan

Manfaat Gliserin untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Evamulia – Perawatan Wajah – Manfaat Gliserin untuk Kecantikan – Ketika kamu membeli procuk kecantikan kulit, mungkin akan menemukan kata “gliserin” jika memperhatikan tabel komposisinya. Gliserin atau gliserol memang telah terbukti memiliki berbagai macam manfaat yang sehat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Nah, sebelum mengulas lebih lanjut mengenai manfaat gliserin untuk kecantikan, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa gliserin bekerja dengan cara menarik uap air dari udara ke kulit, sehingga membantu menjaga kelembapan alami kulit.  Fungsi tersebut membuat glisering dapat berperan sebagai humektan atau diseut juga hidroskopis.

Manfaat Gliserin untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Menurut beberapa penelitian, gliserin meniru apa yang dikenal sebagai faktor pelembab alaami kulit, (nature moisturizing factor). Oleh sebab itu, gliserin juga dapat digunakan pada semua jenis kulit dan segala usia. Bahan ini juga cenderung tidak menimbulkan reaksi alergi. Nah, berikut ini adalah beragam manfaat gliserin untuk kulitmu.

Pelembab Kulit

Manfaat gliserin yang pertama adalah bekerja sebagai pelembab yang sangat efektif untuk kulit. Senyawa yang satu ini dapat membuat kulit menyerap air dari udara, sehingga dapat mengurangi kekeringan dan bercak kusam pada kulit. Selain itu, gliserin juga dapat menyembuhkan kulit kering, kasar serta iritasi. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya perlu mengaplikasikannya langsung ke kulit dan kulit akan terasa lembut, kenyal serta terhidrasi seketika.

Menenangkan Kulit

Penggunaan gliserin secara rutin dapat membuat kulit halus serta mencegah masalah lain yang berkaitan dengan kekeringan. Selain itu, bahan ini juga membantu menenagkan kulit dengan mengisi celah-celah kecil pada kulit yang kering.

Mempertahankan Keseimbangan Air

Fungsi Humektan pada gliserin menarik air dari udara serta membantu mempertahankan kadar air di kulit. Selain, humektan juga dapat menjaga keseimbangan air di kulit pada tingkat antar sel.

Menutrisi kulit

Gliserin dapat digunakan setiap hari, hal tersebut dikarenakan sifatnya yang mampu memberikan nutrisi pada kulit. Penggunaan secara rutin dan teratur terbukti dapat membuat kulit tetap lembab, terhidrasi, lembut, segar dan tampak awet muda.

Menjaga Kekenyalan

Gliserin akan bertindak sebagai emolien yang tak hanya akan menjaga kelembapan kulit, tetapi juga akan membuat kulit menjadi leih lembut dan kenyal ketika disentuh. Bahan ini akan membuat kulit terhindar dari pecah-pecah dan tidak terlihat bersisik.

Membantu Penyembuhan Kulit

Manfaat gliserin selanjutnya adalah mampu membimbing sel untuk bertumbuh dan berkembang lebih efektif, sehingga dapat membantu penyembuhan kulit. Bahan ini juga bekerja sebagai obat alami untuk infeksi jamur, eksim dan psoriasis dengan mengurangi memar serta membantu jaringan dan sel yang terinfeksi untuk memperbaiki diri lebih cepat.

Melindungi Paparan Dunia Luar

Manfaat gliserin dapat meningkatkan ketebalan lapisan epidermis dan fungsi penghalang pada kulit. Bahan ini juga membantu kulitmu dari dampak buruk bahan kimia berbahaya dan elemen lingkungan penyebab iritasi.

Mencegah Timbulnya Jerawat

Banyak prouduk kulit untuk jerawat yang ternyata terlalu keras untuk kulit, terutama yang memiliki kulit sensitif sehingga dapat membuat wajah menjadi lebih kering.

Manfaat glisering bisa digunakan untuk menyembuhkan serta mencegah jerawat, karena gliserin bebas minyak dan non-comedogenic, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Lalu, dapat melembabkan kulit sehingga tidak membuat iritasi menjadi lebih parah.

Efek Anti-Aging

Manfaat glisering yang paling penting adalah mencegah penuaan dini pada kulit. Kurangnya kelembapan dapat mempengaruhi aktivitas protease pada kulit, menyebabkan kulit mengelupas serta mempercepat penuaan kulit.

Dengan menggunakan gliserin maka kadar air di kulit dapat terjaga dan meningkatkan kelembapan sehingga dapat memperlambat proses penuaan.

Itulah beberapa manfaat glisering pada kesehatan dan kecantikan kulit. Tetapi karena gliserin adalahbahan alami, maka efek sampingnya juga ada seperti timbulnya alergi. Jadi, setelah kamu menggunakannya, mungkin kamu akan merasakan gatal atau kemerahan pada kulit, segeralah hentikan pemakaiannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *