Tips Hilangkan Bekas Jerawat

Tips Hilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Evamulia – Perawatan Wajah – Tips Hilangkan Bekas Jerawat – Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit pria maupun wanita. Meskipun jerawat sudah hilang, terkadang bekasnya masih tertinggal di kulit wajah. Hal tersebut dapat merusak penampilan, oleh karena itu kita harus mengetahui cara yang tepat untuk menghilankan bekas jerawat yang membandel tersebut.

Maka dari itu, baik pria maupun wanita akan mencari bagaimana cara untuk menghilangkannya. Karena jika penampilan terganggu, rasa percaya diri akan berkurang dan bahkan tidak sedikit pula yang mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan demi mendapatkan wajah yang bersih.

Menghilangkan jerawat tidaklah terlalu susah, tetapi yang susah adalah mencari cara bagaimana menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas di wajah. Karena jika bekasnya tersisa di wajah, maka wajah akan terlihat kotor.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membaca ulasannya berikut ini.

Penyebab jerawat membandel

Memencet Jerawat

Mungkin kamu suka gemas ketika jerawat sudah mulai meradang. Nah, perasaan gemas tersebut memang kerap kali berkembang menjadi keinginan untuk memencet jerawatnya. Namun sayangnya, kebiasaan tersebut tidak akan menuntaskan masalah jerawat. Dan justru yang ada malah jerawat akan meninggalkan bekas yang lama kelamaan akan menghitam atau lebih parahnya dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulitmu.

Tentunya kebiasaan ini sering kali terjadi, tetapi paling tidak jera yang di rasakan. Padahal, sudah banyak dokter dan dermatologist yang melarang kebiasaan seperti ini untuk dilakukan sendiri.

Akibat Stress

Stres tentunya bisa menyebabkan timbulnya jerawat di kulit wajah. Selain itu, stres juga bisa  menghambat proses penyembuhan bekas jerawat. Semakin kamu merasa stres, maka semakin lama juga bekas jerawat di wajah memudar.

Kurang Tidur

Sekilas mungkin tidak ada hubungannya antara tidur dengan bekas jerawat. Tetapi perlu diketahui bahwa tidur yang cukup akan membantu sel-sel tubuh memperbaiki kerusakan pada bagian tubuh, termasuk jerawat di kulit wajah. Kurang tidur dapat menghambat proses regenerasi kulit untuk menghilangkan jerawat.

Terlalu Sering Membersihkan Pori-pori

Boleh-boleh saja jika ingin melakukan scrubbing untuk membersihkan pori-pori pada kulit wajah. Tetapi, jika kamu melakukannya terlalu sering, maka jerawat yang ada pada kulit akan mengalami luka atau inflamasi. Alhasil, jerwat yang luka akan meninggalkan bekas di kulit wajah.

Selain penyebab diatas, kelalaian dengan tidak memakai krim tabir surya ketika melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari juga dapat membuat bekas jerawat susah hilang. Maka dari itu, biasakan untuk melindungi kulit wajah dengan tabir surya jika hendak berada di luar ruangan ketika siang hari.

Tips Hilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Sebenarnya, bopeng bekas jerawat harus segera dikonsultasikan pada dokter jika sudah berumur lama. Pasalnya, bopeng tersebut bukan hanya kehilangkan jaringan sel-sel kulit permukaan, tetapi lebih dalam lagi. Cara apapun bahkan hampir mustahil untuk dilakukan, keciali kamu mengkonsultasikannya pada dokter yang akan memberikan treatment khusus.

Tetapi jika kamu baru mendapatkan bopeng karena nakal memencet jerawat, kira kira baru berumur harian atau mingguan, maka kamu masih bisa memiliki kesempatan untuk mengatasinya. Jadi, jangan sia-siakan sebelum bekas luka jerawatmu menjadi bopeng lebih dalam. Nah, berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat dalam bentuk bopeng yang perlu kamu lakukan segera.

Tenangkan dengan Soothing Agent

Jika kamu menyesal karena telah memencet jerawat, dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Maka kamu bisa segera mencoba mencari produk skincare yang memiliki shooting dan cooling agents. Contohnya produk yang diformulasikan dengan alantonin atau bisabolol. Atau kamu juga bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan aloe vera atau mentimun.

Gunakan masker atau lotion yang dapat memberikan efek sooting dan cooling ini untuk segera menghentikan iflamasi dan meredakan kemerahan dari bekas jerawat yang masih meradang serta berjanjilah untuk tidak akan memencetnya lagi.

Gunakan Produk Penghilang Jerawat

Setelah radang mereda, kamu bisa mengoleskan produk penghilang bekas jerawat. Akhir-akhir ini, sangat mudah untuk menemukan produk yang bisa menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa memakai krim khusus sampai masker yang bisa menghilangkan bekas jerawat.

Produk ini akan membantu meregenerasi kulit dan mencegah terjadinya post-inflammatory hyperpigmentation (noda hitam bekas jerawat). Gunakanlah secara rutin sebagai bagiaqn dari skincare renjimenmu hingga bekas jerawat pada wajahmu menghilang. Jika kamu menggunakannya secara rutin dan konsisten, percayalah bekas jerawat yang ada di wajahmnu akan segera hilang.

Seperti dikutip dari WhishtrendTV, gunakalah krim khusus yang memiliki kandungan Centella asiatica. Pasalnya bahan alami ini dapat menenangkan sekaligus memperbaiki kulit. Atau kamu juga bisa memanfaatkan krim yang dapat membentuk kolagen untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Gunakan Sunscreen

Ketika wajahmu baru saja mendapatkan bopeng bekas jerawat, jangan pernah berfikir jika kamu tinggal membiarkan bopeng tersebut mengering tanpa perlindungan apapun. Pasalnya, sinar matahari hanya akan membuat sel-sel kulit memproduksi melanin yang berlebih, inilah yang mengantarkan pada noda hitam bekas jerawat.

Oleh karena itu, sunscreen sangat penting untuk digunakan dalam kondisi apapun tanpa terkecuali. Carilah sunscreen dengan klaim oil free dan non comedogenic. Selain itu, kamu juga bisa mencari ingredients sunscreen yang juga akan membantumu meredakan bekas jerawat.

Cara Hilangkan Jerawat dalam Bentuk Noda Hitam

Jika kamu sudah terlanjur memiliki bekas jerawat yang mengalami hiperpigmentasi menjadi noda hitam, sebenarnya kamu juga perlu bersyukur karena tekstur kulitmu masih baik-baik saja. Tetapi, kamu juga harus berkomitmen untuk tidak memencet jerawatmu lagi dan membiarkannya hingga menghitam. Setelah itu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Menggunakan Produk Penghilang Bekas Jerawat

Hingga saat ini, sudah banyak sekali produk penghilang jerawat yang bisa kamu coba yang memadukan manfaat memudarkan hiperpigmentasi dan memperbaiki tekstur kulit. Kamu bisa menjadikan produk ini sebagai daily skincare routine hingga bekas noda jerawatmu benar-benar menghilang. Produk ini bahkan dapat mencegah terjadinya penggelapan lebih pada kulit.

Menggunakan Produk Pencerah Wajah

Alternatif lain yang bisa kamu coba untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat adalah dengan menggunakan produk skincare dengan klaim brightening atau lightening. Kebanyakan produk-produk ini diformulasikan dengan bahan aktif yang mampu meredakan hiperpigmentasi, termasuk mencerahkan noda bekas jerawat dan membantu mendorong regenerasi sel kulit.

Kamu bisa mencari produk dengan kandungan licorice, asam kojic, niacinamide, vitamin C dan masih banyak lagi. Beberapa bahan-bahan ini juga dapat membantu pigmentasi kulit, sehingga kamu akan mendapatkan warna kulit yang lebih merata dengan pemakaian rutin.

Eksfoliasi

Eksfoliasi juga merupakan salah satu langkah yang paling tepat untuk memudarkan noda bekas jerawat sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Dalam hal ini, kamu dapat memilih physical ataupun chemical exfoliation, tidak boleh ada peradangan apapun di kulit. Selain itu, kulitmu juga harus tipe kulit yang tidka sensitif.

Konsultasikan pada Dokter

Jika tidak ingin ribet, kamu bisa langsung saja mengkonsultasikan masalah noda hitam dan jerawat pada ahlinya. Dokter dengan senang hati akan membantu memudarkan noda bekas jerawat, asalkan kamu konsisten dan selalu mengikuti anjuran serta arahan dari dokter. Kamu akan mendapatkan kembali wajah yang halus, bersih jika rutin menggunakan perawatan dari dokter.

Dari informasi tips hilangkan bekas jerawat yang membandel diatas, semoga dapat bermanfaat bagi kamu dan semua. Selalu ingat, atasi jerawat dengan tepat agar tidak membekas di kulit mu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *